Teknologi Masa Depan Bagi Dunia Pendidikan Yang Sangat Bermanfaat

  • Whatsapp

Semakin hari semakin banyak peningkatan pada dunia teknologi di banyak bidang kehidupan ini. Salah satu teknologi masa depan yang nantinya memberikan banyak dampak atau pengaruh adalah teknologi dalam dunia pendidikan.

Sebuah bidang yang sangat penting peranannya bagi generasi penerus untuk memajukan suatu negara. Era yang lebih sering disebut dengan era digital memang mengharuskan dunia pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut.

Read More

Tidak heran jika pada akhirnya banyak teknologi masa depan yang bermunculan untuk bidang pendidikan tersebut. Generasi penerus harus bisa menguasai teknologi yang terus berkembang saat ini.

Oleh karena itu perlu adanya teknologi yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini agar para generasi muda bisa bersaing di era digital. Jika tidak mereka akan tertinggal dan tidak bisa bersaing apalagi di dunia kerja nantinya.

Teknologi Masa Depan Pada Dunia Pendidikan

Teknologi berkembang semakin pesat. Setiap saat teknologi berkembang dengan sangat cepat. Tidak terkecuali untuk teknologi masa depan di bidang pendidikan. Teknologi yang berkembang dengan sangat cepat juga turut memberi dampak pada dunia pendidikan.

Berbagai hal baru mulai bermunculan untuk membantu kemudahan proses belajar mengajar. Apa saja teknologi canggih di sekolah yang akan segera menjadi mainstream dalam waktu dekat?

1. E-learning

Pembelajaran berbasis elektronik atau e-learning memang sudah mulai dikenal sejak beberapa tahun lalu. Namun belakangan, teknologi semakin gencar disosialisasikan di sekolah-sekolah.

Dengan e-learning, siswa yang berada jauh dari gurunya pun tetap bisa mengikuti pembelajaran secara online. Ini membuat belajar jadi bisa dilakukan tanpa membawa buku. Bisa dilakukan dimana saja asal ada internet.

2. Media Penyimpanan Materi Berbasis Cloud

Sistem penyimpanan berbasis cloud atau awan tidak hanya digunakan di perusahaan-perusahaan. Banyak sekolah mulai mengintegrasikan penyimpanan data mulai dari tugas dan materi pembelajaran lewat sistem ini.

Selain bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja, penyimpanan cloud mencegah data hilang akibat kerusakan perangkat. Jadi tidak khawatir materi hilang. Tentu ini jauh lebih praktis.

3. Mobile Learning

Jika metode konvensional mobile learning yang dikenal hanya dengan berpindah dari ruang kelas ke kelas lain atau ke lapangan. Teknologi membawa kita melangkah lebih jauh.

Guru bisa mengajak anak didik untuk menjelajahi tempat-tempat baru, baik secara fisik atau dengan memanfaatkan teknologi video call seperti melalui Skype atau WhatsApp.

4. Penggunaan VR Dalam Proses Pembelajaran

Teknologi Virtual Reality saat ini memang paling ramai digunakan untuk bermain games. Tapi tidak ada yang menampik bahwa VR bisa jadi salah satu teknologi canggih di sekolah.

Bayangkan saja mengajarkan sejarah dengan membawa atau mengajak anak didik ke tempat yang ingin dipelajari. Selain lebih menyenangkan, mereka akan lebih mudah memahami materi.

5. Guru Robot

Meski implementasinya di Indonesia mungkin masih jauh, tapi sekarang penggunaan robot untuk menggantikan guru sudah mulai diterapkan di beberapa negara maju.

Korea Selatan dan Jepang misalnya, dua negara ini sudah mulai menempatkan robot untuk memberikan materi pelajaran kepada siswa di sekolah. Tidak menutup kemungkinan ini juga akan diterapkan pada pendidikan di tanah air.

Teknologi Masa Depan Dalam Pembelajaran

Makna dari teknologi pembelajaran merupakan aplikasi atau media yang telah dirancang secara modern dan dimanfaatkan sebagai teori dan praktik dalam pembelajaran, sebagai sumber belajar. Saat ini teknologi yang sudah banyak digunakan dalam dunia pendidikan adalah teknologi Informasi.

Adanya informasi yang digunakan untuk media pembelajaran dapat berdampak positif bagi para siswa, yaitu mereka bisa lebih mudah dalam mencari informasi yang diperlukan selama proses pembelajaran. Media yang bisa digunakan adalah dengan menyediakan komputer dan Internet di tiap-tiap sekolah.

Manfaat Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Jika sudah tahu beberapa teknologi masa depan yang akan digunakan pada dunia pendidikan. Artinya teknologi masa depan tersebut memberikan manfaat yang baik dalam proses pembelajaran, Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan dari teknologi khususnya di bidang pendidikan.

1. Memperkaya Materi dan Informasi

Manfaat pertama penggunaan teknologi masa depan adalah sebagai sarana pendukung bagi siswa dan pendidik untuk mencari informasi yang lebih luas. Selain menggunakan sumber dari buku dan media cetak. Ini tentu akan menambah materi pembelajaran lebih beragam dan lengkap.

2. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Hal ini terjadi karena informasi yang ada di Internet lebih update. Sehingga para siswa bisa dengan mudah mengakses informasi-informasi baru yang diperlukan. Namun tentu saja pencarian materi melalui internet harus berada di bawah pengawasan guru.

3. Memudahkan Proses Belajar

Proses pembelajaran dapat dipermudah dengan adanya teknologi dalam pendidikan. Misalkan guru dapat memberikan materi atau tugas belajar melalui email. Sehingga peserta didik bisa segera menyelesaikan dan mengumpulkan tugas tersebut.

4. Materi Beragam dan Menarik

Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat membuat peserta didik lebih nyaman dan tidak terkesan jenuh atau monoton. Karena penyampaian informasi melalui teknologi cangging terlihat lebih variatif dan modern.

Baca Juga: Ketahui 8 Jenis Standar Nasional Pendidikan Berbeda yang Diterapkan di Indonesia

5. Minat Belajar Meningkat

Informasi dan pengetahuan yang lebih lengkap serta akses yang mudah didapatkan dapat membuat siswa lebih minat dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini karena materi yang didapatkan bisa lebih beragam dan lebih lengkap.

Selain itu bentuk materi juga bisa berupa audio,video, ataupun keduanya. Tentu ini lebih fresh dan tidak membosankan bagi anak-anak yang dalam proses belajar.

Penggunaan teknologi dalam pendidikan memang memiliki beberapa manfaat untuk kelangsungan pembelajaran.

Namun, di sisi lain pengajar dan orang tua harus tetap mengawasi anak-anak saat memanfaatkan teknologi. Jika penggunaan teknologi masa depan untuk dunia pendidikan tidak dipantau penggunaannya, takutnya bisa disalah gunakan.

Related posts