Hasil Pencarian:

Kain Batik Solo

Kain Batik Solo, Produk Handmade Langsung dari Pengrajin Lokal

Batik Solo dari Indonesia memang sudah tidak perlu diragukan lagi ketenarannya. Tidak hanya di Indonesia saja, di mancanegara batik juga sudah dikenal secara luas. Tertarik untuk memilikinya? Jelajahi halaman qlapa, temukan pilihan terbaik sesuai selera ataupun budget Anda. Dijamin Asli, langsung dari pengrajin kota solo.

Ada berbagai macam motif dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu yang cukup terkenal dan memiliki corak beragam adalah batik dari kota Solo. Di Qlapa.com, kami memiliki berbagai model serta warna yang bisa dipilih sesuai selera.

Perbedaan Kain Batik Tulis Solo dan Cap

Mungkin Kamu sering mendengar kain batik tulis dan cap, tapi tidak mengetahui apa perbedaannya. Nah, untuk mengerti lebih lanjut, Anda perlu mengetahui perbedaan antara batik tulis dan cap.

Ditinjau dari segi motif, batik tulis solo memiliki corak nan berbeda antara satu kain dan lainnya. Hal ini dikarenakan jenis tulis dikerjakan secara manual sama seperti melukis. Kerajinan tersebut diklaim lebih awet dibandingkan model lainnya. Sementara itu, metode cap memiliki pola yang lebih konsisten jika dibandingkan dengan teknik tulis. Warnanya juga tampak lebih mengilap dan merata pada kedua sisi.

Mau Memilih Kain Batik solo Terbaru? Kenali Dulu Beragam Motifnya!

Ada beberapa motif batik Solo yang perlu Anda tahu sebelum membelinya. Berikut ini daftarnya.

  • Kawung, Nama batik kawung diambil karena motifnya berbentuk bulat agak lonjong menyerupai kawung (sejenis buah kelapa).
  • Parang, berbentuk susunan huruf S yang saling berkaitan dari tinggi ke rendah dan membentuk garis-garis diagonal. Oleh karena itulah, nama Parang berasal dari kata pereng yang berarti lereng.
  • Truntum, berasal dari istilah teruntum-tuntum yang berarti tumbuh lagi. Kain motif ini biasa dipakai oleh para orang tua saat acara pernikahan anaknya dengan harapan bisa menjadi panutan nan baik.
  • Sidomukti, sangat populer dan mudah sekali ditemukan. Biasanya, motif ini digunakan para mempelai pengantin saat melangsungkan pernikahan solo menggunakan adat Jawa.
  • Satrio Manah, Motif ini sangat cocok dikenakan saat prosesi lamaran. Biasanya, dikenakan calon mempelai pria dan walinya. Corak satrio manah melambangkan seorang ksatria yang sedang memanah hati seorang wanita.
  • Semen Rante, Tidak hanya mempelai pria saja, calon mempelai wanita juga mempunyai corak tersendiri, yaitu semen rate.
  • Sawat, dulunya dipakai oleh keluarga kerajaan solo karena dianggap sakral. Motif kainnya berbentuk sayap menyerupai burung garuda dan dimaknai sebagai simbol kekuatan serta kekuasaan sang raja.

Tips Beli Batik Solo Grosir

Apabila tertarik untuk membeli, Anda bisa membelinya secara satuan, atau jika ingin lebih murah, Anda bisa membelinya secara grosir. Kebanyakan dari Anda mungkin masih bingung cara memilih kain batik Solo yang bagus dan berkualitas. Berikut ini ada beberapa tipsnya.

  1. Sebelum membeli, sebaiknya tentukan jenisnya terlebih dahulu, apakah beli batik tulis atau cap. Biasanya, jenis tulis memiliki kualitas lebih baik jika dibandingkan teknik cap.
  2. Jangan lupa untuk memerhatikan jenis bahan kain. Untuk pemakaian sehari-hari pilihlah kerajinan berbahan katun karena mudah menyerap keringat, sedangkan untuk acara spesial, bahan sutera bisa menjadi pilihan tepat.
  3. Rabalah warna cat pada kain. Pastikan tidak ada warna menempel di tangan. Apabila warna cat berbekas pada tangan, maka bisa dipastikan kualitas warnanya rendah.
  4. Cobalah untuk membalik bahan tersebut. Produk berkualitas biasanya memiliki cetakan luar dan dalam yang sama, baik motif maupun warnanya.
  5. Perihal terpenting, cobalah untuk menempelkan ke kulit. Apabila terasa dingin saat dikenakan, artinya bahan batik tersebut berkualitas baik. Selain itu, Kamu juga tidak perlu takut dengan kain yang tampak kaku, karena hal tersebut sering terjadi dan akan melunak sendirinya setelah dicuci.

Dengan mengetahui tips membeli produk berkualitas, maka kamu tak perlu lagi kebingungan, bukan?

Modisnya Kain Batik Solo Modern untuk Acara Formal dan Santai

Beli Batik Solo saja, karena memiliki motif amat beragam, mulai dari yang klasik hingga modern sehingga bisa dikenakan untuk sehari-hari, atau bahkan untuk menghadiri acara formal. Tersedia disini aneka desain terbaru, langsung dari pengrajin lokal. Jelajahi halaman qlapa, temukan model terbaik sesuai seleramu.

Untuk acara formal, Anda bisa memilih terusan untuk wanita dan kemeja batik untuk pria. Model kain batik modern dengan material berkualitas tentunya akan membuat Anda tampil lebih percaya diri dan nyaman sepanjang hari.

Beli Kain Batik Solo Murah

Sekarang ini, kerajinan tradisional Indonesia batik solo sudah diproduksi dan dijual dengan beragam model hingga warna. Untuk membelinya tentu memerlukan banyak pertimbangan, mulai dari jenis kain, bahan, motif, ukuran, sampai harga.

Jangan khawatir mengenai harganya, tidak semua produk dijual dalam harga mahal, di Qlapa.com, Kamu dapat beli batik berkualitas dalam harga terjangkau. Kenapa bisa demikian? Seluruh seller qlapa merupakan pengrajin langsung. Sehingga pembeli memperoleh barang langsung dari tangan pertama. Disisi lain, hal ini sangat menguntungkan bagi pengrajin lokal. Dikarenakan mereka bisa menjangkau pembeli secara langsung tanpa harus melalui tengkulak. 

Jual kain batik Solo meteran murah

Tidak hanya dalam bentuk pakaian jadi, Anda juga bisa beli kain batik Solo meteran di Qlapa.com. Kamu bisa mengolahnya menjadi kemeja, dress, rok, atau lainnya. Tentu saja, kain meteran ini lebih disarankan untuk yang ingin memakai batik berdesain unik karena dikreasikan sendiri.

Harga yang ditawarkan untuk dalam meteran pun cukup bervariasi. Ada harga, ada kualitas. Semakin mahal harga tersebut, maka semakin bagus kualitasnya sehingga keawetannya pun lebih terjamin.