7 Ide Usaha Ternak yang Menjanjikan dan Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

  • Whatsapp
Usaha Ternak yang Menjanjikan

Beragam jenis usaha sebenarnya tersedia dan bisa menghasilkan banyak keuntungan. Asalkan cerdas memanfaatkan peluang, bisnis ternak bisa jadi pilihan yang menguntungkan. Jenis usaha ini juga sangat beragam. Berikut ini adalah 7 ide usaha ternak yang menjanjikan dan dapat dimulai dengan nilai modal yang ringan:

1. Usaha Ternak Ayam

Jenis usaha ternak yang paling populer di masyarakat adalah ternak ayam. Usaha ini memang dinilai sangat menguntungkan dan tak pernah lekang oleh waktu. Kebutuhan masyarakat terhadap ayam dan hasil telurnya selalu tinggi dari masa ke masa. Tentu jasa jenis usaha ini juga akan selalu menguntungkan.

Bisnis ternak ayam bisa dimulai dengan modal yang tergolong ringan. Mulai saja dengan sepasang ayam jika memang jumlah modal masih sangat terbatas. Pastikan untuk menyediakan fasilitas yang memadai mulai dari kandang, pakan, dan lain sebagainya. Bisnis ini juga bisa dijalankan di lahan yang terbatas sebagai permulaan sebelum dikembangkan lebih jauh lagi.

2. Budidaya Ikan Lele

Selain ternak ayam, budidaya ikan lele juga jadi pilihan usaha yang cukup menjanjikan sekaligus mudah dijalankan. Permintaan masyarakat terhadap ikan lele juga bisa dikatakan cukup tinggi. Ikan jenis ini sering dijadikan sebagai bahan makanan atau lauk sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa usaha budidaya ikan lele memiliki peluang yang sangat besar.

Ternak ikan lele bisa jadi pilihan terutama ketika modal untuk menjalankan usaha masih terbatas. Pelaku usaha bisa mencoba ternak lele dengan memakai media kolam terpal yang ekonomis dan praktis. Ikan lele juga tidak membutuhkan lahan besar untuk dipelihara. Bahkan ikan lele bisa hidup dalam ember plastik serta tidak membutuhkan perawatan yang terlalu rumit.

3. Ternak Bebek

Pilihan usaha ternak yang menjanjikan berikutnya adalah ternak bebek. Selain ayam, bebek merupakan jenis unggas yang juga banyak dibutuhkan oleh masyarakat untuk dikonsumsi. Tentunya usaha ternak bebek ini juga bisa dimulai dengan skala kecil jika ketersediaan modal masih sangat terbatas.

Ternak bebek ini bisa membuka banyak peluang menguntungkan. Selain bisa menjual bebeknya, pelaku usaha juga bisa menjual telur bebek mentah atau bisa diolah dulu menjadi telur asin. Selain itu bulu bebek juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat aneka jenis kerajinan tangan.

4. Budidaya Lebah Madu

Usaha ternak lebah madu ternyata juga bisa jadi pilihan yang menguntungkan. Jenis ternak ini mungkin tidak terlalu umum seperti ternak bebek dan ayam. Namun, budidaya lebah madu ternyata bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Lebah madu bisa menghasilkan madu berkualitas yang memiliki harga jual tinggi di pasaran.

Namun perlu diketahui bahwa ternak lebah madu ini membutuhkan teknik yang tepat. Tentunya tidak sama seperti ternak ayam dan bebek, ternak madu membutuhkan media yang tepat dan perawatan yang cermat. Selain itu dibutuhkan juga teknik pengolahan yang tepat untuk mengekstraksi madu dari sarang lebah.

5. Ternak Burung

Para pecinta burung bisa mencoba menyalurkan hobinya untuk mendapatkan keuntungan dengan beternak burung. Jenis usaha yang satu ini ternyata juga cukup menjanjikan apalagi jika jenis burungnya cukup menarik dan diminati di pasaran. Misalnya seperti love bird, burung kenari, dan masih banyak lagi tipe burung lainnya.

Namun perlu dicatat bahwa modal untuk memulai usaha ternak yang menjanjikan ini cukup besar. Apalagi jika jenis burung yang akan dibudidayakan cukup populer dan bernilai tinggi. Sangat disarankan untuk menerapkan strategi yang tepat agar bisnis ini bisa dilakukan meskipun jumlah modal terbatas. Misalnya dengan memulai dari satu jenis burung yang bernilai tinggi lalu dijual dengan keuntungan besar.

6. Usaha Budidaya Udang

Pilihan ide ternak lainnya yang juga menarik untuk dicoba adalah budidaya udang. Ada jenis udang yang bisa dibudidayakan di dalam kolam air tawar yakni udang vaname. Tipe udang ini lebih mudah untuk dibudidayakan dan bisa dipanen dalam waktu 4-5 bulan sejak benih disebarkan ke media.

Ide usaha ternak yang satu ini juga bisa mendatangkan banyak keuntungan. Apalagi peminat udang juga cukup banyak. Jika nilai modal masih terbatas maka usaha ternak ini bisa dijalankan menggunakan media kolam terpal yang tergolong ekonomis. Jika sudah tiba masa panen, jual udang hasil ternak di tempat yang tepat agar nilai jualnya cukup tinggi dan menguntungkan.

7. Ternak Kelinci

Bisnis ternak kelinci juga sangat direkomendasikan karena terbilang mudah serta menguntungkan. Jenis hewan yang satu ini diminati di masyarakat sebagai hewan peliharaan serta dijadikan sebagai bahan makanan. Ternak kelinci juga bisa dimulai dari modal kecil dengan jumlah kelinci terbatas terlebih dahulu. Perawatan kelinci pun tergolong mudah sehingga tidak akan merepotkan.

Itulah tadi 7 ide usaha ternak yang menjanjikan dan memungkinkan untuk dimulai dengan modal terbatas. Agar usaha ternak bisa berjalan lancar, pastikan untuk memahami betul cara perawatan hewan ternak agar bisa tumbuh sehat. Pastikan untuk mengelola keuangan hasil usaha ternak dengan baik agar bisa diputar dan menghasilkan untung lebih besar.

Related posts