Tips Memilih Pinjaman Online Aman Dengan Pencairan Cepat

  • Whatsapp
Tips Memilih Pinjaman Online

Ditengah pandemi yang tak kunjung selesai banyak orang mulai berpikir untuk membuka usaha baru. Besarnya pengeluaran yang tidak sebanding dengan pendapatan membuat sebagian besar masyarakat memutar otak untuk mencari sumber penghasilan lain. salah satu yang menjadi kendala ialah mengenai modal.

Saat ini banyak cara untuk mendapatkan pinjaman modal, diantaranya adalah pinjaman modal secara online. Jadi jika berniat untuk meminjam dana melalui online tidak ada salahnya untuk menyimak tips memilih pinjaman online yang aman dan amanah seperti pada pembahasan berikut ini :

1. Terdaftar Serta Diawasi OJK

Tips pertama sebelum memutuskan untuk meminjam dana secara online adalah dengan mengetahui apakah perusahaan fintech tersebut telah terdaftar di OJK. OJK merupakan Otoritas Jasa Keuangan yang bertugas untuk mengatur dan mengawasi kegiatan keuangan di sektor Perbankan, IKNB dan Pasar Modal. Jadi pinjaman oleh yang telah terdaftar dipastikan lebih aman karena diawasi secara lebih ketat. Untuk melihat daftarnya silahkan kunjungi web di ojk.go.id

2. Mudahnya Persyaratan Yang Diminta

Ada banyak penyelenggara fintech yang memberikan kemudahan  pada calon nasabahnya. Namun juga harus memperhatikan dan memahami persyaratan apa saja yang diminta. Secara umum persyaratan yang diperlukan adalah KTP, KK, Slip Gaji, NPWP dan buku tabungan. Jika terdapat kejanggalan seperti meminta surat atau sertifikat tanah, lebih baik untuk tidak meminjam dari fintech tersebut. Karena dokumen seperti ini tidak dianjurkan diberikan kepada pihak lain

3. Transparansi Biaya

Tips memilih pinjaman online selanjutnya adalah memastikan transparansi biaya dari aplikasi pinjaman online. Karena sistemnya adalah secara online atau tanpa tatap muka jadi pastikan untuk mengetahui keterbukaan dari pihak peminjam. Seperti diantaranya menjelaskan secara rinci total pinjaman, besaran bunga yang harus dibayar, waktu jatuh tempo, tenor dan lain sebagainya.

4. Kecepatan Pencairan

Perhatikan seberapa cepat fintech pinjaman online tersebut dapat mencairkan dana. Memang salah satu keunggulan dari pinjaman online adalah kecepatan pencairan namun tidak semua menerapkan definisi yang sama. Ada yang berjanji 1 hari cair setelah semua syarat terpenuhi ada pula yang sampai  satu minggu pencairan. Meneliti dan mencari referensi terlebih dahulu dengan melihat dan bertanya kepada yang pernah meminjam mungkin bisa membantu.

5. Coverage Area

Memahami area yang dapat dijangkau oleh aplikasi pinjaman online adalah hal selanjutnya yang perlu diperhatikan. Ada beberapa perusahaan fintech yang hanya beroperasi di jabodetabek. Namun ditengah pertumbuhan perusahaan fintech saat ini tidak sedikit juga yang mampu mengcover pinjaman dari luar jabodetabek. Alangkah baiknya jika hal ini dikonfirmasi terlebih dahulu.

6. Fleksibilitas Pinjaman

Ada beberapa hal yang membedakan pinjaman di bank konvensional dan pinjaman secara online. Seperti halnya pinjaman online menawarkan pengajuan dana lebih rendah dari bank konvensional pada umumnya yakni Rp. 1 juta. Selain itu masa pelunasan juga bisa dipercepat tanpa adanya denda.

7. Memahami Kontrak Perjanjian

Ada banyak pinjaman online abal – abal yang dapat menipu. Namun tidak sedikit juga yang memang memiliki integritas tinggi. Memahami secara teliti kontrak perjanjian dengan pihak peminjam adalah cara tepat terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Terlepas dari pinjaman tersebut bernilai besar atau kecil tentu hal ini sangat perlu untuk diperhatikan.

Dengan memperhatikan hal – hal seperti yang telah dijelaskan diatas diharapkan dapat membantu untuk mengetahui apa saja tips memilih pinjaman online yang benar.

Pinjaman online yang ada saat ini memberikan kemudahan dengan persetujuan yang lebih cepat dengan persyaratan mudah. hal ini juga diharapkan mampu memperbaiki perekonomian masyarakat.

Jika ingin mengetahui informasi seputar pinjaman online, Gopinjol.com bisa menjadi referensi dalam memilih pinjaman online yang tepat.

Related posts