Hasil Pencarian:

Rok Lilit

Rok lilit batik paling pas dipakai buat menghadiri acara formal. Kamu seringkali malas memakainya karena ribet? Tenang... Qlapa akan kasih kamu tips mudah menggunakan kain lilit. Bahkan kamu bisa langsung melilitnya sekalipun tanpa dijahit. Simak juga tips merawat dan mengombinasikannya bersama baju batik. Serta rekomendasi tempat beli Rok.

Referensi Rok Lilit Terbaru 2017 dari Qlapa

Masih bimbang memilih rok lilit yang sesuai seleramu? Kali ini Qlapa akan merekomendasikan produk yang cocok buatmu. Kamu bisa pilih berdasarkan ukuran atau materialnya.

  1. Panjang 62cm. Produk ini memiliki lingkar pinggang 100cm. Bermotif batik tulis dengan bahan katun halus. Modelnya menggunakan tali sehingga mudah dipakainya. Rok ini cantik saat bersama kebaya, t-shirt ataupun blus. Tergantung situasi acara yang akan kamu hadiri.
  2. Panjang 70cm. Lingkar pinggang berukuran 74-76cm. Sedangkan, lingkar panggulnya 94-102cm. Terbuat dari 100% katun bermotif batik tulis Madura. Rok ini memang tidak dilengkapi furing karena tidak menerawang. Dibagian belakang terdapat resleting.
  3. Panjang 101cm dengan lingkar pinggang 149cm. Item terbuat dari tenun. Sangat mudah dipakai, cukup diikat dan disesuaikan ukurannya (hingga XL). Hasil akhir menampakkan model lurus atau span.
  4. Panjang 200cm. Pemakainnya dengan cara dililit manual. Berbahan 100% katun bermotif batik. Kainnya dipotong secara regular. Supaya tetap awet, gunakan detergen yang ringan dan jangan direndam terlalu lama. Hindari penggunaan cairan pemutih. Dan saat menyetrika, gunakan suhu rendah.

Bagaimana memakai rok lilit Instan?

Caranya sangat mudah. Kamu bisa pilih salah satu dari dua teknik berikut:

Menggunakan ring. Ring berguna untuk memudahkanmu dalam mengikatkan kain rok. Tahapannya, pertama masukkan kedua ujung ke dalam ring. Letakkan ring tepat di depan perut. Selanjutnya, lilit kan kain sebelah kiri hingga ikatannya kencang dan nyaman. Lalu ikatkan kedua ujung agar tidak lepas saat dipakai.

Model rok draperi. Jika tidak ada ring, kamu bisa pakai model draperi. Caranya lebih gampang. Pertama-tama pegang bagian ujung lalu lilit kan kain di pinggang. Ujung kain jangan tertutup karena akan kita ikatkan dengan ujung lain dibagian akhir. Kemudian pelintir atau bentuk gulungan tali kecil diujung satunya. Kemudian, tarik tali mengelilingi pinggang dan ikatkan dengan ujung pertama. Maka, dibagian depan akan terbentuk draperi atau gelombang.

Supaya rok lilit batik tetap awet, bagaimana cara merawatnya?

Rok lilit batik memang harus apik saat merawatnya ya. Kalau tidak, Rok ini akan cepat pudar warnanya. Ikuti tips merawat batik berikut, agar batik kesayanganmu bisa tahan lama.

Gunakan sabun pencuci khusus atau sampo saat mencuci rok tersebut. Caranya larutkan sampo ke dalam seember air sampai tidak ada lagi sampo yang menggumpal. Lalu celupkan kain ke dalamnya. Sebaiknya jangan digosok atau menggunakan mesin cuci. Terlebih jika tidak terlalu kotor, cukup direndam di air hangat saja. Jika terdapat noda membandel, gunakan sabun mandi atau kulit jeruk. Kamu juga bisa menggunakan buah lerek dan daun tanaman dilem. Keduanya bisa mempertahankan kekuatan serat dan warna asli batik

Saat menjemur, jangan memeras pakaian lilit tersebut terlalu kuat. Hindari juga dari sinar matahari langsung. Cukup diangin-anginkan saja, agar warnanya tidak pudar. Saat menjemurnya, tarik bagian ujung agar bagian yang terlipat kembali rapi.

Saat menyetrika, jangan biarkan setrika langsung menyentuh kain rok. Jika terlihat sangat kusut, percikkan sedikit air. Lalu, lapisi kertas sebelum disetrika. Untuk menambahkan pewangi, simpan koran diatas batik tulis. Kemudian semprotkan pewangi dan tempelkan setrika diatas koran tersebut. Begitu juga saat pemakaian parfum. Jangan semprotkan parfum terutama pada batik sutra dengan pewarna alami.

Simpanlah di tempat kering dan lapisi dengan plastik agar tidak terkena ngengat. Jangan beri kapur barus ya, karena sifatnya keras dan mudah merusak lilit kain. Untuk mengakalinya, gunakan merica yang dibungkus tisu. Akar wangi juga bisa digunakan, syaratnya telah melewati pencelupan di air panas sebanyak dua kali kemudian dijemur.

Dimana membeli rok lilit batik online?

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan membeli rok lilit batik di Qlapa. Produknya sudah bisa dipastikan original dan branded. Karena Qlapa hanya bekerja sama dengan produsen atau pengrajin lokal.

Saat ini, media sosial dan marketplace memang menjadi tempat berjual beli. Tetapi disana para pengrajin besaing bersama produsen yang memproduksi produk secara masal. Tentunya, berbeda dengan Qlapa yang menjadi lapak khusus para pengrajin untuk memasarkan produk mereka. Di Qlapa ada banyak rok batik ditawarkan dengan harga bersahabat. Tunggu apa lagi, pesan produk kecenganmu sekarang!

Memadukan rok lilit batik kebaya untuk pesta

Penggunaan Rok lilit batik di acara formal kini sedang ngehits karena corak batik memberikan kesan resmi. Fungsinya sendiri sebagai bawahan atau rok. Karena bentuknya kain tanpa jahitan kemudian cukup di lilit kan, jadi kamu bebas untuk berkreasi. Untuk atasannya, kamu tidak harus memakai kebaya. Saat ini banyak yang memilih blouse sebagai atasan. Jika kamu masih belum tahu bagaimana memadankannya, inilah referensi dari qlapa:

  • Pilihlah atasan polos untuk mengimbangi rok batik bercorak. Jenis atasannya bisa berupa atasan peplum panjang atau batwing. Atasan batwing cocok dipadankan dengan kain yang menyempit dibagian bawah.
  • Perpaduan atasan renda juga cocok dipakai untuk ke pesta, wisuda atau lamaran. Dua hal tersebut akan membuatmu tampil lebih feminim. Jika ingin tampil wah di acara istimewa, gunakan aksesoris kalung.
  • Pilihlah kalung berwarna gold yang panjangnya hingga ke dada. Penampilanmu akan terlihat lebih mewah.
  • Jika kamu berhijab, pilihlah hijab berwarna mengkilap. Misalnya kerudung berbahan satin atau kerudung organza yang sedang naik daun.