Hasil Pencarian:

Kain Tenun

Yuk Beli Kain Tenun di Qlapa.com

Kain tenun merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang harus kita lestarikan. Coraknya yang indah dan artistik membuat kain ini tersohor hingga ke mancanegara. Dulu, kehadiran karya tradisional ini dianggap kuno sehingga sering diabaikan. Namun ternyata bila dirancang dengan mode yang tepat, bisa menghasilkan busana yang memukau.

Jika Anda akan merayakan momen spesial dalam waktu dekat, misalnya Lebaran atau pesta pernikahan kerabat, tak ada salahnya menggunakan busana dari kain tenun. Selain bisa tampil lebih elegan dan berkelas, Anda juga turut melestarikan warisan budaya Indonesia. Di laman Qlapa.com, Anda bisa menemukan beragam motif dan warna dari berbagai daerah.

Tampil Cantik dengan Beli Kain Tenun Nusantara Aneka Macam

Hampir di seluruh pelosok Indonesia, Anda dapat menemukan pengrajin kain tenun lokal. Kain ini memiliki motif yang kaya, disesuaikan dengan ciri khas daerah penghasil. Beberapa di antaranya berasal dari:

  1. Timor

    Ciri khas dari bahan ini adalah penggunaan warna-warna latar yang gelap. Anda bisa tampil cantik di acara formal dengan menggunakan produk yang motifnya banyak terinspirasi dari kebudayaan Portugis itu.

  2. Sumba

    Anda bisa tampil cantik dengan beli kain tenun Sumba kemudian menjahitnya jadi gaun. Bila ingin memakai gaun bermotif unik dan rumit, Anda bisa memilih yang berasal dari Sumba Timur. Adapun yang berasal dari Sumba Barat, meskipun memiliki motif sederhana, bisa membuat tampilan lebih elegan.

  3. Buton

    Motif dari bahan ini sangat beragam dan menggambarkan alam di sekitar masyarakat penenun. Misalnya, motif Betano Walona Koncuapa, terinspirasi dari warna abu halus dari hasil pembakaran semak saat membuka ladang. Pusat kerajinan produk ini berada di Pulau Buton dan mudah ditemukan di Kota Baubau.

  4. Sambas

    Ciri yang paling menonjol dari bahan ini adalah motif pucuk rebung pada hasil produknya. Penggunaan motif ini dimaksudkan agar yang memakainya terus bergerak maju dan senantiasa berpikiran lurus. Biasanya motif pada produk menggunakan benang emas agar tampak menonjol.

Bagaimana Sejarah Tenun di Indonesia?

Kerajinan jenis ini diperkirakan telah muncul sejak zaman neolitikum. Perkiraan tersebut diperkuat dengan penemuan beberapa benda prasejarah, seperti cap dan alat penenun di beberapa wilayah. Dalam prasasti Jawa kuno juga ditemukan istilah yang memberikan gambaran mengenai proses penenunan masa silam.

Dalam perkembangannya, budaya menenun di Indonesia banyak dipengaruhi oleh budaya negara asing yang melakukan perdagangan bebas pada masa silam, seperti Persia, Cina, serta Eropa. Ciri khas yang berkembang pada masing-masing daerah telah mengalami proses penyesuaian dengan budaya setempat.

Jenis-jenis Tenun di Qlapa.com

Sebagai situs belanja online yang ikut melestarikan kekayaan Indonesia, Qlapa.com juga menjual beberapa jenis kain tenun yang memiliki kualitas terjamin. Anda bisa menjumpai produk dari Pulau Ende dengan warna-warna ceria di TenunKaka17 dan Tenun Bang Koko. Beberapa toko seperti Kencana Tenun, Sullies Tenun Batik juga menghadirkan produk antik dari beberapa daerah.

Sementara itu, produk dari Toraja, Timor, dan Sumba, dapat Anda jumpai di Bateq Nora, Nikassei Store dan Tenun Timor. Anda juga bisa mendapatkan bahan kerajinan dari daerah Sengkang di situs kami.

Sebelum Beli Kain Tenun NTT, Kenali Motif - Motifnya

Produk kain tenun tradisional NTT ini memiliki popularitas yang telah mendunia. Motif yang menghiasi bahan dari daerah NTT sangat beragam dan memiliki makna berbeda satu dengan lainnya. Beberapa motif yang harus Anda ketahui antara lain:

  • Motif Flora

    Motif ini lebih menonjokan aksen tumbuhan. Biasanya kain jenis ini banyak digemari oleh kaum perempuan karena memberi kesan lembut dan tenang. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk digunakan kaum pria.

  • Motif Geometri

    Dalam produksi asal NTT, motif geometri dibuat berbentuk kerucut, segitiga, atau jajaran genjang. Garis-garis tegas dalam gambaran motif mengandung harapan agar si pemakai memiliki sikap yang tegas pula.

  • Motif Zoomorpic

    Bagi sang pencinta hewan, motif ini pasti menarik hati. Pasalnya, tampilan hewan menjadi bintang utama di kain. Anda bisa memilih mulai dari motif binatang melata hingga unggas.

Cara Merawat Kain Tenun Bali Agar Awet

Beli Kain tenun Bali yang asli, karena dikerjakan menggunakan tangan serta pewarna alami. Bila produk yang Anda pakai kotor, jangan dicuci menggunakan sikat atau mesin. Cukup dicelup menggunakan detergen sebentar saja, lalu bilas. Selanjutnya, angkat bahan dan angin-anginkan hingga kering. Saat penjemuran, hindari kontak langsung dengan sinar matahari karena akan membuat warnanya pudar.

Bila ingin menyetrikanya, pastikan kain dalam keadaan benar-benar kering. Menyetrika dalam keadaan basah dapat membuat serat kain tenun tertempel pada setrika hingga membuatnya rusak.

Karena keindahannya, tak ada salahnya mengoleksi bahan ini di lemari Anda. Menjelang momen spesial, Anda dapat menggunakannya agar tampil lebih memukau. Ayo, lengkapi koleksi Anda dengan berbelanja di Qlapa.com.