Hasil Pencarian:

Batik Kawung

Beli Batik Kawung ASLI, Dijual Langsung Dari Pengrajin Lokal Jogja

Motif Batik kawung adalah salah satu jenis kerajinan kain Jogja, telah dikenal oleh banyak orang karena keunikan motifnya. Mengapa unik? Karena penuh sekali filosofi mendalam. Meski sekilas memiliki motif sederhana, makna yang terkandung sangat besar sehingga di masa lalu banyak dipakai oleh kaum bangsawan kerajaan.

Saat ini, kawung sudah bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan, Kamu dapat membelinya dgn mudah melalui Qlapa. Disana, ada berbagai macam produk batik seperti kemeja. Terpenting dari semuanya, harga yg ditawarkan juga tidak terlalu menyiksa isi dompet.

Asal Batik Kawung di Masa Lalu

Terkenal dengan motif kuno yg dipercaya telah ada sejak zaman Mataram. Selama beberapa abad, banyak digunakan oleh para bangsawan kerajaan seperti raja, ratu, serta para petinggi lainnya. Masyarakat kecil tidak memakai jenis ini serta cenderung menggunakan kain tanpa motif yg kualitasnya rendah.

Seiring dengan berjalannya waktu, motif kawung mulai diminati banyak orang. Saat era kerajaan selesai, kini mulai diburu oleh semua orang. Pengrajin mulai meniru motif dari desain orisinal untuk disebarkan ke banyak wilayah khususnya kawasan Jogja sekitarnya.

Meski asalnya Jogja, Kamu dapat membeli dimana saja. Di Qlapa.com misalnya. Anda dapat membeli aneka motif dengan harga relatif terjangkau. Plus langsung dijual oleh pengrajinnya.

Makna Motif Batik Kawung Modern

Memiliki motif berupa bulatan simetri yg memiliki beberapa pola di dalamnya. Pola ini berjajar dengan dominan warna cokelat dan juga putih. Nama pada batik ini berasal dari buah kawung atau kolang-kaling yang berbentuk bulat. Selain itu, ada pakar yg mendefinisikan kawung sebagai hewan dimasa lalu.

Makna dari kawung adalah kekuatan dan kebijaksanaan. Tak heran kalau banyak digunakan oleh keluarga kerajaan pada masa lampau. Pola yang ada adalah wujud kekuasaan raja pada rakyatnya serta kebijaksanaan yg dirasakan oleh banyak orang. Zaman dahulu, orang biasa tidak diperkenankan memakainya karena dianggap tak pantas.

Dimana Beli Batik Kawung Terbaru 2018?

Zaman sekarang, bisa dibeli dimana saja termasuk langsung dari produsen yang banyak terdapat di Jogja. Selebihnya, bisa juga dibeli secara langsung melalui perantara Qlapa.com. Motif kawung dalam aneka model dijual disini dgn harga bersahabat. Bahkan, Kamu bisa memborongnya untuk dikoleksi atau dijual kembali.

Batik yg ada di Qlapa.com memiliki kualitas nomor satu. Kamu tidak akan kecewa ketika membeli batik dari website yang menjembatani pengrajin dan pembelinya secara langsung ini. Terakhir, pihak Qlapa.com tidak akan menjual barang yang tak berkualitas. Jadi, jangan ragu untuk segera membeli.

Yuk Beli Batik Kawung Solo Berkualitas

Mataram pecah menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta atau Solo. Berpisahnya dua wilayah tersebut tidak memecah kebudayaan yg telah mengakar disana terutama yang ada sejak ratusan tahun lalu. Secara turun-temurun, pengrajin dari kawasan Solo tetap membuatnya sesuai desain kuno yg banyak dipakai oleh raja-raja.

Secara garis besar, batik motif dari solo hampir sama dengan kawasan Jogja. Perbedaan keduanya hanyalah kedalaman motif. Bulatan lebar simetris masih ada, sementara itu motif di dalam bulatan kadang berbeda satu dg lainnya. Ada bentuk bulatan atau noktah dengan warna berbeda.

Untuk membedakan mana yg berkualitas atau pas-pasan, Kamu dapat melihatnya pada warna yang digunakan. Jual kain Batik kawung berkualitas tak gampang pudar warnanya. Selain itu, motif kawungnya juga terlihat sangat simetri satu dengan lainnya meski prosesnya dilakukan secara manual, tidak dengan cap.

Tips Merawat Motif Kain Batik Kawung Jogja

Tak sama dengan kain lain yang bisa dicuci menggunakan detergen atau dikeringkan langsung pada terik matahari secara langsung. Ada banyak syarat penting yg harus dilakukan oleh pemilik batik, diantaranya terdiri dari:

  1. Mencucinya tak bisa dilakukan langsung menggunakan detergen yg dijual di pasaran. Ada detergen khusus buat mencucinya. Beberapa penduduk lebih suka menggunakan buah lerak atau klerak. Tapi sebelumnya perlu direndam menggunakan air hangat terlebih dahulu.
  2. Mencucinya tidak boleh dilakukan secara kasar. Bahkan menggosok permukaannya harus secara lembut. Dengan begitu, pola atau motifnya tak akan hilang atau luntur perlahan-lahan.
  3. Saat mengeringkan, jangan sesekali memerasnya. Jemur dalam keadaan basah tanpa diperas, biarkan hingga kering melalui diangin-anginkan.
  4. Saat terkena noda, bersihkan langsung pada bagian yg terkena noda. Tidak perlu mencuci semuanya.
  5. Saat akan menyimpan, jangan sesekali menggunakan pewangi semprot langsung ke kain. Gunakan kamper yg digantung agar zat kimia tak merusaknya.

Beli Batik Kawung Murah untuk Pakaian

Jual Batik kawung buat digunakan pada kebaya atau kemben. Jarang sekali digunakan untuk pakaian seperti kemeja. Meski demikian, ada beberapa desain pakaian yang menggunakan motif kawung modern yg cocok untuk anak muda atau siapa saja yang ingin terlihat gaya, tapi tidak meninggalkan warisan leluhur. Anda dapat mencarinya secara langsung motif jenis ini di Qlapa.com. Disini juga menjual aneka batik kualitas terbaik serta harga bersahabat.