Hasil Pencarian:

Sogan

Batik Sogan merupakan salah satu jenis batik yang identik dengan daerah kraton Jawa, yaitu Yogyakarta dan Solo. Sogan biasanya didominasi oleh warna dasar gelap dan kalem seperti cokelat. Perbedaan antara Sogan Yogya dan Sogan Solo terletak pada kombinasi warnanya. Sogan Yogya dominan berwarna coklat tua-kehitaman dan putih, sedangkan Solo lebih condong coklat-orange dan coklat.

Motif dari varian ini, biasanya memang sudah pakem mengikuti corak klasik khas kraton. Namun hal ini sama sekali tidak mengurangi antusiasme para pecintanya. Malah motif kraton inilah yang membuatnya banyak diminati tanpa mengenal musim.

Dimana tempat membeli Dress Batik Sogan?

Perkembangan fashion membuat batik Sogan banyak dijadikan sebagai bahan dasar pembuat pakaian. Baik itu hem formal pria ataupun dress wanita dengan berbagai pilihan model dan variasi. Kamu bisa menemukan batik sejenis di berbagai toko pakaian offline maupun online. Namun, banyaknya pilihan terkadang bukannya malah memudahkan. Alhasil, kamu harus pandai-pandai dalam memilih. Dimana tempat/toko tersebut tidak hanya terpercaya, murah, tapi juga berkualitas.

Qlapa hadir ibarat sebuah paket lengkap super panas guna memenuhi kriteria tersebut. Situs web mall online (marketplace) yang menawarkan produk-produk handmade pengrajin terbaik Indonesia. Harganya pun sangat terjangkau karena barang dibeli langsung dari tangan pengerajin.

Kamu juga bisa melakukan modifikasi batik pesananmu dengan fitur pre-order yg telah disediakan. Sedangkan untuk pembayarannya, Qlapa sudah menggunakan sistem terotomatisasi dengan rekening bersama. Jadi, uang hanya baru akan diterima penjual setelah barang telah sampai di tangan pembeli.

Cara merawat baju batik sogan solo supaya tetap bagus

Untuk menjaga baju atau dress batik sogan kesayanganmu tetap awet, perlu penangan khusus dalam perawatan. Simak beberapa tips dibawah ini:

  1. Gunakan sabun pencuci khusus kain batik, banyak dijual di pasaran. Jika tidak, kamu bisa menggunakan shampo yang dilarutkan ke dalam air.
  2. Kain batik juga bisa dicuci menggunakan buah Lerak yg sudah direndam air hangat sebelumnya. Remas-remas buah Lerak hingga mengeluarkan busa, kemudian imbuhkan air secukupnya. Barulah rendam kain kedalam cairan. Aroma buah Lerak dapat mencegah munculnya hewan-hewan kecil yang dapat merusak material kain.
  3. Jangan mencuci kain menggunakan deterjen apalagi disikat. Bila kain tidak terlalu kotor, cukup direndam dengan air hangat. Bila kain benar-benar kotor seperti terkena noda makanan, cobalah gosok perlahan pada area noda menggunakan sabun mandi atau kulit jeruk.
  4. Hindarkan penggunaan mesin untuk mencuci kain.
  5. Ketika hendak menjemur, usahakan jangan memerasnya. Biarkan basah lalu jemur ditempat teduh atau diangin-anginkan saja.
  6. Gunakan kain pelapis diatas batik yg sudah disemprot air ketika hendak menyeterikanya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontak langsung antara kain dengan panas setrika.
  7. Apabila kamu ingin menggunakan pewangi setrika, alangkah baiknya semprotkan pewangi tersebut diatas kain/koran pelapisnya.
  8. Hindari pula penggunaan minyak wangi atau parfum secara langsung pada kain.
  9. Simpan batik kesayanganmu di dalam plastik agar tidak dimakan ngengat. Kemudian di dalam lemari, jangan sekali-kali menggunakan kapur barus. Karena kapur barus memiliki kandungan bahan kimia yg dapat merusak kain.

Ilustrasi Batik Sogan terbaru

Bak sebuah toko serba ada, kamu akan ditawarkan dengan berbagai macam pilihan model pakaian berbahan batik. Seperti:

  • Kemeja formal,
  • dress,
  • blazzer,
  • serta berbagai atasan dan jenis terusan lainnya.

Bahkan, ada pula aksesoris tambahan seperti tas, dompet, hiasan gantung, dan lain sebagainya. Cukup ketikkan keyword yang ingin kamu cari pada kolom pencarian.

Setiap halaman disertai beberapa foto berikut deskripsi lengkap terkait produk tersebut. Foto-foto dan deskripsi ini untuk memudahkanmu dalam menentukan keputusan. Terdapat pula ulasan produk sogan dari pembelian sebelumnya. Jadi tak perlu khawatir lagi dress atau kemeja pilihanmu tidak sesuai keterangan atau ukurannya kebesaran ketika sampai di tangan.

Keunggulan membeli batik sogan modern

Sebagai pelopor marketplace produk handmade asli Indonesia, seluruh item Qlapa telah melalui proses kurasi ketat dengan standart tinggi sebelum dijual. Para pengrajin di Qlapa pun selalu dituntut untuk terus berinovasi mengikuti perkembangan fashion terkini. Termasuk model untuk baju batik sogan. Hal ini bertujuan untuk membuat koleksi produk yang ada di Qlapa tetap sesuai dengan permintaan pasar. Jadi urusan kualitas, sudah tidak perlu diragukan lagi rasanya.

Kemudian yg membuat Qlapa istimewa dari toko online lainnya ialah keunikan produknya. Karena dibuat langsung oleh para pengerajin handal, serta bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Sehingga kamu tidak akan menemukan produk serupa ditempat selain Qlapa. Seakan-akan barang pilihanmu adalah barang yang dibuat khusus hanya untukmu.

Kenapa batik sogan motif sangat unik?

Asal mula nama Batik Sogan berasal dari proses pewarnaan kain yang masih menggunakan pewarna alami dari batang kayu pohon soga tingi (Peltophorum pterocarpum). Kayu ini menghasilkan warna coklat khas yg juga menjadi ciri varian jenis sogan.

Proses produksi sogan dilakukan dengan mengkombinasikan teknik cap dan tulis. Kombinasi proses tradisional ini bertujuan untuk mempertajam detail motif dan wara, sekaligus mempercepat proses perintangan.

Coba bayangkan, bila pakaianmu dibuat secara satu-persatu langsung oleh pengerajin batiknya. Bisa dipermak sedemikian rupa sesuai keinginan kita. Dengan harga yang terjangkau pula. Ya, itu semua hanya bisa kamu dapatkan di Qlapa. Tunggu apalagi? Yuk buruan kepoin Qlapa.com sekarang juga.