Tujuan Pendidikan Islam Itu Apa Ya? Yuk Kita Bahas

  • Whatsapp

Tujuan merupakan suatu yang diharapkan untuk tercapai setelah dilakukan proses usaha. Sedangkan pendidikan merupakan usaha yang dilakukan dengan berproses melalui tingkatan tertentu.

Lalu bagaimana dengan tujuan pendidikan islam? Simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Read More

Pendidikan Islam

Apa itu pendidikan islam? Pendidikan islam adalah tingkatan pendidikan yang dijalani seseorang untuk membuatnya menjadi utuh antara rohani dan jasmani.

Seseorang setelah menjalani pendidikan islam diharapkan bisa hidup dan berkembang secara normal karena ketaqwaannya pada Allah SWT. Jadi pendidikan islam ini muncul untuk tujuan yang mulia.

Salah satunya adalah menghasilkan manusia yang berguna bagi dirinya sendiri serta masyarakat.

Selain itu seseorang yang sudah menempuh pendidikan islam juga diharapkan lebih gemar mengamalkan serta mengembangkan ajaran serta kaidah islam. Baik dalam berhubungan dengan sang pencipta yaitu Allah SWT atau dengan sesamanya.

Tujuan Pendidikan Islam Dihubungkan Dengan Konsep Tujuan Pendidikan Umum

Setelah mengenal pengertian pendidikan islam, lalu apa sebenarnya tujuan dari diberlakukannya pendidikan islam tersebut? Sebenarnya tujuan diberlakukannya pendidikan islam hampir mirip dengan tujuan pendidikan umum. Setidaknya mengacu beberapa hal, yaitu :

Tujuan Umum

Merupakan tujuan yang akan dicapai dari semua rangkaian kegiatan pendidikan, baik itu aktivitas pengajaran atau lainnya. Dalam tujuan umum sistem pendidikan islam juga meliputi seluruh aspek kemanusiaan. Mulai dari penampilan, kebiasaan, tingkah laku, serta sikap.

Tujuan umum dari pendidikan maupun pendidikan islam ini berbeda di setiap tingkatan umur, situasi, kondisi, dan kecerdasan.

Untuk mencapai tahap tujuan utama pendidikan islam harus ditempuh melalui pendidikan formal, yaitu madrasah serta sekolah. Untuk kemudian dirumuskan dalam bentuk studi kurikuler lalu dikembangkan.

Tujuan Sementara

Setiap peserta didik bisa mencapai tujuan ini setelah diberikan pengalaman tertentu. Namun yang sudah direncanakan dalam kurikulum pendidikan formal. Jika tujuan sementara ini tercapai setiap insan kamil sudah mulai terbentuk pola takwanya. 

Sistem pendidikan islam memang bertujuan supaya insan kamil perlahan dapat menjadi manusia bertakwa.

Meskipun perlu melalui beberapa tahapan, yaitu sesuai tingkatan pendidikan. Artinya diharapkan pada setiap tingkatan insan kamil akan bertambah ketaqwaannya.

Pastinya setiap lembaga pendidikan islam perlu menyiapkan tujuan pendidikan sesuai tingkatan jenis pendidikan. Inilah tujuan sementara dari pendidikan islam.

Tujuan Operasional

Merupakan tujuan praktis yang akan dicapai oleh setiap lembaga pendidikan. Suatu aktivitas pendidikan dengan kelengkapan bahan-bahan ajar yang diperkirakan akan mencapai tujuan tertentu.

Inilah yang dinamakan tujuan operasional pendidikan umum, dan pendidikan islam. Peserta didik untuk mencapai tujuan ini dituntut untuk lebih mengekspresikan kemampuan dan keterampilan tertentu.

Terutama untuk tingkat pendidikan yang paling rendah, lebih menonjolkan kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki peserta didik.

Misalnya kemampuan untuk berbuat, ketrampilan dalam membuat sesuatu, lancar dan paham apa yang diucapkan, dan lain sebagainya.

Tujuan Akhir

Pendidikan islam berlaku sepanjang hidup. Maka tujuan akhirnya adalah jika waktu hidup di dunia juga sudah berakhir.

Tujuan umum dari pendidikan islam yaitu terbentuknya pola taqwa yang makin bertambah tiap tingkat pendidikan. Maka selama perjalanan hidup peserta didik, pola takwa mereka akan naik turun.

Kadang bertambah atau sesekali berkurang. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhinya yaitu perasaan, lingkungan, serta pengalaman.

Jadi tujuan akhir dari pendidikan islam adalah berlaku seumur hidup. Yaitu memupuk, mengembangkan, memelihara serta mempertahankan tujuan pendidikan yang sudah dicapai para insan kamil.

Tujuan Pendidikan Islam Menurut Pendapat Para Ulama

Para ulama juga berpendapat tentang tujuan dari pendidikan islam. Setidaknya ada 3 ulama yang ikut andil dalam perumusan tujuan dari diberlakukannya sistem pendidikan islam.

Pertama ada ulama Abdurahman Saleh Abdullah, M.Djunaidi Dhany, serta Hasan Langgulung. Mari simak masing-masing pendapat mereka tentang tujuan dari pendidikan islam :

Menurut Abdurahman Saleh Abdullah

Abdurahman Saleh Abdullah mengungkapkan pendapatnya soal tujuan dari pendidikan islam. Menurut beliau pendidikan islam punya tujuan yaitu untuk membentuk kepribadian sebagai kholifah Allah SWT.

Bisa dikatakan tujuan dari adanya sistem pendidikan islam adalah tindakan persiapan untuk menuju hari akhir.

Lalu apa tujuan para kholifah? Tujuan para kholifah Allah SWT adalah selalu senantiasa beriman kepada Allah.

Selain itu selalu tunduk dan patuh terhadap sabda-Nya. Termasuk menjauhi segala larangan-Nya serta melakukan segala yang diperintahkan.

Menurut M.Djunaidi Dhany

M.Djunaidi Dhany punya perbedaan pendapat soal tujuan diberlakukannya pendidikan islam. Menurutnya tujuan dari pendidikan islam terdiri dari beberapa aspek. Simak pemaparan masing-masing dalam penjelasan berikut ini

  • Pendidikan islam bertujuan sebagai pembinaan kepribadian peserta didik dengan sempurna. Menurut M.Djunaidi pada sistem pendidikan islam harus bisa membentuk suatu kekuatan dan kesehatan pikiran semua peserta didik. Selain itu setiap peserta didik juga dituntut untuk bisa mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin.
  • Sistem pendidikan islam juga bertujuan untuk peningkatan moral dan tingkah laku baik bagi semua peserta didik. Selain itu, pendidikan islam juga punya tujuan untuk menanamkan kepercayaan peserta didik pada tuhan dan agama.
  • Pendidikan islam juga punya tujuan sebagai ajang pengembangan intelegensi peserta didik secara efektif. Dengan begitu mereka bisa siap mewujudkan impian dan kebahagiaannya di masa depan.

Baca Juga: Film Tentang Pendidikan yang Wajib kalian Tonton

Menurut Hasan Langgulung

Begitu juga Hasan Langgulung juga punya pendapat berbeda soal tujuan adanya sistem pendidikan islam. Menurutnya pendidikan islam harus memiliki tujuan yang tidak boleh lepas dari 3 fungsi agama. Berikut penjelasannya selengkapnya

  • Perlu mencakup fungsi spiritual. Hal ini berkaitan dengan aqidah dan iman, setiap insan kamil harus paham kedua hal tersebut setelah menempuh pendidikan islam.
  • Fungsi psikologis, yang berhubungan dengan tingkah laku. Setelah menempuh pendidikan islam diharapkan insan kamil bisa lebih baik dalam berperilaku.
  • Terkait dengan fungsi sosial, yaitu menyangkut aturan-aturan di masyarakat. Para insan kamil akan lebih paham tentang aturan-aturan yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan manusia yang lain.

Itu tadi penjelasan singkat tentang pendidikan islam. Selain itu juga dijelaskan secara terperinci tentang tujuan pendidikan islam itu sendiri. Bisa dipergunakan sebagai sumber referensi menarik tentang pendidikan islam yang cukup diperbincangkan saat ini.

Related posts