Hasil Pencarian:

Batik Madura

Batik Madura Kaya Motif dan Corak, Langsung Dari Pengrajin Lokal

Batik Madura adalah warisan budaya khas setempat berdesain memikat, selain karapan sapinya, tentu saja. Seperti daerah lain di Indonesia, Kota trasi tersebut juga memiliki kain khas yg menjadi kebanggaan masyarakatnya. Dengan bentuk motif khas, madura berhasil merebut hati para pencinta kain, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Kerajinan Madura sendiri terkenal dgn karakter kuat warna berani, seperti merah, kuning, dan hijau muda. Bahkan menurut catatan sejarah, kerajinan kota ini memiliki 1.000 lebih motif cantik. Awalnya, ragam motifnya terinspirasi dari alam sekitar, baik hewan maupun tumbuhan.

Warna terang pada motif dipengaruhi oleh budaya Tiongkok yg sangat kuat. Di setiap corak juga terdapat garis yang menjadi perlambang kehidupan sehari-hari masyarakat lokal kala itu.

Bagaimana Orang Madura Mengenal Batik?

Jauh sebelum batik menjadi terkenal seperti sekarang, masyarakat lokal sudah lebih dulu mengenalnya. Mereka bahkan sudah biasa mengenakan sejak dulu pada berbagai acara. Hal ini membuktikan kalau kain batik sudah menjadi bagian dari adat budaya masyarakat sehari-hari.

Seiring perkembangan zaman, pemakaian di Indonesia mulai mengalami pergeseran. Yang awalnya hanya dipakai pada upacara adat atau acara khusus saja, kini sudah jamak dipakai sehari-hari.

Menurut ciri geografisnya, batik Madura dibagi menjadi dua:

  • Pesisir, Ciri khas wilayah pesisir adalah warna menyala dan berani. Hal ini merepresentasikan karakter masyarakat pesisir yang berpikiran terbuka dan mau menerima budaya asing.
  • Pedalaman, Sebaliknya, kerajinan pedalaman lebih bersifat lembut dan klasik. Warna-warnanya pun cenderung redup jika dibandingkan dengan daerah pesisiran.

Seiring perkembangan zaman, batik Madura kini sudah lebih mengikuti mode, hal ini terlihat dari desain serta motifnya beragam, corak yang cenderung kontemporer, serta warna-warna yg cocok dipakai beragam usia.

Tiap daerah di Madura memiliki corak berbeda, antara lain batik dari Pamekasan, Bangkalan, Sumenep, dan Sampang. Untuk lebih jelasnya, ulasan mengenai ciri karakter akan dibahas pada paragraf berikut.

Batik Madura Bangkalan

Batik yg pertama terkenal di kalangan para pencinta adalah Bangkalan. Tepatnya di Tanjungbumi, kain tradisional disini dibuat dgn teknik khusus bernama gentongan. Jika dilihat, Bangkalan memiliki corak beragam dan warna tegas terang karena berasal dari daerah pesisir.

Kerajinan kota Bangkalan sendiri memiliki motif berjumlah lebih dari 1.000 jenis. Nama motif ini biasanya disesuaikan dengan cara pewarnaan yang dikonsonankan dg daerah setempat, seperti ramo, banjar ramo, rongterong, perkaper, rawan, serat kayu, pancawarna, serta masih banyak lagi lainnya.

Umumnya, batik tulis Bangkalan dibuat dalam waktu seminggu dengan harga jual beragam, mulai dari murah sampai yg sangat mahal. Ada juga jenis sutra Bangkalan yg harganya bisa mencapai jutaan rupiah untuk setiap helainya. Namun, yang termahal dan paling terkenal di Bangkalan adalah gentongan.

Batik gentongan sendiri mempunyai ciri-ciri:

  • Warna cerah dan halus
  • Motif beragam, mulai: sik melaya, kembang randu, ola-ola, burung hong, panji susi
  • Dikerjakan paling cepat setahun (proses perendaman bisa memakan waktu sampai 6 bulan)

Batik Sumenep

Jika dibandingkan dengan Bangkalan, Sumenep memiliki corak warna lebih redup. Hal ini tentu merupakan pengaruh wilayah geografis Sumenep yang jauh dari pesisir pantai. Meski begitu, batik Sumenep tetap menghadirkan nuansa cerah dalam gaya lembut tapi tetap memikat.

Ciri khas lain dari kerajinan Sumenep adalah motif ayam atau burung merak dipadu-padankan dengan bunga tumbuhan. Konon, kebiasaan membuat kerajinan kain tradisional masyarakat Sumenep sudah ada sejak zaman Belanda dan eksisnya Kerajaan Sumenep. Tak heran kalau motifnya banyak dipengaruhi gaya keraton.

Belanja Batik Madura Terbaru 2017

Saat ini kebutuhan berbatik kian hari semakin meningkat. Tak hanya dipakai pada acara resmi saja, namun juga banyak dijadikan benda koleksi. Banyak kolektor yang sengaja membeli kain ini hanya untuk disimpan atau dimuseumkan, tidak untuk dipakai.

Nah, buat Kamu yg penasaran seperti apa sih batik Madura yg sangat terkenal itu, tapi belum punya waktu untuk melancong ke Pulau Madura, cobalah berjalan-jalan ke halaman-halaman qlapa.com. Disana ada puluhan produk berkualitas yang bisa Kamu pilih sesuai keinginan.

Batik Madura Modern

Selain jenis klasik, juga banyak dijual batik modern yang sangat cocok dipakai pada acara apa pun. Ada banyak pilihan yg hadir dalam desain motif beragam. Kami mengumpulkan berbagai pilihan menarik karya pengrajin lokal. Berdesain uptodate, koleksi kami siap membuat Kamu tampil lebihi elegan. Lebih-lebih seluruh barang disini langsung dijual oleh para pengrajin tanpa melalui perantara. Sehingga harga barang akan jadi lebih murah tanpa ada potongan pihak reseller.

Mengapa Memilih Batik Madura?

  • Berkarakter, Batik Madura sangat terkenal sebagai motif hidup dan berkarakter. Hal itu terlihat dari motif yg dilukis secara total oleh pengrajinnya.
  • Tak Ada yang Menyamai, Jangan takut barang Anda tertukar dengan yg lain karena pembatk Madura memiliki daya imajinasi luar biasa. Hal ini terlihat dari ketidaksamaan batik tulis satu dg yang lainnya sampai detail terkecil.
  • Awet, Sudah banyak orang membuktikan kalau produk ini makin dicuci justru makin kuat dan terlihat keindahan warnanya.

Jadi, sudah mantap memilih kan?