Software Payroll Terbaik: Pengertian dan Manfaat

  • Whatsapp

Perkembangan dunia bisnis hingga saat ini memang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Tak tanggung tanggung, bahkan saat ini saja perusahaan dengan skala multinasional tengah menjamur khususnya di Indonesia, baik itu usaha  dalam bidang startup maupun umkm. Dengan banyaknya perusahaan multinasional tersebut tentu saja jumlah karyawan juga semakin banyak. Untuk itu dibutuhkan sebuah software payroll terbaik untuk memantau kinerja para karyawan. Tentu saja kehadiran para karyawan dapat dipantau dengan adanya absensi online.

Payroll Software, Solusi Untuk Bisnis Yang Efektif

Pada dasarnya payroll software adalah sebuah perangkat lunak atau yang lebih dikenal dengan sebutan software yang memiliki fungsi fungsi tertentu. Kegunaan dari software ini sendiri adalah sebagai media dalam penghitungan gaji para karyawan yang bekerja untuk sebuah perusahaan. Banyak unsur yang akan didapatkan setelah menggunakan software ini.

Dimulai dari kehadiran karyawan, form ketidakhadiran, PPh 21, uang makan dan lain lain akan didapatkan. Keseluruhan fungsi tersebut akan tergabung dalam sebuah software payroll. Umumnya software ini nantinya akan tergabung dalam suatu sistem HRIS atau Human Resource Information System.

Perusahaan Wajib Menggunakan Software Payroll

Ada berbagai manfaat yang akan didapatkan jika menggunakan software payroll. Semua informasi terkait gaji karyawan tentunya harus dikerjakan secara akurat dan tepat. Kewajiban sebuah perusahaan untuk menggunakan software payroll terbaik adalah fungsinya dalam mengeliminasi kesalahan.

Selain itu tentu saja, efisiensi waktu lebih terjamin dengan adanya software payroll. Sehingga tugas lainnya juga akan selesai tepat pada waktunya.

Perusahaan tentunya akan mendapatkan keuntungan berupa managing payroll tanpa harus menggunakan jasa pihak ketiga.  Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat dan dapat menghemat biaya pengeluaran.

Keuntungan lainnya adalah pihak perusahaan tidak memerlukan banyak pihak yang berinteraksi dalam mengurus permasalahan gaji karyawan. Ini juga sebagai langkah untuk mengatasi miscommunication dalam sebuah sistem manajemen.

Fungsi Software Payroll

Ada banyak fungsi yang bisa didapatkan jika sebuah perusahaan menggunakan software yang satu ini. Beberapa fungsi tersebut bahkan akan sangat membantu divisi human resource dalam memantau kinerja karyawan perusahaan secara berkala. Berikut merupakan fungsi utama yang akan diperoleh jika perusahaan menggunakan software payroll.

1.Dapat Menghitung Gaji Serta Jumlah Potongan

Fungsi yang satu ini merupakan salah satu fungsi utama dari dari software payroll. Setelah mendapatkan gaji saat tanggal bayaran, tentu saja akan ada informasi yang diberikan dari sistem untuk menginformasikan jumlah potongan yang harus dibayar karyawan. Potongan tersebut berupa, bpjs, pajak, asuransi serta potongan lainnya.

Fungsi yang satu ini tentu saja akan memberikan kemudahan yang sangat signifikan bagi sebuah perusahaan terkait. Selain itu penghitungan jumlah gaji juga tidak akan mengalami kesalahan.

2. Data Akan Tersimpan Otomatis Serta Aman

Banyak perusahaan yang masih menerapkan penyimpanan data secara manual. Padahal langkah tersebut bisa dibilang sudah sangat kuno. Nah,  dengan menggunakan software ini maka seluruh data yang diperlukan dapat tersimpan secara otomatis serta aman.

3. Mengontrol Kehadiran Karyawan

Mengontrol karyawan memang tidaklah mudah, untuk itu hadir lah software payroll ini. Dengan menggunakan software ini, maka kehadiran karyawan dapat dipantau dengan menggunakan sistem absensi online. Dengan begitu pemantauan terhadap karyawan dapat lebih efisien dan akurat.

4. Self Services

Dengan adanya sistem ini tentu saja para karyawan tidak akan mengalami kesulitan dalam mengakses informasi terkait gaji mereka serta kinerja mereka. Jika ada hal hal yang harus diajukan kepada pihak manajemen, maka tidak lagi harus membuat surat kepada HRD. Dengan software ini keseluruhannya dapat dilakukan by sistem.

Software payroll merupakan sebuah software hasil cipta pemrograman by computer terkait pengelolaan data karyawan. Praktis, efisien serta aman menjadi kelebihan dari software payroll. Untuk itu sebuah perusahaan wajib menggunakan software payroll terbaik serta mengalihkan absensi manual dengan absensi online.

Related posts