Hasil Pencarian:

Dress Tenun

Dress Tenun

Kain tenun merupakan kain tradisional Indonesia yang terdiri dari dua jenis berdasarkan cara pembuatannya, yaitu kain tenun ikat dan kain tenun songket. Kain tenun banyak dijadikan sebagai bahan pakaian dan menghasilkan beberapa jenis pakaian seperti blus, kemeja, dan dress tenun. Dress tenun juga terdiri dari dua macam yaitu dress tenun ikat dan dress tenun songket. Dress tenun mempunyai keunikan tersendiri karena memiliki motif dan corak yang bergantung pada daerah asal kain tenun tersebut. Setiap corak dan motif juga mempunyai sejarahnya sendiri lho. Karena itu, belakang ini dress tenun menjadi pilihan jenis pakaian yang banyak diminati oleh kaum wanita. Banyak dress tenun wanita yang tersebar dipasaran, mulai dari dress tenun pendek, panjang, sampai dress tenun pesta. Banyak juga dress tenun model terbaru yang tidak kalah dengan dress modern lainnya.

Beli Dress Tenun

Dress tenun merupakan salah satu jenis pakaian yang sulit untuk ditemui. Selain itu, untuk mendapatkan dress tenun yang pas dan sesuai dengan bentuk tubuh, kita harus mencoba dress tenun tersebut satu persatu. Mencari dress tenun yang pas untuk kebutuhan memang sulit karena harus mengunjungi pameran atau pergi jauh ke kota asal pengrajinnya. Solusinya adalah mencari toko online dress tenun yang terpercaya dan lengkap, Qlapa adalah tempat yang tepat. Di Qlapa, kamu dapat membeli dress tenun langsung dari pembuatnya. Dengan sistem transaksi yang aman dan nyaman, Qlapa memudahkan para pengrajin tenun untuk menjual dress tenun dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Tidak perlu takut, dress batik di Qlapa dijual dengan spesifikasi yang lengkap sehingga memudahkanmu untuk mencocokan dress tenun dengan ukuran tubuhmu.

Memilih Dress Tenun

Jika kamu salah satu orang yang menyukai dress tenun dan ingin membelinya, kamu harus pintar dalam memilih dress tenun yang asli dan berkualitas. Pertama-tama, pastikan keaslian kain tenun, dimana kain sebagai bahan dress tenun tersebut merupakan asli ditenun dengan alat tenun dan bukan mesin. Kamu bisa mengecek lewat tekstur kain tenun tersebut, apabila teksturnya timbul dan tidak halus berarti kain tenun tersebut asli, apabila teksturnya rata dan tidak timbul berarti kain tenun merupakan hasil cetakan mesin. Kedua, periksa apakah dress tenun tersebut luntur atau tidak. Kamu bisa menggunakan tisu basah dan menempelkannya di dress tenun yang hendak kamu beli, apabila ada warna yang tertinggal di tisu basah, berarti dress tenunmu menggunakan zat pewarna buatan yang tidak berkualitas.

Merawat Dress Tenun

Dress tenun yang terbuat dari kain tenun pastinya mempunyai cara perawatan khusus agar warna, motif, dan bentuknya tetap indah, perawatannya tidak boleh sembarangan. Pertama, kenali jenis kain tenunnya. Dress tenun yang terbuat dari kain sutra sebaiknya dicuci dengan dry clean, sedangkan dress tenun yang terbuat dari kain lain seperti katun, bisa dicuci sendiri menggunakan tangan. Jangan menggunakan deterjen biasa karena bisa merusak warna asli dress tenun, sebaiknya gunakan deterjen khusus atau lerak. Jangan merendam dress tenun karena akan merusak kain. Selain itu, usahakan agar dress tenun tidak dijemur dibawah paparan sinar matahari langsung. Sengatan panas matahari akan membuat warna dress tenunmu menjadi belang. Jangan lupa untuk membalik dress tenun atau melapisinya dengan kain lain ketika hendak menyetrikanya, kamu juga bisa menggunakan kertas agar setrika tidak langsung menempel ke dress tenun.