Hasil Pencarian:

Kain Songket

Beli Kain Songket Sempurnakan Tampilan Etnikmu

Kain songket kini semakin populer. Banyak perancang Indonesia berhasil meramu tampilan bahan tersebut sehingga tampak lebih modern. Di kalangan perempuan muda, minat terhadap kain ini juga mulai meningkat sejak dipopulerkan oleh beberapa fesyen blogger dimedia sosial.

Bila ingin tampil etnik dan glamor, tak ada salahnya memadukan songket dgn bahan pakaian lainnya. Dengan desain tepat, predikat kuno tradisional pun perlahan menghilang. Melalui tangan dingin pengrajin lokal, lahirlah desain kreatif kekinian. Tentunya Kamu akan tampil lebih stylish saat memakai songket sebagai salah satu budaya kita.

Cari Tempat Jual Kain Songket Online? Qlapa.com Saja

Berbelanja produk secara online telah menjadi cara yang dipilih oleh konsumen masa kini. Ketika melakukan belanja online, tentu pilihan item lebih banyak dibandingkan berbelanja di toko offline. Berbelanja online cocok jika Kamu memiliki kesibukan segudang karena bisa dilakukan dimana pun, kapan pun.

Qlapa.com hadir sebagai situs belanja online tepercaya yang menjawab berbagai kebutuhan. Barang-barang disini telah melewati proses kurasi ketat dari tim kami sehingga terjamin kualitasnya. Bila Kamu bermaksud beli kain songket berkualitas, banyak toko menyediakannya seperti Kencana Tenun, Hoota, Tenun 5758, dan Tenun Bang Koko.

Macam-macam Kain Songket yang Harus Anda Ketahui

Songket merupakan hasil tenun khas Indonesia, awalnya ditemukan di hampir seluruh penjuru negeri. Bahan tradisional ini memiliki beragam jenis motif. Biasanya penyebutan nama berdasarkan daerah asal. Beberapa yang terkenal antara lain:

  1. Palembang

    Kain khas Palembang ini ditenun menggunakan benang emas, prosesnya memakan waktu hingga tiga bulan. Memang sering diklaim, songket palembang memiliki kualitas lebih baik bila dibandingkan jenis lainnya. Tak heran bila harganya di atas rata-rata. Motif yang dimiliki antara lain Lepus, Tawur, Bungo Pacik, dan Limar.

  2. Lombok

    Songket Lombok memiliki warna dan motif lebih ceria dibandingkan dgn produk songket dari daerah lainnya. Pasalnya, tenunan satu ini menggunakan benang katun warna-warni. Sebab itulah muncul motif berkesan ceria dari hasil kerajinan lombok. Motif yang dimiliki mulai dari Subahnale, Keker, Nanas, Bulan Berkurung, serta Pucuk Rebung.

  3. Bali

    Motif kain asal Pulau Dewata ini dibuat menggunakan benang sutra, didominasi warna kuning, merah marun, dan ungu. Selain itu, masih ada perpaduan benang emas yang menambah kesan mewah. Dari warna tersebut kesan yg muncul adalah mewah serta elegan.

  4. Baron

    Ciri khas hasil produksi Baron Jepara memiliki warna dasar cenderung gelap, seperti biru, cokelat, dan hitam. Kain ini dibuat menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) sehingga prosesnya tergolong rumit. Oleh sebab itu, dapat dipastikan dihasilkan juga kain unik asli budaya Indonesia. Jauh lebih berkelas dibandingkan kain buatan pabrik secara masal.

Kisaran Harga untuk Beli Kain Songket

Beli kain songket tradisional disini cukup terjangkau karena kami bekerja sama langsung dengan para pengrajin lokal. Misalnya, songket Baron karya Kencana Tenun, Tenun Bang Koko, dan Tenun5758. Ditawarkan mulai dari Rp150.000 hingga Rp275.000, tergantung motif serta ukuran kain. Semakin kaya warna pada kain, biasanya harga akan semakin tinggi. Cukup sesuaikan budget serta seleramu.

Songket Sidemen Bali juga tak kalah menggoda. Kamu bisa mendapatkan dua pasang kain ukuran 50 cm x 175 cm buatan Bali Ayu Craft harga Rp1.375.000. Songket Lombok yang bermotif ceria juga dapat menjadi koleksi. Dengan harga mulai dari Rp175.000 hingga Rp666.000, Anda bisa mendapatkannya di toko Songket Rangrang Lombok Art Shop 009. Sementara itu, bagi pencinta produksi dari Taruntung, toko Hoota menawarkan beberapa pilihan mulai harga Rp1.900.000 hingga Rp2.400.000.

Sebelum Beli Kain Songket - Kenali Ragam Motif Beserta Maknanya

Motif kain terkenal hingga mancanegara ini sangat beragam dan jumlahnya mencapai ratusan. Bentuk motif biasanya disesuaikan dg tempat asal produksinya. Beberapa motif terkenal antara lain:

  • Bunga tanjung, melambangkan sikap ramah-tamah milik mereka sebagai pemakainya.
  • Bunga melati, melambangkan sopan santun, kesucian serta keagungan.
  • Pucuk rebung mengandung harapan agar pemiliknya memiliki karakter tangguh seperti rebung, dan tidak mudah tumbang meskipun angin kencang menerpa.
  • Subahnale diambil dari kata Subhanallah, menandakan ungkapan syukur berserah kepada Tuhan.
  • Burung Merak memiliki arti keindahan abadi. Karena bulu burung merak memiliki keindahan tiada tara dalam berbagai warna warni unik.
  • Nanas tercipta dari latar belakang masyarakat Lombok yg menanam pohon nanas untuk penghasilan tambahan. Atas latar belakang pekerjaan masyarakat, terlahirlah motif dari buah nanas.

Sebelum Beli Kain Songket Yuk Ketahui Cara Merawatnya agar Tetap Awet

Kain songket tenun memiliki tekstur berbeda dibanding bahan lainnya. Sungguh sayang bila motif nan indah menjadi rusak karena proses perawatan yg keliru. Oleh karena itu, diperlukan teknik perawatan khusus.

Hal pertama, harus diingat bahwa jenis kain ini tidak perlu dicuci karena akan membuat hasil tenunnya rusak. Bila terkena keringat saat dipakai, cukup angin-anginkan di tempat teduh. Hindari menjemurnya langsung dibawah sinar matahari karena akan membuat warnanya pudar.

Untuk penyimpanan, gulung menggunakan kertas bebas asam. Selanjutnya, simpan dalam lemari bebas rayap kutu. Hindari menyemprotkan parfum secara langsung karena komponen kimia parfum bisa membuat warna bahan menjadi lebih gelap.

Sebagai orang Indonesia, tak ada salahnya kita mengoleksi kerajinan asli Indonesia untuk turut memelihara kekayaan bangsa. Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan produk karya anak bangsa.