Struktur dan Contoh Proposal Bisnis yang Efektif serta Informatif

  • Whatsapp

Memulai sebuah usaha tidaklah semudah bayangan karena banyak yang harus dipersiapkan dan direncanakan. Seringkali orang gagal dalam merilis sebuah usaha karena perencanaan yang kurang detail dan tepat.

Oleh karena itu, sebelum merilis sebuah usaha pastikan untuk menyusun sebuah proposal bisnis. Untuk memudahkan dalam proses pembuatan, ambilah sebuah contoh proposal bisnis dari bisnis eksisting.

Menyusun sebuah proposal bisnis juga tidak mudah karena butuh ketelitian dalam proses penyusunan.

Pastikan untuk membuat semua bagian secara detail baik dari segi kegiatan maupun dana yang dibutuhkan. Karena proposal bisnis tersebut nantinya akan digunakan sebagai kerangka untuk bisnis yang akan dibangun.

Selain sebagai kerangka, sebuah proposal bisnis juga dapat menjadi pemandu ketika bisnis sudah berjalan.

Para pelaku usaha dapat melihat dan mengevaluasi rencana serta hasil yang didapatkan dengan proposal yang telah dibuat. Oleh karena itu, setiap bisnis membutuhkan sebuah proposal bisnis dalam setiap bisnisnya.

Struktur Proposal Bisnis yang Tepat

Membuat sebuah proposal bisnis tidaklah mudah terutama jika belum kerangka proposal. Untuk memudahkan proses pembuatan, ambil sebuah contoh proposal bisnis yang sudah ada. Ambil saja kerangkanya, lalu sesuaikan dengan bisnis yang akan dibuat.

Untuk memastikan contoh proposal bisnis yang telah diambil tepat atau tidak, tetap diperlukan pengetahuan dasar dalam membuat sebuah proposal. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui cara menyusun proposal bisnis yang tepat sesuai langkah-langkah di bawah ini:

1. Latar Belakang atau Pendahuluan

Dalam sebuah proposal, pastikan untuk menyertakan latar belakang atau pendahuluan yang menjelaskan alasan membangun usaha tersebut. Pada bagian ini, jelaskan alasan dan tujuan dari usaha tersebut dan bagaimana prospeknya ke depan. Bila perlu, berikan gambaran mengenai keunggulan usaha yang akan dibangun tersebut dibandingkan dengan yang lain.

2. Profil Usaha

Selanjutnya berikanlah informasi mengenai usaha yang akan dijalankan tersebut. Pastikan memberikan profil usaha yang lengkap, karena ini adalah kesan pertama dari bisnis tersebut.

Segala sesuatu tentang perusahaan harus dicantumkan di sini dari visi, misi, jumlah karyawan hingga sistem produksinya. Semakin detail, semakin bagus dan lengkap informasi yang akan ditangkap oleh konsumen.

3. Produk atau Layanan yang Tersedia

Pastikan juga untuk mencantumkan semua produk dan layanan yang tersedia dalam perusahaan. Jelaskan jenis, spesifikasi serta keunggulan produk yang ada dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini akan membuat proposal bisnis tampak lebih menarik dan terlihat dibandingkan dengan para pesaing.

Jangan lupa untuk mencantumkan target pasar yang dituju untuk setiap produknya. Sertakan jenis kelamin, kelompok usia atau golongan yang akan menjadi target dari usaha. Jadi, jika proposal ini dibaca oleh seorang investor, orang tersebut akan mendapatkan gambaran jelas mengenai target dan peluang pasarnya.

4. Analisa SWOT

Tunjukkan bahwa proposal yang dibuat tidak hanya kata-kata saja, melainkan kondisi yang ada saat ini. Hal ini dapat diperkuat dengan adanya analisis SWOT dalam proposal bisnis.

Salah satu contoh proposal bisnis yang baik akan menyertakan analisis internal (kekuatan, kelemahan) dan analisa eksternalnya (peluang dan ancaman). Dari analisis tersebut, pelaku usaha dapat mengembangkan strategi untuk memperkuat bisnisnya.

5. Rencana Pengembangan

Meskipun masih tergolong awal, namun rencana pengembangan juga perlu direncanakan dalam proposal bisnis. Jelaskan secara detail mengenai rencana pengembangan perusahaan serta bagaimana untuk mencapainya. Berikan batasan waktu dalam setiap rencana yang ada, sehingga bisa menjadi tolak ukur rencana tersebut.

6. Proyeksi Keuangan

Terakhir, namun sangat penting adalah proyeksi keuangan. Ini sangat penting bagi pemilik usaha maupun calon investor yang akan mendanai usaha tersebut. Pastikan proyeksi keuangan terlihat realistis dan tidak terlalu tinggi, terutama untuk usaha yang baru. Jadi, pastikan untuk menghitung dan membuat proyeksi keuangan secara detail dan tepat.

Baca Juga: Topik dan Contoh Pidato Tentang Pendidikan serta Cara Penyampaiannya

Contoh Proposal Bisnis Bagian Latar Belakang yang Mudah dan Informatif

Setelah mengetahui apa saja yang harus dicantumkan dalam sebuah proposal bisnis, saatnya membuat proposal tersebut. Berikut adalah salah satu bagian dari contoh proposal bisnis yang mudah dimengerti namun memberikan informasi yang detail juga:

Latar Belakang

Kesehatan merupakan salah satu aset mahal yang harus dijaga oleh setiap orang. Badan yang sehat juga akan berpengaruh ke jiwa dan pikiran yang sehat. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan badan dengan cara berolahraga dan makan yang benar.

Namun, saat ini masih banyak orang yang tidak mengkonsumsi makanan sehat sehingga menyebabkan timbulnya penyakit di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, banyaknya orang yang belum sadar akan makanan yang sehat. Untuk membantu orang-orang seperti ini dibutuhkan sebuah catering sehat agar orang dapat makan dengan tepat.

Catering sehat merupakan sebuah usaha makanan yang menyediakan makanan 4 sehat 5 sempurna. Semua makanan yang disediakan adalah makanan fresh dan tidak ber MSG. Jadi, catering ini sangat aman dikonsumsi bagi semua kalangan.

Saat ini, di kota Jombang belum ada usaha catering sehat yang menyediakan makanan sehat dengan jasa antar ke rumah. Sehingga dengan adanya jasa ini, orang dapat hidup dengan lebih sehat dengan cara yang mudah.

Jadi, itulah sedikit contoh latar belakang dari sebuah proposal bisnis catering sehat di kota Jombang. Buat latar belakang dengan sedetail mungkin agar calon investor bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai usaha tersebut.

Pembuatan sebuah proposal bisnis tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, pastikan untuk tidak terburu-buru dalam proses pembuatannya. Jangan lupa untuk memiliki contoh proposal bisnis yang lain untuk mempermudah proses pembuatan. Namun, pastikan memilih proposal yang tepat dan informatif.

Related posts