Ini 5 Trik Perputaran Uang Bisnis Pulsa agar Bisa Untung Besar

  • Whatsapp
Trik Perputaran Uang Bisnis Pulsa

Bisnis pulsa adalah jenis ide bisnis yang sederhana tapi cukup banyak diminati. Hal ini disebabkan oleh bisnis pulsa sangat menguntungkan dan tergolong mudah untuk dijalankan. Namun dibutuhkan trik perputaran uang bisnis pulsa agar keuntungan yang didapat bisa optimal. Berikut ini adalah 5 trik yang bisa diterapkan dalam pengelolaan uang bisnis pulsa:

1. Pisahkan Uang Pribadi dan Bisnis

Langkah pertama buatlah pengelolaan dana pribadi dan dana bisnis secara terpisah. Pisahkan uang milik pribadi dan uang yang memang digunakan untuk kebutuhan bisnis. Hal ini mungkin terdengar sepele namun pada kenyataannya sangat berperan efektif dalam pengelolaan sebuah bisnis khususnya masalah keuangan.

Jangan sampai mencampur modal dan keuntungan bisnis dengan uang milik pribadi. Kebiasan buruk tersebut bisa mempersulit perputaran uang. Pelaku usaha jadi tidak tahu apakah memang bisnisnya berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan atau tidak. Jika menggunakan rekening, maka buatlah dua akun rekening untuk mengelola uang pribadi dan uang bisnis.

2. Buat Dua Kloter Modal

Salah satu tantangan dalam memulai usaha adalah menyediakan modal. Seringkali modal yang tersedia hanya terbatas namun usaha harus tetap berjalan. Tak masalah, cobalah untuk membagi modal menjadi dua kloter atau lebih. Maksudnya di sini adalah bagi uang modal untuk beberapa kali pembelian saldo.

Dalam menjalankan bisnis pulsa, dibutuhkan pembelian saldo terlebih dahulu. Jangan langsung menggunakan semua uang untuk membeli saldo. Gunakan sebagian modal untuk membeli saldo dan sisakan sejumlah uang. Pembelian saldo berikutnya bisa dilakukan lagi dengan uang modal yang tersisa ditambah keuntungan yang sudah didapatkan sebelumnya.

3. Lakukan Pembukuan

Pastikan untuk membuat pembukuan finansial secara cermat. Meskipun bisnis pulsa tergolong ringan, namun pembukuan tetap sangat dibutuhkan. Anda tetap harus membuat pembukuan yang rinci dan menyusun buku kas berisi data pemasukan serta pengeluaran. Membuat pembukuan ini sangat penting sebagai acuan dalam menjalankan trik perputaran uang bisnis pulsa.

Lewat data pembukuan tersebut bisa diketahui apakah bisnis mengalami untung atau rugi. Nantinya bisa diambil kesimpulan dan dilakukan evaluasi dari hasil analisis tersebut. Pelaku usaha pun lebih mudah melihat berapa banyak keuntungan yang sudah didapatkan dan berapa banyak kerugian yang harus ditanggung.

4. Utamakan Transaksi Langsung

Penting sekali bagi pelaku usaha pulsa untuk mengutamakan jenis transaksi langsung. Ini merupakan jenis transaksi dimana pembeli akan melakukan pembayaran saat itu juga. Bisa secara tunai atau dapat juga dilakukan lewat dompet digital. Intinya tidak ada sistem utang piutang karena hal ini akan menghambat perputaran uang.

Pelaku usaha pulsa biasanya mengalami hambatan dalam memutar uang karena ada pembeli yang tidak membayar langsung. Transaksi akhirnya ditunda dan malah menumpuk sehingga saldo habis tapi uang keuntungan belum didapatkan. Oleh sebab itu usahakan untuk selalu mengutamakn jenis pembayaran langsung begitu pulsa dikirim.

5. Meminimalkan Pengeluaran

Agar perputaran uang berjalan lancar maka usahakan untuk meminimalkan pengeluaran. Apalagi untuk pelaku usaha yang baru saja memulai usahanya. Dengan modal dan keuntungan yang masih terbatas, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengeluarkan uang. Sebagai contoh, jika usaha masih bisa di-handle sendiri maka tak perlu merekrut pegawai terlebih dahulu.

Itulah tadi 5 trik perputaran uang bisnis pulsa yang bisa coba diterapkan. Jenis bisnis ini sebenarnya bisa menghasilkan banyak keuntungan asalkan dijalankan secara cermat. Agar bisa merasakan sendiri keuntungannya, langsung saja daftar sebagai agen pulsa di Metro Reload. Jenis bisnis ini akan jadi pilihan tepat untuk menambah penghasilan di masa pandemi.

Related posts