Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Yang Mudah Didapat

  • Whatsapp

Kehadiran nyamuk di musim hujan seperti ini sangatlah meresahkan karena nyamuk dapat menimbulkan permasalahan yaitu penyakit demam berdarah. Banyak orang berusaha membasmi nyamuk dengan berbagai cara antara lain menggunakan obat nyamuk bakar dan penyemprotan. Namun, pembasmi nyamuk juga berasal dari alam yaitu tanaman hias.

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

selain memiliki fungsi dapat mengusir nyamuk, tanaman hias juga dapat menjadi pemanis ruangan. tanaman hias banyak dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai dekorasi rumah baik di luar rumah maupun di dalam rumah. biasanya tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan berfungsi sebagai pembersih sirkulasi udara dan pengusir nyamuk. berikut tanaman yang dapat mengusir nyamuk yang dapat ditanam indoor maupun outdoor.

1. Lavandula Afficinalis Atau Lavender

Tumbuhan yang dikenal dengan nama Lavender ini berasal dari Mediterania Selatan. Lavender termasuk ke dalam tanaman tropis. Tanaman ini memiliki bunga berwarna ungu dan batang seperti rumput.

Lavendula Afficinalis Atau Lavender ini dikenal sebagai tanaman hias pengusir nyamuk yang ampuh. Tanaman ini memiliki aroma bunga yang mengandung senyawa linalool dan linaly asetat. Kedua kandungan yang dimiliki oleh tanaman lavender ini tidak disukai oleh nyamuk. Sehingga, nyamuk akan pergi ketika mencium kedua kandungan ini.

tanaman lavender ini sangat mudah di tanaman yaitu dengan memilih bibit bunga lavender terbaik, mempersiapkan media tanam di dalam pot, menyemai bibit lavender di bagian dasar pot, tunggu benih hingga menjadi kecambah lavender tumbuh hingga 15 cm, kemudian pindah ke dalam pot yang lebih besar  tanpa merusak media tanam.

2. Netapa Cataria Atau Catnip

Tanaman hias pengusir nyamuk kali ini adalah Netapa Cataria Atau Catnip. Tumbuhan ini memiliki manfaat sebagai pengusir nyamuk yang ampuh. Sebelum terkenal sebagai pengusir nyamuk tanaman ini sudah dikenal sebagai tanaman yang disukai oleh kucing.

Catnip  memiliki kandungan minyak Nepetalactone yang sangat dibenci oleh nyamuk. Kandungan yang terdapat pada tanaman ini disebut kandungan yang lebih ampuh sebagai pengusir nyamuk dari pada zat kimia Diethylmeta Toluamide.

 Catnip ini sangat mudah di tanam di area taman atau pekarangan rumah. Cara menanam tanaman ini sama dengan tanaman lain. Hanya saja, tanaman ini membutuhkan perawat sesekali untuk merapikan karena catnip memiliki batang yang dapat tumbuh menjulang tinggi.

3. Melissa Officinalis Atau Lemon Balm

Tanaman yang dikenal dengan melissa officinalis atau lemon balm ini sangat ampuh dalam mengusir nyamuk. Tanaman hias pengusir nyamuk ini memiliki kandungan zat Sitronelal. Aroma yang dimiliki oleh Lemon Balm ini sangat tajam sehingga dibenci oleh nyamuk.

Selain berguna sebagai pengusir nyamuk, tanaman ini juga berguna sebagai peningkat mood pemiliknya.  Akibat manfaat ini banyak orang menanam tanaman ini di dalam pot dan diletakan di dalam ruangan. Cara menanam Lemon Balm seperti tanaman lain hanya saja perlu dipangkas secara rutin karena tanaman ini bersifat invasif atau lebih cepat bertumbuh.

4. Geranium Atau Tapak Dara

Geranium atau tapak dara merupakan tanaman yang memiliki kandungan sitronelal dan geraniol. Kedua zat yang terdapat dalam tanaman ini berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Tanaman ini memiliki ukuran yang kecil dan bunga yang indah. Sehingga, tanaman ini dapat digunakan untuk mendekorasi rumah.

Cara menanam tanaman ini sangatlah mudah yaitu mempersiapkan media tanam berupa tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2 :1:1, persiapkan bibit bunga tapak dara, kemudian tanaman dalam pot, setelah berusia 7 hari bunga tapak dara dapat diletakkan di dalam ruangan.

5. Tagetes Erecta atau Marigold

Tanaman cantik ini dikenal dengan nama Marigold karena memiliki bunga berwarna kuning seperti emas. Tanaman satu ini sangat efektif dalam mengusir nyamuk. Kandungan yang dimiliki oleh tanaman ini sangat benci oleh nyamuk yaitu Piterium dan calendula Officinalis.

Marigold lebih mudah ditanam ketimang Lavender karena marigold dapat di tanaman dataran rendah. Cara menanam tanaman ini sama seperti tanaman lain.

6. Rosmarinus Officinalisi Atau Rosemari

Tanaman yang dikenal dengan Rosemary ini berasal dari Belanda. Biasanya Rosemary ini biasanya dipakai sebagai rempah-rempah dalam kuliner kawasan Timur Tengah. Selain digunakan sebagai rempah-rempah tanaman ini berguna sebagai pengusir serangga dan nyamuk.

Rosemary sangat ampuh digunakan sebagai pengusir nyamuk karena memiliki aroma  kayu yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman hias pengusir nyamuk ini sudah banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia karena tanaman ini sangat mudah hidup di iklim panas dan kering.

Cara menanam Rosemary ini sama dengan tanaman lain dan tidak ada perawatan khusus. Tanaman ini biasanya ditanam di pekarangan rumah. Namun, Rosemary juga bisa ditanam di pot kecil dan ditaruh diatas meja.

Setelah mengetahui macam-macam tanaman hias pengusir nyamuk di atas, jangan ragu lagi untuk memanfaatkan tanaman hias sebagai pengusir nyamuk di musim hujan. Karena, tanaman hias ini mudah didapat dan terjangkau.

Related posts