Hasil Pencarian:

Topi Rajut

Topi Rajut

Topi yang berfungsi sebagai pelindung kepala agar terhindar dari panas matahari kini tak hanya digunakan sebagaimana mestinya. Mengikuti perkembangan zaman yang sedang gencar-gencarnya dengan fashion ala korea yang suka menggunakan topi sebagai bagian tambahan dari style penampilan, membuat anak-anak muda zaman sekarang termasuk Indonesia juga mengikuti trend tersebut. Jenis topi yang paling sering dipakai adalah topi snapback, dan ada satu jenis topi lagi yaitu topi kupluk, topi yang terbuat dari benang wol menggunakan teknik merajut. Topi rajut ini berfungsi untuk menghangatkan kepala dimusim dingin dan dibuat elastis agar dapat menyesuaikan dengan kepala si pemakai. Topi rajut kebanyakan sering digunakan oleh bayi dan anak-anak balita. Bahannya yang halus dan lembut membuat topi rajut sangat aman dan nyaman untuk dipakai oleh siapa saja.

Beli Topi Rajut

Meski topi rajut kini bisa diproduksi dengan menggunakan mesin rajut, masih banyak para pengrajin lokal Indonesia yang tetap mengandalkan keahlian tangan untuk membuat topi rajut handmade agar keindahan seninya tetap terjaga. Selain topi rajut anak-anak, ada juga topi rajut remaja, topi rajut dewasa, topi rajut pria, dan topi rajut wanita yang bisa kamu beli secara online. Kamu bisa mampir ke situs Qlapa untuk membeli berbagai model topi rajut handmade yang kamu mau, misal zaman sekarang anak-anak kecil sedang suka-sukanya dengan tokoh kartun baymax, minion, angry bird, dan tokoh-tokoh kartun terkenal lainnya dan kamu bisa membeli topi rajut handmade karakter tersebut di Qlapa sehingga anak-anak kamu tidak akan bosan menggunakan topi rajut. Kamu juga bisa menjadikan topi rajut handmade Qlapa sebagai hadiah untuk saudara atau teman-teman kamu sebagai ucapan selamat atas kelahiran anak-anak mereka. Tidak hanya menjual topi rajutnya saja, ada juga pengrajin lokal yang menjual satu set topi rajut beserta dengan sepatu boots nya yang bisa kamu temukan di Crafty Patty, pengrajin asal Surabaya. Selain aman digunakan, topi rajut handmade bisa membuat anak-anak kamu terlihat lucu dan menggemaskan.

Mengenal Serat Benang pada Topi Rajut

Pada dasarnya topi rajut yang sering kita temukan adalah topi rajut yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar wol, padahal selain wol, benang rajut memiliki jenis-jenis lainnya yang juga digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan topi rajut. Tetapi sebelum mengenal jenis-jenis benang lainnya, kita kenali dulu asal usul serat bahan yang terdapat pada masing-masing benang rajut. Berdasarkan serat bahannya, benang rajut yang digunakan terbagi menjadi serat alami dan serat buatan. Serat alami berasal dari serat hewan dan serat tumbuh-tumbuhan di mana serat hewan didapatkan dari bulu-bulu binatang seperti domba, kelinci, onta, dan hewan berbulu lainnya, sedangkan serat tumbuh-tumbuhan didapatkan dari tumbuhan atau tanaman seperti pohon kapas, tangkai lenan, tanaman bambu, dan lainnya. Untuk serat buatan atau serat sintetis, merupakan serat yang dibuat oleh manusia menggunakan serat yang biasanya terdapat didalam kandungan makanan seperti protein, mineral, dan selulosa. Menggunakan kedua jenis serat tersebut didalam pembuatan topi rajut tidak akan berdampak negatif apapun, hanya saja cara merawatnya yang berbeda-beda.

Cara Mencuci Topi Rajut

Biasanya saat membeli pakaian berbahan rajut seperti sweater, terdapat label yang bertuliskan “dry clean only” dimana pakaian tersebut harus dicuci menggunakan teknik dry clean yang merupakan teknik mencuci pakaian tanpa melibatkan air, dan hal tersebut juga berlaku pada topi rajut karna serat bahan topi rajut yang mudah menyerap air dapat membuat topi rajut menjadi mengembang besar melebihi ukuran normalnya dan tidak akan kembali ke bentuk semula setelah kering. Alternatif lainnya jika ingin mencuci topi rajut tanpa menggunakan mesin cuci atau ke tempat dry cleaning, kamu bisa menuangkan cairan khusus pembersih noda pada kotoran yang menempel pada topi rajut dan tunggu hingga kering. Hindari menuangkannya secara langsung pada topi rajut, sehingga tuangkan sedikit pada jari tangan, kemudian oleskan pada kotoran yang menempel. Mencuci topi rajut tidak boleh disikat atau digosok karna akan merusak tekstur permukaan dari topi rajut.