Teknologi Informasi adalah Terobosan Terbesar Sepanjang Sejarah manusia

  • Whatsapp

Di zaman sekarang ini proses penyebaran informasi dan komunikasi berlangsung dengan sangat cepat.

Kemajuan teknologi informasi adalah penyebab di balik cepatnya informasi menyebar.

Read More

Dewasa ini manusia tidak bisa terlepas dari teknologi, terutama di bidang informasi dan komunikasi. Ponsel pintar yang hampir selalu berada dalam genggaman merupakan hasil dari teknologi informasi terbaru.

Kebutuhan manusia yang semakin banyak dan rumit, menuntut teknologi informasi berkembang dengan lebih cepat dan masif.

Namun, apa sebenarnya teknologi informasi itu dan apa pengaruhnya dalam penyebaran informasi?

Pengertian Teknologi Informasi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai teknologi informasi, hal pertama yang harus dipahami ialah pengertian teknologi informasi itu sendiri.

Secara umum teknologi informasi adalah fasilitas-fasilitas baik berupa perangkat lunak (software) atau perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk meningkatkan kualitas penyebaran dan pemberian informasi pada semua masyarakat.

Teknologi informasi bisa dikatakan sebagai media yang membantu dalam membuat, menyimpan dan menyebarkan informasi sehingga bisa diterima oleh semua orang.

Tanpa adanya teknologi ini, manusia tidak akan bisa menikmati cepatnya memperoleh informasi seperti sekarang ini. Adanya teknologi informasi mengakibatkan dipecahkannya masalah yang berhubungan dengan penyebaran informasi dan komunikasi.

Selain itu TI yang semakin maju membuat komunikasi, pembuatan dan penyebaran informasi semakin efektif dan efisien.

Fungsi TI

Meskipun tidak terlihat secara fisik, nyatanya TI memiliki pengaruh yang sangat besar pada manusia. Tanpa TI, mungkin manusia masih menggunakan cara-cara primitif untuk berkomunikasi dan juga informasi akan menyebar dengan lambat.

Fungsi dari Teknologi informasi dalam penyebaran informasi adalah sebagai berikut:

1. Menangkap (Capture)

Salah satu fungsi dari teknologi informasi adalah menangkap atau memasukan data yang akan dijadikan sebagai informasi. Peng-input-an data tersebut dilakukan melalui keyboard, microphone, scanner dan lain-lain.

Dalam proses memasukan data, yang paling banyak berperan adalah perangkat keras.

2. Mengolah (Processing)

Setelah data masuk ke dalam perangkat, selanjutnya data tersebut akan diolah menjadi informasi. Pada tahap ini, perangkat yang paling banyak bekerja adalah perangkat lunak.

Proses pengolahan data menjadi informasi yang dibutuhkan dapat berbentuk konversi data, analisis data ataupun penghitungan data. Informasi sempurna baru bisa dihasilkan setelah data diproses dengan baik dan sempurna

3. Menghasilkan (Generating)

Informasi yang berhasil diproses dari data yang masuk, pada awalnya masih acak dan belum bisa dimengerti oleh semua orang.

Oleh karena itu, perangkat lunak kembali digunakan untuk menghasilkan informasi yang bisa diterima oleh semua orang.

Contoh dari fungsi TI sebagai penghasil adalah grafik, tabel, dan gambar yang merupakan hasil dari informasi mentah.

4. Menyimpan (Storage)

Fungsi dari TI yang lain yakni sebagai media untuk menyimpan berbagai informasi. Seperti yang diketahui bahwa ingatan manusia sangatlah terbatas sehingga tidak mampu menampung semua informasi.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah perangkat atau alat yang mampu menampung informasi yang begitu banyak, seperti hard disk atau flash disk. Dengan perangkat tersebut, manusia tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan informasi karena lupa.

5. Mencari Kembali (Retrieval)

Meskipun setiap hari manusia menerima informasi baru, bukan berarti informasi yang lama sudah tidak dibutuhkan. Terkadang ada hal yang hanya bisa diketahui dari informasi yang terdahulu.

Dengan adanya TI, mencari kembali informasi yang terdahulu menjadi mungkin dilakukan. Tidak hanya menemukan informasi terdahulu, pengguna juga bisa menyalin informasi tersebut.

6. Mentransmisi (Transmission)

Teknologi informasi juga berfungsi sebagai transmisi. Artinya melalui TI, pemindahan informasi menjadi mungkin dilakukan. Biasanya transmisi dilakukan dari suatu perangkat ke perangkat lain melalui jaringan komputer.

Teknologi Informasi Terbaru

Dari masa ke masa teknologi informasi selalu berkembang. Pada awalnya penyebaran informasi dilakukan hanya berdasarkan isyarat. Namun, sekarang ini ada banyak alat atau perangkat yang digunakan untuk menjalankan fungsi dari TI.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, ada banyak alat yang dihasilkan sebagai akibat dari pesatnya perkembangan teknologi informasi. Dengan adanya alat dari hasil teknologi informasi terbaru, diharapkan penyampaian dan penyebaran informasi semakin mudah dilakukan.

1. Artificial Intelligence atau AI

Salah satu terobosan dalam teknologi informasi adalah penciptaaan AI atau kecerdasan buatan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, AI memang tengah menjadi pembicaraan karena kemampuannya yang dikatakan bisa melampaui manusia dalam beberapa hal.

AI sendiri merupakan sistem komputer yang dibuat dengan meniru kecerdasan manusia dan digunakan dalam melakukan berbagai tugas seperti recognition of images, decision making or pattern.

2. Jaringan 5G

Internet bisa jadi merupakan terobosan teknologi informasi yang paling signifikan dalam mempengaruhi kecepatan penyebaran informasi. Namun, dibalik internet ada jaringan yang memungkinkan semua itu terjadi.

Setelah sebelumnya muncul jaringan 4G yang dikatakan mempercepat akses ke internet, baru-baru ini jaringan 5G diluncurkan. Jaringan terbaru ini dipercaya bisa membuat akses internet lebih cepat.

Dengan kata lain, melalui jaringan 5G ini, penyebaran informasi melalui internet akan semakin cepat.

baca Juga: Perkembangan Teknologi Komunikasi dari Masa ke Masa

3. Cyber Security

Teknologi informasi terbaru yang cukup menjadi booming adalah cyber security. Sesuai namanya, teknologi ini berpusat pada keamanan jaringan dan komputer.

Dengan adanya cyber security pengguna dapat terlindung dari penipuan dan usaha penipuan pun dapat dideteksi. Namun, tentu saja teknologi ini hanya bisa diaplikasikan pada sistem berbasis informasi.

Teknologi informasi adalah sebuah terobosan dalam penyebaran informasi. Melalui pemanfaatan TI, baik penyebaran informasi maupun komunikasi menjadi lebih mudah dilakukan.

Namun, semakin canggihnya teknologi informasi harus disikapi secara bijaksana, sehingga tidak ada penyalahgunaan yang bisa merugikan banyak orang.

Related posts