Hasil Pencarian:

Batik Pekalongan

Baju Batik Pekalongan Murah dan Berkualitas

Baju Batik Pekalongan bukanlah barang sulit untuk didapatkan saat ini. Kini karena semakin kreatifnya desainer dalam merancang, produsen menjadi semakin berlomba-lomba menarik pehatian masyarakat melalui berjualan dalam harga kompetitif. Kini Anda tak perlu kesulitan lagi untuk mendapatkan batik asli buatan pengrajin lokal menggunakan teknik tradisional tulis dan cap. Mari kita dukung ekonomi kreatif Indonesia dengan berperan aktif dan memakai produk dalam negri. Tinggalkan batik impor dari negri tetangga dan berdaya memakai batik kita sendiri.

Sejarah Batik Pekalongan

Setiap daerah memiliki motif atau corak unik dan berbeda beda. Hal tersebut menunjukkan kekhasan daerah masing-masing. Di Jawa sendiri, ada beberapa kawasan yang memang sudah sejak lama dianggap sebagai sentra batik. Salah satunya adalah Pekalongan, Jawa Tengah. Pekalongan sudah sejak lama memiliki nama dan dikenal masyarakat luas.

Awalnya setelah perang Diponegoro, keluarga kraton lantas meninggalkan kerajaan, lalu menyebar kearah barat dan timur, termasuk Pekalongan. Mereka kemudian mengembangkan batik didaerah tersebut dan mendapatkan pengaruh lokal. Perkembangan juga menjadi semakin cepat lantaran Pekalongan merupakan daerah Pesisir. Pedagang dari Arab, Cina, dll semkin berdatangan kemudian turut memberi kontribusi terhadap keberadaan motifnya.

Ciri Khas Batik Pekalongan

Sebagai kerajinan terkenal sejak jaman dahulu, Pekalongan tentu memiliki ciri khas. Lantas, apa yang membedakan dari batik lainnya?

  • Dominasi warna cerah

    Jika diperhatikan, mayoritas batik asal Jawa memiliki warna dasar gelap, didominasi warna cokelat seperti jarit. Akan tetapi, kerajinan kain dari Pekalongan justru memiliki warna-warna lebih cerah dan segar. Kamu bisa menemukan variasi seperti warna merah muda, biru, salem, dan lainnya.

  • Motif Jlamprang

    Motif jlamprang berupa titik-titik berbentuk geometris, kemudian membentuk pola dari sebuah ujung kain ke ujung lainnya. Merupakan hasil pengaruh kebudayaan masyarakat Arab. Warna-warna yang digunakan pun cerah, senada dengan warna dasar.

  • Motif bunga atau hewan

    Selain jlamprang, terdapat juga motif utama berupa bunga-bunga cantik dibuat dalam ukuran kecil. Dengan demikian, terlihat menjadi lebih segar nan ramai.

Namun apabila dibuat oleh pengrajin keturunan Tiongkok, motif batik berbeda pula. Mereka lebih suka memberikan motif hewan, yakni naga dan burung phoenix.

Tren Kemeja Batik Pekalongan 2018

Secara umum, tidak ada yang terlalu berubah secara signifikan dari motif atau warna-warna batik Pekalongan 2018. Keunikannya tetap terjaga dengan corak khas.

Yang cenderung lebih berubah justru dari sisi desain model baju. Tren pada tahun 2017 adalah busana dengan tampilan lebih berani. Kamu bisa memodifikasi kain yang dipunyai menjadi sepotong baju model berbeda, seperti dress dengan potongan asimetris, bolero, blazer dan lain-lain.

Beli Batik Pekalongan Murah di Jakarta

Kamu tentu tak harus jauh-jauh datang ke Jawa tengah untuk mendapatkan selembar kerajinan kain kota Pekalongan. Kerajinan asli Indonesia ini sudah sangat luas tersebar dimana-mana, sehingga bisa mudah mendapatkannya terutama dikota-kota besar seperti Jakarta.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk harga murah di Jakarta, coba mendatangi beberapa sentra perbelanjaan grosir seperti di Tanah Abang. Namun bila ingin lebih efisien, kini bisa memanfaatkan teknologi dan berbelanja online di QLAPA.COM.

Adakah Tips Beli Batik Pekalongan di Online Shop?

Tren belanja online shop memang masih sangat in sejak beberapa tahun terakhir. Segala macam kebutuhan harian mulai dari hal remeh hingga yang memang krusial ada di toko online. Melihat besarnya peluang mengikuti kebutuhan zaman, boleh jadi ke depannya kebutuhan berbelanja online akan semakin meningkat.

Dengan teknologi ini, aktivitas pun menjadi lebih mudah. Namun tetap, bagi online shoppers, ikuti tips-tips berikut ini.

  • Ketahui harga di pasar 

    Agar tak tertipu, perlu melakukan survey. Bandingkan kain yang akan Anda beli di satu toko dan di toko-toko lainnya. Setidaknya, temukan harga standar patokan pasar.

    Namun ingat, buatlah perbandingan apple to apple. Artinya, bandingkan batik yang ingin Kamu beli ditempat lainnya dengan kualitas serupa. Bila Anda menginginkan cap dengan motif A, maka bandingkan ditempat lain dalam kriteria serupa.

  • Kunjungi situs terpercaya

    Kamu tentu harus cerdas dalam menentukan toko atau situs mana yang akan menjadi pilihan. Masih cukup banyak akun-akun palsu bertebaran dimedia sosial seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter. Maka dari itu, carilah referensi atau kunjungi situs terpercaya seperti Qlapa.

Beli Batik Pekalongan Murah dan Bagus

Sama seperti komoditas lainnya, kain tradisional ini juga memiliki rentang harga sangat luas. Warisan nusantara ini dapat dibanderol mulai harga di bawah Rp50.000,00 per meter hingga jutaan rupiah, tergantung kualitasnya.

Bagi yang ingin membeli produk dalam harga murah dan kualitas tinggi, tak perlu khawatir. Disini Kamu dapat sepuasnya berbelanja produk berkualitas tanpa membuat kantong jebol. Karena di toko online ini, pengrajin menjual langsung produknya. Jadi harga bisa lebih bersahabat karena tak ada perantara atau reseller yang me markup harga dari pengrajin.

Dapatkan / Beli Batik Pekalongan Terbaru

Di Qlapa.com, Anda bisa mendapatkan kain terbaru kualitas tak mengecewakan. Ada banyak pilihan cantik dan memukau untuk memperelok tampilan Anda. Baik tulis atau cap, semuanya ada di Qlapa.

Tak hanya berupa kain, Anda yang membutuhkan untuk beli batik Pekalongan juga bisa mendapatkannya. Mulai dari gaun, terusan hingga atasan potongan terbaru. Qlapa lengkap menyediakan. Selain itu, ada pula beragam modifikasi lainnya seperti tas, kalung, gelang, bando, sandal, dan lain-lain.