Hasil Pencarian:

Kain Batik

Beli Kain Batik ASLI, Langsung dari Pengrajin Lokal!

Batik memang semakin tren di kalangan masyarakat. Hal ini tak lain berkat semakin berkembangnya industri kerajinan, alhasil mereka terus berinovasi mengolahnya menjadi berbagai produk fesyen buat masyarakat, baik lokal maupun mancanegara.

Saat ini tidak sulit mencari toko-toko penjual batik dalam berbagai jenis motif ataupun bahan. Namun, jika Kamu malas beranjak ke mana-mana, Anda dapat mencari berbagai macam koleksi secara online disini.

Ada banyak sekali varian guna Anda temukan di Qlapa. agar tidak bingung memilih kain tradisional Indonesia tersebut, ikuti dulu ulasan berikut:

Perbedaan Kain Batik Tulis

Tidak hanya memiliki motif beragam, teknik pembuatan batik juga berbeda-beda, seperti tulis, cap, hingga printing atau sablon. Batik tulis terbilang unggul dibandingkan lainnya karena proses pembuatannya murni menggunakan tangan.

Pembuatan teknik tulis memakan waktu lama dibandingkan pembuatan metode cap atau printing. Hal itu dikarenakan proses produksi harus dilakukan satu per satu sehingga tidak dapat dilakukan secara kolektif dalam waktu bersamaan. Hal inilah salah satu alasan kenapa teknik tulis bernilai seni tinggi serta dibanderol dalam harga mahal.

Beli Kain Batik Madura

Pada dasarnya, kerajinan batik memiliki ciri khas motif dari daerah asalnya masing-masing. Salah satunya adalah kota Madura. Kain batik Madura cukup diminati karena memiliki keunikan tersendiri dibandingkan daerah lainnya.

Terdapat 2 jenis motif utama, yaitu pesisiran memiliki motif warna berani, serta motif garis-garis dominan yang tersaji dalam satu desain. Setiap desain dari Madura tentu tidak dibuat sembarangan. Ada cerita juga filosofi yang disampaikan untuk merepresentasikan kehidupan masyarakatnya.

Salah satu corak paling sering dicari adalah Gentongan (berasal dari proses pembuatan menggunakan gentong atau gerabah). Proses pewarnaan untuk corak gentongan tergolong lama yaitu sekitar 3 hingga 6 bulan.

Beli Kain Batik Pekalongan

Tak hanya Madura saja, Pekalongan juga memiliki batik bermotif unik serta tak bisa diremehkan. Motif kerajinan kota pekalongan sendiri sangat bebas dan menarik, meskipun beberapa diantaranya memiliki kesamaan dengan motif dari kota Solo atau Yogyakarta.

Namun, apabila dibandingkan dengan pesisir lainnya, kain batik Pekalongan sangat dipengaruhi oleh pendatang kerutunan Belanda atau Cina. Salah satu motif paling populer adalah motif Jlamprang.

Saat ini, desain kota Pekalongan hadir dengan corak serta bahan yang semakin bagus dari tahun ke tahun. Ditambah lagi, warna desainnya terlihat elegan sehingga sangat cocok dikenakan untuk menghadiri acara formal. Banyak jenis bahan kain dalam pembuatan batik Pekalongan, seperti sunwash, sutra, hingga bahan katun.

Beli Kain Batik Jogja

Motif kain batik Jogja adalah salah satu jenis batik nan terkenal di Indonesia karena memiliki motif unik. Diantaranya adalah motif Kawung, Parang Kusumo, Truntum, Tambal dan Pamiluto.

Daerah Yogyakarta ini memiliki varian tersendiri. Sebagai contoh, kerajinan tradisional di lingkungan Keraton Yogyakarta memiliki ciri khas berwarna dasar putih. Selain itu, pola geometri Keraton juga sangat khas, besar, dan sebagian diantaranya dipercantik dengan nitik dan parang.

Beli Kain Batik Solo

Sebagai kota dengan budaya Jawa yang kental, Solo masih melestarikan budaya Jawa serta mengusung slogan The Spirit of Java. Kain batik Solo memiliki corak tradisional, baik dalam proses cap maupun tulis.

Bahan-bahannya juga masih menggunakan bahan lokal, seperti bahan pewarna dari Soga Jawa. Kerajinan Solo memiliki berbagai motif unik dan menarik, tapi yang terkenal di Indonesia adalah pola Sidoluruh dan Sidomukti.

Jual Kain Batik Meteran Murah di Qlapa.com

Perlu diketahui bahwa batik tidaklah sama dengan kaus bermotif. Artinya, tidak semua jenis bisa digunakan untuk membuat kerajinan tersebut. Jika Kamu mencari kualitas, maka sebaiknya Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang bahan dasar pembuatannya di pasaran, yang bisa dibeli secara meteran.

  • Kain Mori adalah jenis tenun berwarna putih berbahan dasar kapas. Mori terbagi menjadi dua jenis, yaitu sudah melalui proses pemutihan dan lainnya adalah blacu.
  • Katun, Jenis ini paling umum digunakan untuk membuat batik. Memiliki beberapa tingkatan, yaitu prima, kemudian primisima (lebih bagus dari katun prima) dan Polisima (kualitas paling bagus).
  • Kain Paris bertekstur lembut dan jatuh dengan bahan tipis serta serat yang kuat.
  • Kain Serat nanas memiliki tekstur kasar mirip dengan dobi. Serat nanas tampak mengilap dengan sulur-sulur yang terlihat jelas.
  • Sutera terbuat dari serat kepompong ulat sutera. Sutera adalah salah satu bahan pakaian terindah di dunia juga kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Dengan berbagai jenis yang ada, Kamu dapat lebih mudah memilih. Dan jika Anda mencari berbagai pilihan, Kamu bisa mencarinya di Qlapa.

Tertarik Beli Kain Batik?

Tidak hanya mengetahui jenis, untuk mendapatkan batik berkualitas, Kamu juga sebaiknya memiliki pengetahuan tentang desain, teknik pembuatan, dan tentu saja harga pasarannnya. Kombinasi tersebut tentunya akan membantu Kamu untuk memilih mana yang paling tepat buat dibeli.

Tak usah jauh-jauh untuk beli kain batik apalagi sampai harus ke kota asalnya, Kamu bisa langsung mengunjungi situs online Qlapa.com. Banyaknya varian menarik untuk disesuaikan dengan keinginan. Keamanan dan kemudahan transaksi juga menjadi kelebihan lain dalam berbelanja disini. Bagaimana, tertarik untuk membelinya? Yuk, cari model pilihanmu langsung di Qlapa.com.