Standar Pendidikan Nasional Demi Generasi Penerus Bangsa Berkualitas

  • Whatsapp

Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran pelatihan dan penelitian. Disinilah ada standar pendidikan nasional.

Ada yang mengatakan definisi pendidikan adalah suatu usaha sadar yang dilakukan secara sistematis dalam mewujudkan suasana belajar-mengajar agar para peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya.

Read More

Dengan adanya pendidikan maka seseorang dapat memiliki kecerdasan, akhlak mulia, kepribadian, kekuatan spiritual dan keterampilan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat.

Untuk melaksanakan program pendidikan dengan baik, diperlukan suatu pedoman atau acuan yang terukur dan terarah.

Oleh sebab itu, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang kemudian disempurnakan dengan PP Nomor 32 Tahun 2013.

Apa itu Standar Nasional Pendidikan?

Standar Pendidikan Nasional adalah kriteria minimal mengenai sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Standar ini berfungsi sebagai pedoman utama dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.

Kriteria Pendidikan Nasional

Standar Pendidikan Nasional mencakup delapan kriteria yang wajib terpenuhi dalam upaya menuju pendidikan yang berkualitas. Delapan standar nasional tersebut terdiri dari:

1. Isi

Standar Isi merupakan komponen materi dan tingkat kompetensi dalam rangka mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Standar isi tersebut memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, KTSP, dan juga kalender akademik.

Peraturan Menteri terkait Standar Isi yakni peraturan nomor: 22 tahun 2006, 24 tahun 2006 dan 14 tahun 2007.

2. Proses

Standar kedua berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran di masing-masing satuan pendidikan. Pelaksanaan dan pencapaian standar proses diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, partisipatif dengan berdasarkan pada standar kompetensi lulusan.

Peraturan Menteri terkait Standar Proses Pendidikan yakni peraturan nomor: 41 Tahun 2007, 1 Tahun 2008 dan 3 Tahun 2008.

3. Standar Kompetensi Lulusan

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kriteria atau kualifikasi yang menyangkut kemampuan lulusan yang terbagi atas kemampuan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Pada jenjang sekolah dasar, SKL tersebut bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, wawasan pengetahuan, kepribadian yang berakhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan selanjutnya.

Peraturan Menteri terkait Standar Kompetensi Lulusan antara lain nomor 23 Tahun 2006 dan nomor 24 Tahun 2006

4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Standar nasional lainnya di bidang pendidikan berkaitan dengan para pendidik dan tenaga kependidikan.

Ketentuan Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan merupakan kriteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik dan mental, serta pendidikan dalam jabatan.

Kualifikasi akademik S1 dan 4 macam kompetensi yang wajib dikuasai guru adalah beberapa poin yang mungkin sudah anda kenal terkait dengan standar nasional ini.

Peraturan Menteri terkait Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan antara lain nomor: 12, 13, 16 Tahun 2007, 24, 25, 26, dan 27 tahun 2008 dan 40 – 45 Tahun 2009.

5. Sarana dan Prasarana

Patokan ini mencakup tentang kriteria minimal sarana dan media yang menyokong pembelajaran, misalnya ruang belajar, tempat berolahraga, tempat melaksanakan ibadah, perpustakaan, laboratorium, sarana bermain, dan sebagainya.

Tujuannya agar pelaksanaan belajar mengajar bisa terlaksana dengan lancar. Peraturan Menteri terkait Standar Sarana dan Prasarana antara lain peraturan nomor, 24 Tahun 2007, 33 Tahun 2008 dan nomor 40 Tahun 2008

6. Pengelolaan

Standar keenam yang diatur dalam peraturan pemerintah adalah berkaitan dengan pengelolaan.

Standar pengelolaan tersebut mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan secara efektif dan efisien, pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi hingga pengelolaan tingkat nasional.

Peraturan Menteri terkait Standar Pengelolaan: Permen No. 19 Tahun 2007.

7. Pembiayaan

Biaya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pendidikan perlu diatur berdasarkan standar tertentu. Standar Pembiayaan merupakan aturan yang merinci komponen dan besarnya biaya operasi satuan pendidikan yang berlaku dalam kurun satu tahun.

Standar biaya tersebut terbagi menjadi biaya investasi, biaya operasi, dan biaya personal. Salah satu contoh atau wujudnya adalah dana BOS. Peraturan Menteri terkait Standar Pembiayaan Pendidikan: Permen No. 69 Tahun 2009.

8.  Penilaian Pendidikan

Standar penilaian ini berkaitan dengan segala macam mekanisme, prosedur, instrumen penilaian untuk mengetahui hasil belajar peserta didik.

Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, penilaian pendidikan terdiri dari penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan (sekolah), dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah. Peraturan Menteri terkait Standar Penilaian Pendidikan Permen No. 20 Tahun 2007.

Baca Juga: Pendidikan Abad 21 Bagi Pendidik dan Peserta Didik

Fungsi Dan Tujuan Standar Nasional Pendidikan

Seperti yang sudah disebutkan para paragraf awal sebelumnya, fungsi dan tujuan utama dari Standar Pendidikan Nasional ini adalah sebagai dasar pelaksanaan pendidikan di Indonesia, berikut penjelasan selengkapnya:

  • Standar Pendidikan Nasional memiliki fungsi sebagai acuan atau dasar dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan demi untuk mewujudkan pendidikan nasional yang berkualitas.
  • Standar ini bertujuan untuk memberikan jaminan pendidikan nasional yang bermutu dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, membentuk karakter, serta peradaban bangsa yang bermartabat.
  • Patokan Pendidikan yang diselenggarakan secara terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan dan perubahan kehidupan nasional dan global.

Pendidikan adalah hal yang tidak bisa diremehkan. Demi mencetak generasi penerus yang berwawasan dan berilmu serta memiliki akhlak kualitas pendidikan harus diutamakan.

Oleh karena itu standar pendidikan nasional ini penting. Untuk mencetak pemuda bangsa yang tetap berpegang teguh dengan Pancasila.

Standar pendidikan nasional ini akan menjadi acuan dasar dunia belajar mengajar agar bisa sesuai dengan peraturan yang berlaku di tanah air.

Pastikan untuk memahami dan menerapkannya dengan baik. Semoga dengan adanya ulasan ini wawasan bisa semakin bertambah khususnya pada dunia pendidikan.

Related posts