tas serut 1

Mau Tas yang Simpel dan Tanpa Ribet? Tas Serut Handmade dari 7 Pengrajin Lokal Ini Layak Kamu Lirik

Tas serut sebenarnya adalah salah satu varian model dari tas yang umum seperti tas ransel atau selempang. Satu hal yang membedakan tas serut adalah kompartemen utamanya ditutup dengan tali yang mengitarinya. Kompartemen tas ini juga biasanya cuma satu, jadi apapun yang ingin kamu bawa akan masuk ke tempat yang sama. Tidak heran tas ini juga disebut sack bag karena bentuknya yang mirip karung, atau drawstring bag karena menggunakan tali sebagai tutupnya.

Dengan model yang sederhana seperti itu, tas serut sangat praktis untuk dibawa ke mana-mana dan untuk berbagai keperluan. Tas ini juga cocok buat kamu yang memerlukan tas yang sederhana untuk membawa beberapa barang ringan ketika bepergian. Tapi sekali lagi, tas serut ini cuma punya satu kompartemen dan desain yang sangat sederhana, jadi jangan pernah mengisinya dengan barang yang terlalu berat atau banyak. Ini akan membuat tasnya terasa tidak nyaman atau sebaliknya, jebol atau rusak.

Di Qlapa, kami juga pastinya punya beberapa pengrajin lokal yang membuat tas serut handmade keren. Ada yang cocok pria, wanita, dan juga keduanya. Yang manapun itu, tas serut handmade buatan pengrajin lokal ini punya ciri khas uniknya masing-masing, jadi kamu tinggal memilih sesuai selera dan kebutuhan.

Baca Juga: Tips Lengkap Cara Merawat Tas Kulit Asli Milikmu

1. LOCA

tas serut 2

LOCA adalah brand pengrajin yang baru berdiri di akhir tahun 2015. Hingga saat ini, pengrajin asal Bandung ini juga hanya membuat tas serut saja. Tapi tas serut handmade yang mereka buat bukan sembarangan, malah sebalinya, sangat khas dan bisa dikenali. Semua tas serut dari pengrajin ini mengkombinasikan bahan umum seperti polyester dan kulit dengan kain batik khas Indonesia, khususnya Dayak. Kombinasi ini membuat tas serut handmade dari LOCA punya gaya etnik yang khas, tapi tetap cocok dipakai oleh anak muda.

Selain itu, kombinasi warna dan corak batik yang digunakan oleh pengrajin ini juga rata-rata netral. Tidak norak, tapi juga cukup menarik. Ini membuat tas serut handmade dari LOCA ini cocok digunakan oleh pria maupun wanita. Harganya juga terjangkau, yaitu Rp 135.000,-. Oiya, mereka juga punya tas serut dengan aksen Stormtrooper khas Star Wars loh. Tentu saja masih dengan kombinasi kulit dan kain batik yang khas.

2. Rumah Tenunkoe

Rumah Tenunkoe adalah pengrajin asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang membuat berbagai macam produk dengan sentuhan kain tenun etnik khas Indonesia, mulai dari tas tenun dan sepatu tenun. Tas serut juga termasuk salah satunya.

Rumah Tenunkoe punya bentuk sederhana, dengan satu warna utama dan sentuhan kain tenun di bagian depannya. Dibuat dengan perpaduan kain lurik dan tenun NTT penuh warna, menarik serta mudah dibawa kemana mana mengisi barang pribadi anda. Yang unik adalah, tas serut handmade dengan harga Rp 70.000 ini juga bisa dilipat dan disimpan untuk digunakan nanti, jadi bisa sangat berguna kalau kamu bepergian.

 

3. Arlin Craft Jogja

tas serut 4

Buat wanita yang mencari tas serut handmade yang cocok untuk jalan-jalan santai, Arlin Craft Jogja mungkin punya yang kamu cari. Selain punya tas anyaman pandan, pengrajin ini juga punya tas serut selempang ukuran kecil dengan desain yang cukup feminim.

Bahan tas serut handmade dari Arlin Craft terbuat dari kanvas, sehingga daya tahannya cukup terjamin. Desainnya juga sederhana dengan memadukan kain kanvas polos dengan yang bermotif sederhana tapi cukup feminim seperti polkadot atau bunga. Tapi ada juga loh tas serut yang memadukan kanvas dengan kulit sintetis. Yang manapun itu, tas serut handmade dari Arlin Craft ini bisa kamu peroleh hanya dengan harga Rp 40.000 saja.

4. Alana Indonesia

tas serut 5

Kalau kamu ternyata mencari tas serut selempang yang terlihat lebih elegan, cari yang berbahan kulit seperti buatan Alana Indonesia ini. Tas serut handmade dari pengrajin asal Bandung ini punya ukuran sedang, jadi pasti muat membawa beberapa barang yang sering dibawa wanita seperti smartphone, alat make-up, dan lainnya.

Meskipun terbuat dari kulit sintetis, Alana Indonesia masih menggunakan warna coklat khas kulit untuk tas-tas serutnya. Lalu untuk melengkapinya, tas serut handmade ini juga dilengkapi dengan kain batik pastel mengitari di bagian bawahnya, membuatnya terlihat lebih ceria dan tidak terlalu kaku. Kalau kamu tertarik memiliki tas serut handmade ini, kamu cuma perlu Rp 325.000 untuk mendapatkannya.

5. Tasques

tas serut 6

Tasques juga menjual tas serut handmade dengan bahan kulit. Bedanya, pengrajin asal Bandung ini membuat tas serutnya dengan kulit sapi. Jadi daya tahan dan kekuatan tasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Lalu secara desain, tas serut handmade dari Tasques juga punya model dan warna yang lebih elegan, jadi cocok untuk dibawa ke kantor atau acara resmi lainnya. Jadi jangan heran kalau harga tas serut dari pengrajin ini berkisar antara Rp 700.000 sampai Rp 850.000

Selain itu, tas serut handmade dari Tasques tidak cuma berbentuk tas selempang atau handbag saja. Ada juga loh tas serut dengan model ransel yang model dan desainnya feminim dan cocok untuk wanita.

By the way, di Indonesia juga ada banyak loh pengrajin tas kulit asli dengan desain yang unik dan keren

6. This Is For You

tas serut 7

Tas serut buatan This Is For You tidak punya strap, jadi tidak bisa dibawa seperti tas biasa. Tapi sebagai gantinya, tas serut handmade ini sangat berguna ketika dibawa traveling atau bepergian. Kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan apa saja, mulai dari sepatu sampai benda-benda kecil seperti aksesoris. Apalagi pengrajin asal Jakarta Utara ini juga menyediakan dua ukuran tas serut yang berbeda, jadi kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Di samping fungsinya, tas serut dari This Is For You juga punya penampilan yang khas. Selain menggunakan kain katun, tas serut dari pengrajin ini juga menggunakan motif berpola sederhana dengan menggunakan warna cerah seperti kuning-putih ataupun biru-putih. Kalau tertarik, kamu bisa mendapatkan tas serut buatan pengrajin ini dengan harga Rp 50.000 untuk ukuran kecil, dan Rp 65.000 untuk ukuran besar.

7. MamaKarti

tas serut 8

MamaKarti adalah pengrajin asal Semarang yang saat ini menjual beberapa model tas ransel khusus anak-anak. Oh, dan semua tas ransel handmade tersebut bermodel tas serut. Ada yang dengan model ransel lengkap dengan strap yang cukup tebal, lalu ada juga yang sederhana dengan strap tali.

Lalu untuk desainnya, semua tas ransel serut dari pengrajin ini juga selalu menggunakan motif pola yang khas untuk anak-anak. Warna yang digunakan juga rata-rata terang dan cerah, menambah kesan ceria tas-tas ini. Kalau kamu tertarik untuk membelikan tas serut ini ke anak tercinta, kamu cuma perlu biaya Rp 45.000 atau Rp 85.000 untuk mendapatkannya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Hindari dalam Menggunakan Tas Ransel


Jadi, meskipun terlihat sederhana, gayamu tidak akan ketinggalan zaman saat memakai tas-tas serut lokal buatan para pengrajin lokal yang ada di Qlapa. Gaya kasualmu pun akan semakin keren dan tanpa ribet dengan memakai jenis tas yang satu ini. Kini, saatnya kamu memilih!

Bagikan artikel ini http://blog.qlapa.com/liwu

Artikel Lainnya