Hasil Pencarian:

Batik Mega Mendung

Yuk Beli Batik Mega Mendung yang Luhur Penuh Makna

Batik mega mendung mungkin belum begitu banyak dikenal di kalangan anak muda yang kini mulai sering menggunakan baju tradisional Indonesia dalam keseharian. Seringkali, banyak pemakainya tidak paham jenis motif ataupun makna dari pakaian mereka termasuk mega dan mendung. Padahal mega mendung memiliki sejarah panjang, serta telah dipakai lama oleh penduduk setempat serta telah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Supaya dapat semakin mengenal motif unik ini, yuk kita bahas lebih jauh.

Tahukah Anda Makna Motif Batik Mega Mendung?

Batik Mega mendung termasuk kerajinan batik pesisir yang tidak menganut pola tradisional klasik dalam membentuk pola dan warna. Kerajinan ini memiliki ciri gambar berbentuk awan mendung. Motif ini memiliki filosofi bahwa setiap orang hendaknya selalu mampu mengendalikan emosi di saat mengalami tekanan. Layaknya awan menutupi sinar matahari menciptakan keteduhan, mega memiliki filosofi bahwa pemakainya dapat bersikap bijaksana bahkan disaat situasi awan mendung (contohnya saat sedih atau kecewa).

Pada awalnya, warna kerajinan mega mendung tersebut adalah biru diselingi merah. Biru melambangkan suasana dinamis, karakter maskulin karena laki-laki berperan penting dalam proses pembuatannya. Selain itu biru juga merupakan simbol langit luas dan tenang. Gradasi biru digunakan dalam batik orisinal. Warna biru muda menunjukkan kehidupan cerah, kemudian semakin gelap warnanya akan berlainan pula maknanya. Biru gelap menyimbolkan awan mendung yang mengandung titik-titik air hujan pembawa kehidupan. Warna biru serta merah pun merepresentasikan karakter masyarakat pesisir yang terbuka nan lugas.

Seiring perkembangan zaman, warna batik ini menjadi lebih bervariasi. Selain biru merah yang merupakan warna asli, kini memiliki variasi warna kuning, cokelat, hijau, dll. Selain itu, motifnya dahulu hanya awan telah divariasikan dengan gambar hewan, bunga, ataupun lainnya.

Sejarah Batik Mega Mendung

Menurut sejarah, motif awan pada batik mega mendung terinspirasi oleh benda seni yang dibawa oleh pendatang dari China ke Cirebon pada masa Sunan Gunung Jati. Berdasarkan paham Taoisme, awan melambangkan dunia. Hal tersebut sama dengan seni rupa Islam pada abad ke-16, menganggap bahwa gambar awan atau mendung adalah representasi alam bebas. Para pembatik di Cirebon mengadaptasi budaya China kedalam kreasi mereka, namun masih dengan ciri khas Cirebon. Oleh karena itu kain yang dihasilkan berupa bentuk-bentuk awan dengan garis awan cenderung lancip, lonjong atau segitiga. Berbeda dengan motif dari China, garis awannya berupa lingkaran atau bulatan.

Kerajinan tersebut juga tidak bisa dipisahkan dari Ki Gede Trusmi, mengajarkan seni sambil menyebarkan agama Islam. Kini Desa Trusmi, 4 km dari Kota menjadi pusat ruang pamer kerajinan batik keraton khas Cirebonan Klasik seperti mega mendung, patran keris, paksinaga liman, dll.

Alasan Mengapa Anda Harus Beli Kain Batik Mega Mendung

  • Sangat orisinal serta memiliki motif indah penuh makna. Dengan mengenakan pakaian ini, maka Anda menunjukkan kebanggaan atas identitas kecirebonan. Pemakainya bisa tetap tampil gaya, berwibawa dengan kerajinan batik nan indah.
  • Melestarikan budaya sebagai warisan berharga Kota Cirebon bukan hanya tanggung jawab penduduk Cirebon, tapi seluruh warga negara Indonesia. Dengan mengenakan kain khas Indonesia, itu artinya kita turut berkontribusi menjaga klaim batik tetap milik Indonesia, tidak direbut oleh negara lain.
  • Kain tradisional ini enak dipakai karena kainnya berkualitas ekspor, memiliki tekstur halus, serta adem nyaman saat dikenakan. Bahan kainnya pun tidak mudah kusut dan tintanya tidak mudah luntur. Selain nyaman dipakai, kainnya juga mudah dijahit untuk dijadikan berbagai model pakaian atau bermacam-macam aksesoris.

Sebagai salah satu budaya warisan leluhur, kita sebagai generasi penerus wajib melestarikannya. Bagi pengrajin, tentunya terus berkreasi menghasilkan sebuah karya yang terus berinovasi. Bagi masyarakat umum, tentu kita harus mendukung para pengrajin lokal. Caranya yaitu membeli batik buatan mereka, mari kita tinggalkan barang buatan negara lain. Kita harus berdaya dan bangga terhadap buatan anak bangsa.

Beli Batik Mega Mendung Hitam Putih nan Unik

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kini warnanya sudah lebih beragam, tidak lagi monoton biru merah. Corak batik hitam putih merupakan salah satu kerajinan unik. Motif klasik mega mendung dengan perpaduan motif China menghasilkan kerajinan enak dipandang serta cocok digunakan untuk berbagai jenis model pakaian.

Buah tangan masyarakat cirebon tersebut dibuat dengan metode tulis dan melalui proses pewarnaan yang canggih serta detail. kain ditulis dengan tangan dan dilakukan pewarnaan sebanyak lima kali sehingga dihasilkan gradasi warna cantik. Berbahan katun primisima berkualitas nomor satu, kain ini sangat cocok untuk dijadikan berbagai model pakaian serta bermacam-macam aksesoris.

Namun, perlu diingat, kerajinan motif mega ini memiliki nilai tinggi yang patut dihormati. Oleh karena itu sebaiknya tidak menggunakan kain tersebut sebagai alas kaki. Anda bisa membuat aksesoris seperti tas, dompet, bahkan sarung bantal hingga seprai, tapi jangan menggunakannya sebagai bahan sandal ataupun sepatu.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengoleksi Beli batik mega mendung? Berkunjunglah ke Cirebon sambil menjelajahi kotanya yang kaya akan budaya dan arsitektur-arsitektur unik. Namun, jika tidak ingin jauh-jauh mengunjungi kotanya, Anda bisa mendapatkan kerajinan khas Cirebon secara daring (online), misalnya melalui website Qlapa.com. Tinggal klik, tidak butuh waktu lama batik pilihan akan tiba tepat di depan rumah.