7 Rekomendasi Usaha Rumahan dengan Modal Kecil Terbaik

  • Whatsapp
Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Salah satu hal yang selalu menjadi halangan ketika seseorang ingin merintis usaha adalah modal. Tak heran jika kini banyak orang yang lebih memilih bekerja, alih-alih membuka bisnis. Namun, ternyata cukup banyak usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa di coba, lho.

Benarkah demikian? Ya benar, apalagi di era serba digital ini, banyak modal yang bisa dipangkas untuk mendirikan sebuah usaha. Jangan meremehkan usaha rumahan, sebab lambat laun usaha tersebut bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Usaha rumahan bisa dilakukan oleh siapa saja. Bukan hanya ibu rumah tangga saja, bahkan mahasiswa dan pelajar juga bisa menggelutinya. Berikut ini terdapat 7 usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa dicoba:

1. Dropship

Dropship merupakan usaha rumahan yang cukup populer di zaman modern ini. Tak hanya mudah untuk dilakukan, tetapi modal yang dibutuhkan juga cukup kecil. Bagaimana cara membangun usaha dropship? Pertama, carilah distributor di e-commerce yang menyediakan sistem dropship. Setelah itu, pilih barang dan promosikan.

Nah, ketika sudah berhasil mendapatkan pelanggan, selanjutnya hanya perlu memesan produk ke distributor. Tidak perlu susah payah untuk menyiapkan produk, mengemas, dan mengirimnya, karena semua itu akan dikerjakan oleh distributor.

Estimasi Modal:

  • Ponsel atau Smartphone: Rp2.000.000,-
  • Koneksi internet (30GB untuk 1 bulan): Rp200.000,-

2. Jasa Laundry Kiloan

Apabila tidak pandai dalam mengoperasikan smartphone dan perangkat komunikasi lainnya, jasa laundry kiloan bisa dijadikan pilihan lainnya. Bisnis rumahan ini juga tergolong usaha dengan modal yang kecil, lho. Bagi yang tinggal di area perumahan atau kampus, wajib mencobanya, karena sudah pasti banyak yang mencari.

Estimasi modal:

  • Mesin cuci dan pengering: Rp3.000.000,-
  • Timbangan: Rp150.000,-
  • Sabun, pewangi, dll: Rp400.000,-
  • Setrika pakaian: Rp500.000,-
  • Biaya lain-lain: Rp500.000,-

3. Produksi Camilan

Camilan merupakan salah satu makanan yang sangat digemari masyarakat Indonesia, khususnya para wanita. Hal ini tentu bisa dijadikan sebagai peluang usaha rumahan dengan modal kecil, karena memang modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Kalau bicara tentang keuntungan, tentu saja menguntungkan karena jumlah permintaan camilan sangat luar biasa.

Namun, untuk membuka usaha produksi camilan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hal ini dikarenakan produksi camilan menjual rasa, sehingga untuk merintisnya harus pintar-pintar menciptakan camilan dengan rasa nikmat. Maka dari itu, sebelum membuka usaha ini, lakukan kursus terlebih dahulu.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini tergantung dengan camilan yang dipilih. Kira-kira untuk satu kali produksi di awal, modal yang dibutuhkan tidak sampai Rp2.000.000,-.

4. Jasa Pencucian Motor

Jasa pencucian motor juga bisa dijadikan usaha rumahan dengan modal yang super hemat dan untungnya lumayan menggiurkan. Apalagi kini banyak sekali orang yang memiliki kendaraan jenis ini, bahkan di satu rumah biasanya ada lebih dari satu motor. Jika membuka usaha ini di musim hujan, dijamin pelanggan akan banyak yang ngantre.

Estimasi Modal:

  • Mesin kompresor: Rp3.000.000,- (bisa beli second yang harganya lebih murah)
  • Biaya lain-lain: Rp3.000.000,-

5. Konter Pulsa dan Paket Internet

Di zaman serba digital, tentu saja kebutuhan pulsa dan paket internet semakin hari semakin meningkat. Apalagi pengguna smartphone semakin hari juga semakin bertambah drastis. Ditambah lagi adanya kebijakan sekolah berbasis online, pulsa dan paket internet tentu semakin banyak dicari.

Maka dari itu, membuka usaha konter pulsa dan paket internet bisa menjadi jalan yang mulus untuk mendapatkan keuntungan besar. Nggak punya ruko atau tempat strategis untuk buka usaha? Tenang saja, karena usaha ini bisa dibuka di mana saja, di rumah juga tidak masalah. Cara pemasarannya dan transaksinya juga bisa lewat online. Gampang, bukan?

Nah, untuk modalnya sendiri sangat hemat dan tidak menguras kantong, karena hanya bermodalkan ponsel (tidak harus smartphone) dan saldo pulsa saja. Kira-kira kalau punya modal Rp1.000.000,- saja, sudah bisa membuka usaha ini, kok.

6. Agen PPOB

Peluang usaha rumahan yang sangat menjanjikan, walaupun dibangun dengan modal kecil juga berlaku pada bisnis agen PPOB. Bagi yang belum tahu, PPOB adalah Payment Point Online Banking) yang menyediakan layanan segala macam pembayaran. Diketahui bahwa di zaman modern ini, ada banyak macam pembayaran, mulai dari pembayaran listrik, tagihan PDAM, TV berlangganan, dan lain-lain.

Nah, dengan menjadi agen PPOB ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar, mengingat banyak orang yang tidak mau ribet bayar ke sana ke mari. Pekerjaannya hanya melayani pembayaran pelanggan saja dan modalnya hanya smartphone serta kuota internet. Tapi, jika ingin menggeluti usaha ini, wajib memilih distributor yang terpercaya, ya.

Baca juga: Software Payroll Terbaik: Pengertian dan Manfaat

7. Online Shop

Terakhir ada usaha online shop yang kini semakin digandrungi oleh ibu-ibu rumah tangga. Usaha ini tidak memakan modal yang banyak, pasalnya tidak perlu buka toko di tempat-tempat strategis. Hal tersebut dikarenakan semua transaksi dilakukan secara online, mulai dari pemesanan, pembayaran, dan pengiriman barang.

Sistem kerjanya juga menyesuaikan pemilik, alias bisa dikerjakan di manapun dan kapanpun. Online shop dijamin akan sangat menguntungkan, apalagi di masa pandemic ini, karena orang-orang akan memilih belanja online daripada datang langsung ke toko.

Seluruh usaha rumahan dengan modal kecil di atas bisa dicoba, karena modalnya sangat kecil dengan keuntungan yang cukup memuaskan. Jadi, sekarang tidak bingung lagi, kan, mau bikin usaha rumah dengan modal kecil? Tak usah ragu, mari mendirikan bisnis modal kecil untuk meraup keuntungan yang besar!

Related posts