Biaya Pendidikan Lebih Terencana Dengan Tabungan Pendidikan Anak Syariah

  • Whatsapp

Besarnya biaya pendidikan membuat sebagian orang tua merasa khawatir. Sebab semakin tinggi jenjang pendidikan anak, maka akan semakin banyak biaya yang dikeluarkan. Untuk itu sebagian orang tua memilih berinvestasi dan menabung melalui tabungan pendidikan anak syariah.

Saat ini berbagai bank syariah sudah menyiapkan jenis tabungan pendidikan dengan akad sesuai syariah islam. Sehingga rasa khawatir akan mahalnya biaya pendidikan dapat dihindari. Lalu, apa aja produk tabungan pendidikan anak syariah? Mana produk yang terbaik? Simak ulasannya berikut ini!

1. Tabungan Pendidikan Bank Muamalat

Tabungan pendidikan yang pertama dikelola oleh Bank Muamalat. Produk ini menawarkan solusi dalam bidang perencanaan keuangan guna merealisasikan impian di masa mendatang yang sesuai dengan kaidah islam. Produk ini menjadikan Bank Muamalat lebih unggul dibanding bank syariah lainnya.

Adapun jenis akad yang dipakai adalah mudharabah Muthlaqah yang memiliki setoran paling sedikit Rp. 100.000,-. Orang tua dituntut untuk berkomitmen selama paling sedikit 3 bulan dan paling lama yaitu 20 tahun.

Bank menetapkan aturan pembukaan tabungan, yaitu usia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun. Serta nasabah harus memiliki rekening tabungan Muamalat iB yang merupakan sumber dana nasabah. Pihak bank secara otomatis akan melakukan pendebetan melalui rekening nasabah untuk kemudian diteruskan ke rekening tabungan pendidikan.

Sementara penutupan rekening dapat dilakukan apabila selama 3 bulan berturut-turut tidak dapat dilakukan pendebetan saldo, atau saldo hasil klaim milik nasabah telah ditransfer ke rekening sumber dana yang dimiliki oleh nasabah.

2. Tabungan Mandiri Syariah

Tabungan pendidikan anak syariah yang kedua adalah produk milik Bank Mandiri Syariah. Produk ini merupakan tabungan berjangka yang menawarkan nisbah bagi hasil berjenjang dan juga target dana yang telah disepakati.

Tabungan ini dapat digunakan guna membantu merencanakan keuangan dalam jangka waktu yang lama. Serta dijalankan menggunakan prinsip mudharabah Muthlaqah dan sistem bagi hasil yang adil. Sementara itu periode tabungan berlangsung selama minimal 1 tahun hingga 10 tahun. Dan usia minimal nasabah yaitu 17 tahun dan maksimal 65 tahun.

Pihak bank menetapkan besaran setoran sebesar Rp. 100.000,-. Jumlah setoran tidak dapat diubah dan juga pihak bank tidak menerima setoran selain setoran bulanan yang diwajibkan. Selain itu, dana tidak dapat ditarik, apabila melakukan penutupan rekening sebelum masa jatuh tempo, nasabah akan dikenakan biaya administrasi.

3. Tabungan BNI Syariah

Selanjutnya adalah produk BNI syariah milih Bank BNI. Tabungan ini memiliki ketentuan setoran bulanan sebesar Rp. 100.000 hingga 5 juta rupiah. Proses setoran tabungan juga sangat mudah. Bank secara otomatis akan melakukan pendebetan saldo melalui rekening yang dimiliki nasabah.

Adapun ketentuan jangka waktu yang ditetapkan minimal selama 1 tahun hingga 18 tahun. Produk ini memiliki keunggulan yaitu perlindungan asuransi jiwa sebesar Rp. 1.000.000.000,- apabila orang tua mengalami kecelakaan. Tak perlu khawatir, sebab asuransi ini bebas premi. Persyaratan untuk pembukaan tabungan cukup mudah. Hanya memerlukan KTP/Paspor asli dan juga setoran minimal Rp. 100.000,- serta rekening di Bank BNI Syariah.

4. BCA Syariah

Produk yang diberi nama Tahapan Rencana iB ini menawarkan berbagai keuntungan menarik bagi nasabahnya. Diantaranya yaitu dapat dijadikan sebagai alternatif investasi baik jangka waktu pendek maupun menengah, nasabah dapat memperoleh kepastian pencapaian dana yang berguna untuk perencanaan keuangan, sistem bagi hasil yang kompetitif. Serta yang tidak kalah menarik adalah manfaat perlindungan asuransi jiwa.

Adapun ketentuan klaim asuransi jiwa terbagi dua, yaitu apabila nasabah mengalami sakit, maka asuransi akan Membayarkan sisa setoran yang belum dibayar oleh nasabah kepada ahli waris. Sementara apabila nasabah mengalami kecelakaan, maka pihak asuransi akan membayarkan sisa setoran kepada ahli waris sebanyak 40x setoran bulanan.

Sementara untuk persyaratan pembukaan rekening tabungan adalah berusia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat pembukaan buku tabungan. Dan berusia 65 tahun pada saat jatuh tempo.

5. CIMB Niaga Syariah

Sama halnya dengan tabungan pendidikan milik bank lain, produk milik Bank CIMB Niaga juga menganut prinsip mudharabah Muthlaqah. Keunggulan produk ini terletak pada sistem jangka waktu yang fleksibel serta setoran rutin minimal Rp. 100.000,-. Selain itu nasabah diizinkan untuk menambah dana di luar setoran rutin dengan cara menyetorkan langsung ke rekening Tabungan iB Pendidikan.

CIMB Niaga juga mengizinkan nasabah untuk menentukan sendiri tanggal setoran rutin bulanan dan melakukan perubahan peningkatan setoran rutin bulanan. Disamping itu produk tabungan pendidikan anak syariah ini juga menawarkan sistem bagi hasil yang adil dan juga perlindungan asuransi jiwa. Nasabah hanya perlu membayar setoran bulanan sebesar Rp. 100.000,- dengan durasi minimum selama 5 bulan.

Apabila nasabah mengalami musibah, maka pihak asuransi akan memberikan asuransi dalam bentuk setoran rutin bulanan hingga jatuh tempo sebesar 5 juta rupiah. Sementara untuk usia minimal pembukaan buku tabungan yaitu 18 tahun. Dan maksimal 60 tahun. Serta jangka waktu tenor yaitu 20 tahun. Adapun untuk sistem bagi hasil yaitu sebanyak 43% bagi nasabah dengan jangka waktu 1 hingga 3 tahun. Dan 45% bagi nasabah dengan jangka waktu 1 hingga diatas 3 tahun.

Nah, itulah 5 produk tabungan pendidikan anak syariah milih beberapa bank syariah di Indonesia. Dengan tabungan pendidikan diharapkan dapat menjadi solusi bagi orang tua yang ingin mempersiapkan dana pendidikan untuk anak. Pilihlah produk tabungan yang sesuai dengan keinginan serta perhatikan manfaat maupun kekurangan dari setiap produk.

Related posts