Hasil Pencarian:

Batik Kombinasi

Mengenal Batik Kombinasi, Cap, dan Tulis

Batik kombinasi merupakan kain khas Indonesia yang namanya kian melejit dalam beberapa tahun terakhir. Reputasi kain ini makin harum bahkan hingga ke kancah dunia. Corak serta motif yang unik dan beragam pada kain batiklah yang membuat banyak orang tertarik memakainya. Dalam setiap helai kain batik, terkandung makna filosofis yang dianggap sebagai perwujudan nilai dan budaya bangsa.

Di Indonesia, umumnya batik dibagi menjadi 3 jenis, yakni tulis, , cap, serta batik kombinasi itu sendiri. Setiap jenis mempunyai ciri khas yang berbeda, mulai dari corak, pola, sampai proses pembuatannya.

Batik Kombinasi, Cap, dan Tulis. Apa Bedanya?

Seperti yang sudah disebutkan, setiap batik memiliki ciri yang tidak sama satu dengan yang lainnya. Apa sajakah itu?

  • Batik Tulis

Batik tulis merupakan jenis kerajinan yang dibuat melalui proses tradisional, mulai dari pembuatan pola, pewarnaan, pelorodan, sampai tahap akhir penyempurnaan, semuanya dikerjakan secara teliti dengan tangan manusia.

Karena tidak ada campur tangan mesin dalam proses pembuatannya, kita tidak akan menjumpai pola ulang yang persis sama. Selain itu, batik ini juga dianggap sebagai kerajinan terbaik di antara yang lainnya.

  • Batik Cap

Jenis kedua adalah batik cap. Berbeda dengan metode tulis, pembuatan pola pada batik ini dibuat dengan cara pengecapan. Karena pengrajin hanya tinggal mengecap, proses pembuatan jadi lebih mudah dan cepat selesai.

Minusnya, motif tidak terlalu beragam dan kehalusan motif yang menjadi penentu bagus tidaknya suatu kain batik tidak akan bisa kita temukan pada jenis kerajinan cap ini.

  • Batik Kombinasi

Yang terakhir merupakan perpaduan antara batik tulis dan cap. Tujuan pembuatannya adalah untuk meminimalisasi kekurangan-kekurangan yang ada batik cap.

Proses pembuatan batik ini terbilang cukup rumit, terutama pada tahap penggabungan motif yang ditulis dan yang dicap. Tidak heran kalau pembuatan jenis ini memakan waktu yang cukup lama, sama seperti pada pembuatan batik tulis.

Menengok Tren Batik Kombinasi 2017

Jika pada zaman dulu orang mengenakan batik hanya pada acara-acara khusus saja, sekarang tren pemakaiannya sudah lebih meluas. Selain dipakai pada acara formal seperti seragam kerja, menghadiri resepsi atau undangan, batik juga dipakai di rumah sebagai busana santai.

Salah satu jenis yang cukup terkenal dan paling sering dipakai berbagai kalangan adalah batik kombinasi. Kerajinan jenis ini banyak dipilih karena bisa dengan mudah dipadu-padankan dengan busana lainnya. Selain itu, batik model ini juga disukai karena pilihan motif dan modelnya lebih beragam.

Tren batik pun tidak terbatas pada corak saja, tapi juga model atau desainnya. Kerajinan tradisional ini sangat cocok dipasangkan dengan kain jenis lain, seperti brukat, katun jepang, satin, dan sebagainya.

Batik Kombinasi Couple

Anda pasti suka menghadiri resepsi atau acara resmi lain bersama pasangan, bukan? Umumnya, pasangan lebih suka mengenakan baju yang sama atau serupa sekadar untuk menunjukkan identitas bahwa ini lho, pasangan saya. Hal tersebut sah-sah saja, kok.

Sekarang, ada begitu banyak batik kombinasi couple yang bisa Anda pilih tergantung motif, desain, dan bahannya. Jika masih kesulitan mencari referensi toko yang menyediakan kualitas bagus, cobalah berkunjung ke qlapa.com.

Toko online ini menyediakan puluhan model batik dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya itu, di qlapa Anda juga bisa mendapatkan aneka aksesori cantik penunjang penampilan ketika memakai batik.

Batik Kombinasi Pria Wanita

Berniat menghadiri acara resmi tapi belum punya busana yang pas untuk dipakai? Kenapa tidak menjatuhkan pilihan pada batik kombinasi saja? Selain motif dan warnanya beragam, batik jenis ini juga menyediakan puluhan model yang cocok dipakai untuk pria maupun wanita.

Untuk pria, ada banyak pilihan model batik yang bisa dipilih, mulai dari kemeja, lengan panjang, lengan pendek, yang berkerah atau kerah model baju koko. Semuanya ada, tinggal pilih kira-kira mana yang paling Anda suka.

Model batik kombinasi untuk kaum hawa pun tak kalah banyak, mulai dari blus, gamis, rok, outer, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan begitu banyak corak, bahan, serta warna, rasanya memilih batik bukan pekerjaan yang susah.

Kenapa Harus Batik Kombinasi?

Mungkin banyak di antara Anda yang penasaran kenapa sih batik kombinasi selalu jadi primadona di setiap suasana? Yang pertama, batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus terus dilestarikan keberadaannya. Untuk itu, dalam beberapa tahun terakhir pemakaian kerajinan tradisional ini mulai disosialisasikan, mulai dari lingkup pejabat pemerintah sampai anak sekolah.

Selain itu, batik juga punya motif, warna, serta desain yang beragam sehingga bisa dipakai pada acara apa pun, tergantung temanya. Misalnya, Anda bisa memakai gamis pada acara pengajian atau kebaya yang dipasangkan dengan batik ketika menghadiri resepsi pernikahan, dan sebagainya.

Mengenalkan Budaya Bangsa Lewat Batik Kombinasi

Memakai batik kombinasi dalam beragam acara adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk terus melestarikan keberadaannya. Bayangkan, jika sebagai pewaris saja kita enggan memakainya, bisa saja kain batik yang bahkan sudah resmi diakui UNESCO ini kehilangan identitasnya, bahkan tidak mungkin diakui negara lain.

Tidak ada yang mau kan kalau batik kombinasi kesayangan Indonesia lebih terkenal setelah dipakai orang asing daripada bangsa kita sendiri? Nah, rajin-rajin yuk untuk mulai mengenakan batik di setiap suasana.