Ini 7 Tips Memilih Asuransi Kesehatan agar Tak Salah Langkah

  • Whatsapp
Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Perlu disadari sedini mungkin bahwa memiliki layanan asuransi kesehatan sangatlah penting. Agar tak salah langkah, bisa diterapkan tips memilih asuransi kesehatan yang tepat sehingga layanan yang digunakan dapat benar-benar memenuhi kebutuhan. Apalagi saat ini ada banyak penawaran asuransi yang tidak kredibel. Berikut adalah 7 tips memilih layanan asuransi kesehatan yang bisa diterapkan:

1. Pahami Kebutuhan Diri

Tips pertama, coba pahami dulu kebutuhan diri sendiri. Asuransi merupakan kebutuhan pribadi yang tidak bisa dipandang sama antara satu orang dengan yang lain. Sebaiknya gunakan layanan asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Apalagi jenis asuransi kesehatan yang bisa dipilih itu sangat beragam, seperti asuransi rawat inap juga rawat jalan.

Kira-kira bagaimana kondisi kesehatan saat mengajukan asuransi? Apakah butuh asuransi yang bisa memberi pertanggungan untuk rawat jalan karena ada risiko penyakit kronis? Pilihlah asuransi yang jenisnya paling cocok dengan kebutuhan agar biaya yang dikeluarkan bisa benar-benar memberi fasilitas yang memadai.

2. Pelajari Polis dengan Baik

Saat akan membeli produk asuransi, maka pihak asuransi akan memberikan polis. Polis ini merupakan dokumen yang menjelaskan semua aturan mengenai asuransi kesehatan secara lengkap. Semua detail layanan asuransi tersebut akan tercantum dalam polis. Penting sekali untuk mempelajari polis ini secara detail agar bisa diambil keputusan apakah memang layanan tersebut sesuai atau tidak.

Berdiskusi dengan pihak pemberi layanan asuransi juga sangat disarankan. Tanyakan bagian polis yang belum dipahami dengan baik. Jangan langsung menerima isi polis tanpa bertanya dan malah berakhir merugi di kemudian hari. Konsultasi sangat penting untuk dilakukan sehingga bisa diambil keputusan yang tepat.

3. Pilih Perusahaan yang Kredibel

Salah satu tips memilih asuransi kesehatan adalah ambil layanan dari perusahaan yang sudah punya kredibilitas. Pilihlah perusahaan yang sudah berpengalaman dan terpercaya dalam layanan asuransi kesehatan ini. Jangan coba-coba mengeluarkan banyak uang untuk produk asuransi yang belum jelas asal-usulnya.

Di luar sana telah banyak kasus penipuan dengan kedok asuransi kesehatan. Jumlah premi telah dibayarkan namun saat dilakukan klaim tak bisa berjalan sesuai rencana. Pastikan bahwa uang yang dikeluarkan memang dikelola dengan baik untuk urusan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan.

4. Ambil Layanan saat Sehat

Jangan menunggu sakit untuk mendapatkan asuransi kesehatan. Sangat dianjurkan untuk membeli asuransi kesehatan saat kondisi tubuh masih sehat. Akan ada lebih banyak keuntungan yang bisa didapat jika mengajukan layanan asuransi sebelum sakit. Sebagian besar layanan asuransi justru tak mau memberikan klaim dan pertanggungan jika klien sudah sakit sebelumnya.

Keuntungan lain yang didapatkan jika membeli asuransi sebelum sakit adalah akan merasa lebih aman. Membeli asuransi saat sakit justru akan memberi banyak kerepotan. Belum lagi jika layanan asuransi tidak bisa diklaim. Jadi akan jauh lebih baik jika berjaga-jaga dengan membeli asuransi saat kondisi tubuh masih sehat.

5. Pertimbangkan Nilai Premi

Jika ingin membeli layanan asuransi maka harus ada kesanggupan untuk membayar premi. Maka dari itu perhatikan nilai premi yang harus dibayarkan secara rutin. Pastikan bahwa jumlah premi yang harus dibayarkan ini sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai menunggak pembayaran premi karena dirasa terlalu berat. Jadi, perhitungkan baik-baik nilai premi dan kesanggupan sebelum membeli asuransi.

Bukan hal yang aneh jika ada banyak klien yang berhenti berlangganan asuransi karena tak mampu membayar premi. Padahal asuransi kesehatan adalah salah satu kebutuhan terpenting yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu cari tahu dulu biaya premi, keuntungan yang didapat, dan perhitungkan baik-baik kemampuan diri sendiri.

6. Cek Fasilitas dan Pengecualian

Tips memilih asuransi kesehatan berikutnya adalah jeli memeriksa ketersediaan fasilitas. Pertanggungan apa saja yang diberikan, rumah sakit mana yang bekerja sama, layanan apa saja yang bisa diklaim. Lalu jangan lupa baca juga pengecualian apa saja yang harus ditaati dalam aturan asuransi. Layanan apa saja yang menjadi pengecualian sehingga tak perlu lagi ada kesalahpahaman saat melakukan klaim.

Seringkali banyak klien yang protes dan merasa dirugikan karena tidak bisa melakukan klaim asuransi. Padahal sudah jelas tertera pengecualian pertanggungan di perjanjian yang sudah disetujui. Jangan sampai hanya karena tidak jeli akhirnya malah merasa dirugikan dengan peraturan yang ada.

7. Cari Perbandingan

Jangan langsung percaya dengan satu tawaran layanan asuransi. Usahakan untuk mencari lebih dari satu referensi layanan asuransi. Lakukan perbandingan sehingga bisa ditemukan layanan asuransi yang terbaik dan paling menguntungkan. Bandingkan berapa nilai preminya, fasilitas pertanggungan, dan hal-hal lain yang bisa dibandingkan.

Itulah 7 tips memilih asuransi kesehatan yang kredibel dan memberi keamanan bagi diri sendiri juga keluarga. Teliti memilih layanan asuransi akan membantu memberikan perlindungan yang optimal. Jangan mudah percaya dengan segala keuntungan maupun kemudahan yang ditawarkan tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Related posts