Sekolah Kedinasan di Indonesia yang Menawarkan Beragam Jurusan

  • Whatsapp

Di Indonesia sendiri banyak tersebar berbagai macam perguruan tinggi di seluruh wilayah mulai dari swasta, negeri, atau pun kedinasan. Disamping banyak siswa yang menginginkan masuk dalam universitas negeri terkemuka di Indonesia, peminat dari sekolah kedinasan di Indonesia juga tidak kalah banyak. Masing masing siswa memiliki misi, alasan dan tujuan sendiri-sendiri dimana akan melanjutkan pendidikannya.

Beberapa keuntungan bisa di dapat dengan memilih sekolah kedinasan sebagai tempat melanjutkan pendidikan. Diantaranya seperti biaya operasional yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri, bahkan bisa sampai gratis. Disamping itu, siswa yang memilih sekolah kedinasan dinilai memiliki masa depan yang lebih terjamin.

Pasalnya sekolah kedinasan menawarkan ikatan dinas bagi alumninya. Sehingga jika lulus sudah pasti langsung mendapat pekerjaan sesuai ikatan dinas. Bagi yang belum mengetahui apa saja sekolah kedinasan yang berada di Indonesia. Silahkan simak pembahasannya dalam artikel dibawah ini :

1. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

Sekolah ini diperuntukan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya melalui sekolah kedinasan di Indonesia dalam bidang keamanan data dan internet. STSN adalah perguruan tinggi yang dinaungi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Waktu pendidikan yang akan ditempuh para siswa disini adalah 4 tahun dengan gelar D-IV yang memiliki dua program studi, yaitu Manajemen Persandian dan Teknik Persandian.

Dimana untuk program studi Teknik Persandian akan dibagi menjadi dua peminatan, yaitu Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi. Keduanya akan dipelajari oleh siswa dalam waktu yang berbeda. Program studi umum akan dipelajari siswa pada semester 1 dan program studi peminatan akan dipelajari siswa pada semester 3.

2. AKMIL (Akademi Militer)

Sekolah ini merupakan pendidikan dasar para TNI angkatan darat yang bertempat di Magelang Jawa Tengah. Siswa yang lulus dari sekolah AKMIL akan mendapatkan gelar S.ST.Han yang berarti Sarjana Terapan Pertahanan.Disamping mendapatkan gelar, siswa yang lulus juga akan mendapatkan pangkat perwira pertamanya sebagai Letda atau Letnan Dua. Dimana pendidikan ini akan dijalani para siswanya selama 4 tahun. 

Diantara program studi yang ditawarkan di disini meliputi Teknik Sipil Pertanahan, Administrasi Pertanahan, Teknik Mesin Pertahanan, Teknik Elektronika, Manajemen Pertahanan. Semuanya. Semua program studi tersebut tersedia dalam jenjang D-IV.

3. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Sejak pertama didirikan pada tahun 1952, salah satu sekolah kedinasan di Indonesia ini telah menjadi pilihan favorit bagi banyak siswa. STAN atau PKN STAN adalah sekolah yang dinaungi oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI. Disini menyediakan beberapa program studi yang dibagi menjadi dua jenjang yaitu D-I dan D-III.

Diantara program studi tersebut meliputi Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai, Manajemen Aset, Pajak Bumi dan Bangunan dan Kebendaharaan Negara. Untuk jenjang D-I bisa ditempuh di beberapa kota seperti Jakarta, Manado, Cimahi, Malang, Medan, Palembang, Makassar, Balikpapan dan Yogyakarta. Sedangkan bagi jenjang D-III hanya bisa ditempuh di kampus PKN STAN Jakarta.

4. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Sekolah yang bertempat di wilayah Sentul, Bogor, Jawa Barat ini menjadi sekolah kedinasan di Indonesia yang mempelajari tentang ilmu Intelijen. Dan dilengkapi dengan tempaan fisik serta mental secara keras sehingga para siswa menjadi terbiasa untuk disiplin. Misi dari sekolah ini adalah untuk menciptakan generasi yang mempunyai keahlian akademik secara profesional.

Sehingga beragam pengetahuan yang dimiliki dapat dijadikan jembatan untuk menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia.

5. AAL (Akademi Angkatan Laut)

Sekolah ini juga diperuntukan untuk TNI selain AKMIL di Magelang Jawa Tengah. Hampir sama dengan sekolah kedinasan di Indonesia lainnya, AAL juga menyediakan beragam program studi dengan jenjang D-IV. Seperti Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut, Teknik Elektronika Kapal Perang, Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat. Dan Teknik Mesin Kapal Perang serta Manajemen Pertahanan Matra Laut.

6. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

IPDN merupakan sekolah yang dinaungi oleh Departemen Dalam Negeri RI dengan misi mempersiapkan generasi sebagai anggota bagian dari pusat maupun daerah. Disini tersedia berbagai jenjang mulai dari D-IV sampai dengan S3 dalam berbagai program studi. Beberapa diantara seperti Keuangan Daerah, Manajemen Keuangan, Manajemen Pembangunan dan masih banyak lagi.

7. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

Dengan di bawah pengawasan Kementerian Perhubungan Indonesia, sekolah ini menjadi sekolah kedinasan di Indonesia yang mengharuskan calon siswanya menjalankan berbagai tes. Seperti tes akademik, tes kesehatan, psikotes, dan seleksi wawancara. Program studi yang ditawarkan pun beragam mulai dari Penerbangan sampai Manajemen Penerbangan pun ada.

Itulah beberapa informasi mengenai 7 sekolah kedinasan di Indonesia yang banyak diminati oleh para siswa yang baru lulus sekolah menengah. Pasalnya selain biaya yang ditawarkan cukup ringan, para alumni dari sekolah kedinasan juga memiliki arah pekerjaan yang lumayan jelas.

Related posts