Hasil Pencarian:

Kursi Goyang

Memilih Kursi Goyang Untuk Teman Bersantai Anda

Kursi goyang atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Rocking Chair sudah lama dikenal sebagai tempat duduk untuk bersantai. Dulu, kursi jenis ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai tempat duduk santai kakek, nenek, atau orang tua yang sudah berusia lanjut. Namun, tren tersebut sudah mulai bergeser, tempat duduk yang disebut kursi malas ini, juga disukai oleh semua tingkatan umur. Bahkan menjadi alternatif bersantai setelah lelah seharian beraktivitas.

Selain sebagai sarana bersantai di rumah, kursi goyang menjadi salah satu elemen interior yang juga banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha atau pemilik cottage, bungalo, vila, dan rumah istirahat lainnya. Dipaoyangdukan dengan suasana asri pegunungan, pantai, atau pemandangan alami lainnya, kursi jenis ini bisa menjadi tempat penghilang penat.

Saat ini kursi goyang tersedia dalam banyak variasi. Model-model terbaru sedikit banyak menghilangkan kesan kuno yang selama ini melekat.

Kisaran Harga Kursi Goyang

Harga kursi goyang banyak dipengaruhi oleh bahan, kualitas, dan ukurannya. Material yang sering dipakai untuk membuat kursi malas biasanya berasal dari rotan dan kayu jati. Semakin baik bahan yang dipakai, semakin baik juga kualitasnya karena memengaruhi daya tahan dan tampilannya. Adapun ukurannya biasanya dibedakan menjadi ukuran untuk anak-anak dan untuk orang dewasa.

Kursi malas untuk dewasa biasanya dijual dengan harga di atas Rp600.000, sementara untuk anak-anak dibanderol mulai dari Rp150.000. Kursi untuk anak agak jarang diminati karena memang sifat dari anak kecil yang lebih senang bermain berlarian dan tidak berdiam diri. Oleh karena itu, beberapa pengrajin memodifikasinya menjadi berbagai bentuk, seperti misalnya kuda-kudaan. Tanpa menghilangkan bentuk dan fungsinya, modifikasi ini dimaksudkan juga untuk meningkatkan harga jualnya.

Macam-macam Bahan Dasar Untuk Kursi Goyang Kayu

Kursi goyang kayu merupakan jenis yang paling banyak dijumpai di pasaran. Selain karena sifat kayu jenis khususnya jenis tertentu yang tahan lama dan tahan tekanan untuk digoyangkan, kayu juga lebih murah sebagai bahan dasar produksi. Berikut ini adalah bahan dasar kayu yang paling sering dipakai untuk dijadikan kursi malas:

Kursi Goyang Rotan

Bagi pengrajin, rotan menjadi pilihan yang tepat untuk diolah menjadi berbagai macam kerajinan. Selain bahan bakunya mudah didapatkan, rotan juga mudah dibentuk dan diolah menjadi berbagai bentuk. Tidak hanya itu, dalam bentuk rangkaian tertentu, rotan juga cukup kuat untuk menopang beban yang berat.

Kursi goyang rotan banyak diminati oleh masyarakat golongan kelas menengah. Selain tidak semahal yang berbahan dasar kayu, kursi rotan ini juga cukup awet dan tidak cepat rusak sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Dan Tanpa mengesampingkan kesan artistiknya, kursi malas berbahan dasar rotan juga memiliki harga yang terjangkau.

Tidak hanya dalam bentuk standar, bahan rotan juga bisa dibentuk menjadi berbagai macam model seperti bentuk kuda, motor, atau ayunan sehingga bisa sekaligus menjadi mainan untuk anak-anak.

Kursi Goyang Jati

Kayu jati sudah dikenal luas sebagai bahan baku kayu berkualitas. Selain kuat dan tidak mudah patah, kayu jati juga tahan terhadap cuaca dan antirayap. Tidak hanya itu, serat kayunya yang khas membuat kayu ini begitu elegan diolah menjadi model apapun.

Dengan sedikit sentuhan, kayu jati bisa menjadi kursi malas yang tidak hanya tahan lama, namun juga bernilai seni tinggi. Terlebih jika ditambahkan ornamen atau ukiran-ukiran yang semakin mempertegas kecantikannya.

Kursi goyang jati sudah banyak dimiliki oleh bangsawan-bangsawan zaman dahulu. Selain karena kualitas kayu yang berkelas, ukiran kayu jati biasanya tidak sederhana sehingga banyak diminati oleh kalangan kelas atas.

Dibandingkan yang berbahan dasar rotan, kursi berbahan kayu jati dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal. Untuk desain yang sederhana, Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp500.000, sedangkan untuk model dengan ukiran yang rumit dan kualitas kayu jati yang tinggi, dijual dengan harga jutaan rupiah.

Kursi Goyang Model Terbaru

Sejatinya kursi malas dengan model klasik masih cukup diminati. Konsumen yang bertahan dengan model ini biasanya menjadikannya sebagai elemen dekorasi yang memunculkan kesan vintage.

Namun demikian, seiring dengan meningkatnya selera masyarakat akan desain-desain kontemporer, para pengrajin pun mulai memodifikasi dan menyesuaikan dengan permintaan pasar.

Beberapa model kursi malas terbaru banyak menggabungkan beberapa material untuk membuatnya semakin telihat modern dan praktis, seperti misalnya bahan fiber atau plastik. Dengan ukuran yang tidak seperti kursi malas pada umumnya. Model-model terbaru banyak yang dibuat tanpa kaki. Cocok untuk dipindah-pindah, dibawa-bawa dan diletakkan di depan televisi saat menonton bersama keluarga.

Anda Tertarik Memiliki Kursi Malas?

Jika Anda tertarik untuk membeli sebuah kursi malas, Panduan sederhana berikut bisa menjadi beberapa pertimbangan dalam membelinya.

  • Produk ini adalah dekorasi eksklusif. Anda tidak perlu memilikinya dalam jumlah banyak, cukup satu buah untuk satu rumah dan Anda bisa memakainya secara bergantian.
  • Kursi goyang terpisah menjadi dua pilihan utama, yaitu sebagai sarana untuk bersantai atau sebagai elemen dekorasi untuk menambah kesan tertentu pada ruangan vintage, klasik, atau tradisional. Pilihlah berdasarkan kebutuhan dan bujet yang Anda miliki.
  • Oleh karena fungsi utamanya adalah untuk bersantai, Anda perlu menghitung apakah kursi yang akan Anda beli mampu menopang berat badan Anda. Terlebih saat digoyangkan.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai kursi goyang. Jika Anda berminat untuk membelinya, silakan mengunjungi situs belanja Qlapa.com. Di laman tersebut Anda bisa menemukan berbagai produk kerajinan dan furnitur buatan pengusaha lokal tanah air dengan kualitas tinggi dan harga yang murah.