Fakta Menarik San Diego Hills, Kompleks Pemakaman Mewah di Indonesia

  • Whatsapp

San Diego Hills merupakan sebuah kompleks pemakaman yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat dengan fasilitas umum yang sangat lengkap. Tempat pemakaman mewah ini menjadi tempat pemakaman bagi beberapa orang ternama yang berasal dari Indonesia. Berikut ini ada beberapa fakta menarik terkait dengan kompleks pemakaman mewah di Indonesia ini.

Kompleks Pemakaman dengan Fasilitas Umum Lengkap

Sepertinya tidak akan pernah ada sebuah kompleks pemakaman yang selengkap di tempat yang bernama lengkap San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes ini. Fasilitas yang tersedia di kompleks pemakaman ini begitu lengkap. Di dalam kompleks pemakaman ini terdapat restoran, kolam renang, toko bunga dan hadiah, serta sebuah gedung serbaguna yang mampu menampung hingga 250 orang.

Selain itu, kompleks pemakaman yang sangat luas ini juga memiliki fasilitas perawatan untuk kebersihan makam. Sebuah kompleks pemakaman umumnya memiliki suasana yang gelap dan menyeramkan. Oleh sebab itu, kompleks pemakaman yang sangat luas ini sangat jauh dari kesan menyeramkan karena dirawat dan dijaga dengan baik.

Kompleks pemakaman ini mengadopsi konsep pemakaman yang sama di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Nama San Diego sendiri juga diambil dari nama sebuah tempat di Amerika. Dari penuturan sang CEO, kompleks pemakaman ini ingin meninggalkan kesan menyeramkan yang sering tersemat pada sebuah kompleks pemakaman.

Memiliki Berbagai Tipe dan Harga

Kompleks pemakaman ini memiliki tipe dan harga yang beragam sesuai dengan pemandangan dan bisa menyesuaikan dengan budget keluarga. Tipe dan harga yang terdapat di kompleks ini terbagi menjadi:

  • Single Burial. Memiliki harga mulai Rp 60 juta yang diperuntukkan bagi satu kavling tanah makam saja. Tipe ini sangat cocok untuk yang ingin memakamkan jenazah dengan sederhana dan ekonomis.
  • Semi Private. Memiliki tingkat privasi yang lebih baik daripada tipe Single Burial karena terdapat pagar pembatas. Harga yang harus dikeluarkan untuk membeli lahan pemakaman tipe ini mulai dari Rp 200 juta. Harga tersebut sudah termasuk dua buah kavling lahan pemakaman.
  • Private Estate. Memiliki fasilitas yang lebih baik yaitu berupa jalan pada setiap kavling dan tempat duduk bagi para peziarah. Harga untuk lahan pemakaman tipe ini mulai Rp 800 juta untuk dua buah kavling lahan. Tipe ini juga sudah memiliki pagar pembatas dan ukuran yang luas.
  • Memiliki luas lahan mencapai 50 meter persegi dengan tambahan fasilitas berupa sebuah bangunan atau gazebo sebagai tempat berteduh peziarah. Harga untuk lahan pemakaman di tipe Paviliun mencapai satu miliar rupiah. Lahan makam ini khusus untuk jenazah non muslim saja.
  • Peak Estate. Memiliki harga termahal yakni mencapai Rp 4 Miliar dengan luas mencapai lebih dari seratus meter persegi. Pada tipe ini, harga yang dibeli hanya mencakup tanahnya dan akan dikenakan biaya tambahan untuk fasilitas. Namun, kelebihannya pemilik lahan bisa membuat sebuah desain khusus secara custom.

Sudah Banyak Dipesan oleh Berbagai Kalangan

Meski memiliki harga yang mahal, nyatanya kompleks pemakaman San Diego Hills ini sudah hampir penuh. Ada banyak sekali kalangan yang mulai memesan lahan di sini. Salah satu artis yang dimakamkan di kompleks ini adalah Ashraf Sinclair. Fasilitas yang lengkap dengan jaminan perawatan menjadi salah satu alasan banyaknya pemesan di kompleks pemakaman ini.

Berlokasi di Karawang, kompleks pemakaman San Diego Hills terletak tidak jauh dari pintu tol dan mudah dijangkau oleh kendaraan. Fasilitas lengkap dengan jaminan kebersihan dan keamanan menjadi alasan banyaknya orang yang mulai memesan lahan makam di sini.

Related posts