Hasil Pencarian:

Batik Solo

Beli Batik Solo Cantik dan Trendi Langsung Dari Pengrajin

Salah satu warisan budaya yang masih sangat akrab dari tanah Surakarta adalah kain batik Solo cantik miliknya. Kota ini pun dikenal sebagai sentra batik dgn pangsa pasarnya mencapai tingkat internasional. Maka dari itu, tak heran jika cukup banyak wisatawan asing berkunjung ke Solo bertujuan untuk memuaskan hasratnya terhadap selembar kain bernilai seni, serta melihat bagaimana proses pembuatannya secara langsung.

Penjelasan Sejarah Motif Batik Solo Jawa Tengah

Cantiknya kerajinan kota Solo sudah dimulai sejak lebih dari empat abad silam, pada masa Kerjaan Pajang. Di tepi Sungai Laweyan yang merupakan pusat perdagangan bahan baku tenun inilah kerajinan Solo mulai berkembang.

Kisah kain batik Solo terus berlanjut hingga zaman Keraton Surakarta. PB III Kerajaan Mataram sebagai akibat dari perjanjian Giyanti memerintahkan para abdi dalem untuk membuat motif Gragak Surakarta. Dari situlah, masyarakat lantas berlomba-lomba untuk membuat corak hingga menghasilkan beragam corak seperti biasa kita lihat ssekarang.

Jenis Motif Batik Solo Modern

Anda tentu sudah pernah melihat corak khas kerajinan Solo meski mungkin tidak mengetahui dari mana asalnya. Tidak hanya digunakan sebagai pakaian, corak batik tersebut bahkan diadaptasi untuk keperluan lainnya seperti sampul buku.

Sebenarnya ada sangat banyak sekali motif khas Solo ada ratusan bahkan ribuan. Beberapa corak di bawah adalah yang paling populer.

  • Motif Sidomukti

    Corak sidomukti merupakan salah satu yg sangat terkenal sehingga mudah untuk ditemukan. Warna dasarnya adalah kecokelatan, motif tradisionalnya berlekuk-lekuk simetris, baik pada batik tulis maupun cap.

    Makna motif solo berasal dari dua buah kata, sido berarti jadi (berkesinambungan) kemudian mukti berarti sejahtera. Corak Sidomukti banyak digunakan sebagai pakaian adat pengantin Jawa bertujuan sesuai filosofinya. Dengan mengenakan motif sidomukti, diharapkan mempelai dapat mengarungi bahtera rumah tangga dalam kebahagiaan.

  • Motif Parang

    Secara etimologi, kata parang berasal dari kata pereng artinya lereng. Maka dari itu, tidak heran jika Parang memiliki corak menurun secara diagonal dari tinggi ke rendah. Disamping itu, motif S yang disusun tidak terputus melambangkan kesinambungan.

    Kerajinan parang merupakan batik tertua bahkan sudah ada sejak zaman Keraton Mataram Kartasura. Adapun filosofinya parang adalah agar orang yg mengenakannya tidak mudah meyerah, seperti ombak samudera yang menggambarkan semangat tak pernah padam.

  • Motif Kawung

    Corak kawung cukup sederhana, yakni berpola mirip buah kawung atau kolang-kaling. Setiap satu buah kawung disusun bersama tiga lainnya membentuk sebuah lingkaran berjejer simetris rapi.

    Dulu, motif batik kawung hanya diperkenankan untuk dikenakan oleh kalangan kerajaan. Pengharapan dari corak kawung pun merupakan pemimpin yang dapat mengendalikan hawa nafsu, senantiaas menjaga hati nurani.

Kampung Penghasil Batik di Kota Solo

Membatik sudah merupakan keseharian masyarakat Solo yang sudah menjadi turunan sejak dulu. Bila Kamu ingin berkunjung ke Solo, cobalah untuk menginjakkan kaki ke Kampung Laweyan atau Kauman. Selain membeli, Kamu juga bisa melihat proses dan ikut belajar membatik secara langsung.

Kedua kampung penghasil aneka motif batik Solo cantik tersebut memiliki ciri masing-masing. Kauman memiliki motif atau corak lebih variatif serta cenderung menggunakan warna-warna lebih terang. Sementara kebaliknya, Laweyan justru lebih banyak menggunakan warna-warna gelap seperti cokelat kehitaman. Motif Kauman juga cenedrung lebih modern.

Tren Baju dari Kain Batik Solo 2018

Tren pada tahun 2018 tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni memodifikasi bahan tradisional tersebut menjadi busana modern yg mewah. Kain tersebut dibentuk menjadi gaun, rok, celana, dan lain-lain mengikuti mode fashion.

Untuk motif kerajinan Solo sendiri masih didominasi dengan yg sudah ada, akan tetapi kini semakin banyak saja warna-warna cerah selain cokelat yg diproduksi sehngga lebih bervariasi. Anda pun tentunya dapat semakin tampil stylish dg beli batik tersebut.

Inspirasi Motif Batik Solo Terbaru 2018

Untuk laki-laki, beli batik sampai saat ini masih lebih lazim digunakan sebagai atasan, yakni kemeja. Namun untuk kaum hawa, sudah bisa dijadikan beragam model. Tak hanya pakaian, namun juga bisa dijadikan untuk bahan tas, motif sepatu, taplak meja, sprei, dll.

Namun bagi kaum hawa, Kamu bisa lebih bergaya. Anda dapat tampil elegan memakai beragam model busana batik, seperti celana kulot, gaun malam, gaun santai, bolero, blazer, serta masih banyak lagi lainnya.

Toko Kain Batik Solo Online Indonesia

Tidak sedikit toko online yg jual batik, baik berupa kain maupun busana jadi. Kamu dapat lebih mudah memilih kain atau busana apa yang akan dipilih selagi bersantai.

Kendati berbelanja online menjadi lebih mudah, Anda tetap harus lebih berhati-hati. Pertama adalah karena tidak bisa secara langsung mengetahui bahan yg digunakan selain hanya sebatas keterangan informasi penjual. Tidak sedikit kejadian pembeli yang justru kecewa karena kualitas yg dijanjikan tak sesuai harapan.

Dengan demikian, Kamu tentu harus lebih cermat dalam menentukan toko online. Pilihlah situs atau online shop terpercaya, seperti Qlapa.com.

Dimana Bisa Beli Batik Solo Murah?

Ada banyak toko yang jual batik Solo cantik plus ramah dikantong. Akan tetapi, Anda tentu tidak ingin beli batik karena sekadar murah dg kualitas mengecewakan, bukan?

Di Qlapa, Kamu bisa mendapatkan aneka produk harga terjangkau. Tidak hanya harganya ramah di dompet, tapi kualitas item disini adalah yang terbaik.