Si Alat Musik Ritmis, Pembawa Warna Di Setiap Irama Musik

  • Whatsapp
Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis merupakan sebuah alat yang membawa warna di setiap irama musik. Fungsi untuk mengatur tempo atau ritme dari sebuah lagu. Cara memainkannya pun bisa dibilang unik dengan cara dipukul, digesekkan bahkan diguncangkan.

Ketika hendak memainkan alat musik ini harus meluangkan banyak waktu untuk melakukan latihan. Supaya alunan yang keluar nantinya sesuai dengan yang diinginkan, seperti kekuatan memukulnya. Ketepatan waktu untuk membunyikannya, untuk mengetahui apa saja alat musik itu disimak penjelasan berikut:

1. Marakas

Ketika terdapat sebuah pertunjukan musik dangdut mungkin sedikit tidak asing dengan alat musik satu ini. Alunan suara yang dikeluarkan alat musik ini bisa dibilang meriah. Menggugah penonton yang mendengarkan pertunjukkan musik untuk ikut hanyut dan bergoyang dalam alunan lagu.

Berbentuk seperti sebuah permen lolipop namun, berukuran cukup besar. Cara mainnya pun cukup digoyangkan saja dan akan keluar sebuah suara dari alat musik marakas. Walaupun tidak memiliki alunan nada yang pasti, tetapi sangat mengasyikkan ketika mendengarnya.  

2. Tifa Asal Maluku dan Papua

Salah satu alat musik ritmis tradisional asal Maluku dan Papua yang bernama tifa. Bentuknya seperti tabung, tetapi bedanya semakin ke bawah semakin mengecil. Dengan bagian atasnya ditutupi dengan kulit sapi yang elastis. Alat musik ini biasa hadir dalam bentuk iringan musik untuk upacara-upacara adat.

 Tidak hanya berhenti sampai situ, biasanya alat musik ini juga dimainkan untuk mengiringi para penari. Memainkan tari-tarian dari asal daerah tersebut. Pada bagian sekeliling alat musik ini juga terdapat ukir-ukiran yang sangat menarik atau bahkan memiliki simbol yang berarti bagi suku tersebut.

3. Conga dari Afrika

Conga merupakan sebuah alat musik yang berasal dari negara Afrika. Ternyata masyarakat lokal daerah sana lebih mengenal alat musik ini dengan sebutan tambora. Di Indonesia alat musik ritmis satu ini biasa hadir dalam pertunjukkan musik dangdut. Kaya akan perpaduan yang sangat khas.

Bentuk dari alat musik ini sangat mirip dengan gendang bedanya tidak terlalu banyak hiasan yang menghiasi badannya. Conga terbuat dari fiberglass yang disangga dengan beberapa alat bantu yang terbuat dari besi. Sehingga alat musik conga tidak menyentuh langsung ke lantai.

4. Triangel, Pengiring Musik Klasik

Sudah hadir sejak abad ke-16, triangle hingga kini masih digemari dalam permainan musik genre klasik. Bentuknya yang sederhana dan cara memainkannya cukup dipukul sudah terdengar suara yang khas. Lagu-lagu modern yang menggunakan alat ini diantaranya ada aliran musik jazz, pop bahkan dangdut.

5. Simbal

Terbuat dari bahan dasar logam yang biasanya berwarna kuning keemasan itulah alat musik simbal. Berbentuk bulat layaknya cakram yang terdapat dalam sebuah motor. Untuk memainkannya biasa menyatukan dua sambal yang sama atau menggunakan stik jika terdapat dalam sebuah rangkaian drum.

6. Alat Musik Tradisional : Gendang

Hampir mirip dengan conga, gendang bentuknya sama dengan conga seperti tabung. Namun, bedanya kedua sisi gendang ini terdapat kulit sapi yang biasa menjadi tempat memukul untuk mengeluarkan suara. Gendang merupakan sebuah alat musik tradisional yang biasa terdapat di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Digunakan untuk mengiringi tari-tarian tradisional hingga dalam pertunjukkan musik dangdut biasanya juga ada musik yang satu ini. Keunikan gendang terdapat dalam badannya yang memiliki ukir-ukiran dengan motif yang sangat indah. Motif yang digunakan biasanya motif tanaman.

Sekian pembahasan mengenai alat musik ritmis, pembawa warna yang berbeda di setiap irama musik. Biasa digunakan dari alunan musik tradisional hingga modern banyak yang menggunakan alat musik ini sebagai pengiringnya.

Untuk mendownload musik dengan berbagai macam alat musik ritmis yang dimainkan, bisa mengunjungi situs Tubidy. Disana bisa mendownload musik secara gratis dan lengkap tentunya.

Related posts