Hasil Pencarian:

Batik Jawa

Beli Batik Jawa Terbaik untuk Pria Aktif Modern

Batik saat ini tidak lagi berhubungan dg sesuatu yang kuno. Sejak kain tradisional Jawa ini diakui oleh UNESCO, semua khalayak mulai memakainya. Tak hanya mereka yg bekerja di instansi pemerintah saja. Pekerja kantoran seperti eksekutif muda pun memakai batik sebagai bagian dari gaya hidup sekaligus melestarikan budaya Indonesia.

Berkaca dari uraian di atas, kita bisa menyimpulkan kalau beli batik jawa adalah salah satu bagian fashion penting. Terlebih kalau Kamu ingin terlihat gaya, menarik, dan tetap terlihat modern. Tertarik? Mari intip aneka desain kekinian yg hadir di Qlapa.com.

Sejarah Batik Jawa Kuno yang Pasang Surut

Seni menghias kain aneka warna ini dikenal pertama kali pada masa kerajaan Majapahit. Dimasa itu, banyak digunakan sebagai pakaian para raja, ratu, dan juga pejabat tinggi. Masyarakat kecil tidak menggunakannya karena dianggap hanya untuk para bangsawan saja.

Setelah Majapahit runtuh, seni menggambar pada kain mulai menyebar ke berbagai penjuru Pulau Jawa terutama kerajaan Islam yg mulai bermunculan. Dari sini, kemudian mulai memiliki aneka motif. Setiap motif memiliki cerita tersendiri. Ada mega mendung, sulur tanaman, bunga, dan objek tertentu.

Seiring dengan majunya zaman, kerajinan tersebut mulai ditinggalkan karena dianggap kuno. Namun, pelestarian dan juga imbauan untuk menggunakan batik membuat kain ini kembali mencuat. Kini aneka kerajinan dompet, tas, hingga sepatu sekali pun menggunakannya untuk inovasi.

Ragam Motif Batik Jawa Barat

Jawa memiliki beragam corak tergantung dengan provinsi atau wilayah pengrajinnya. Di Jawa Barat sendiri memiliki beragam motif unik yang menggambarkan daerah asalnya. Misal Cirebon yang banyak menggunakan desain mega mendung serta beberapa motif keris, gunung, dan hewan seperti menjangan atau harimau.

Sementara itu, Ciamis lebih banyak menggunakan corak bunga berwarna lebih segar. Ada desain kopi pecah, lepaan kembang, rereng adu manis, serta parang alit. Terakhir, ada Indramayu yang identik pada motif coplongan. Latar dari kerajinan tradisional ini adalah putih dengan paduan warna hitam juga cokelat yg memikat. Ruangan di antara motif sengaja dibiarkan putih agar tidak sama daerah Jawa Tengah atau Yogyakarta.

Ragam Motif Batik Jawa Timur

Batik dari kawasan Jawa Timur lebih tua ketimbang daerah lain di Indonesia. Hal ini terjadi karena berasal dari kebudayaan Majapahit di Jawa Timur sebelum akhirnya menyebar ke Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat. Untuk mengetahui lebih detail, simak uraiannya di bawah.

  • Batik Madura memiliki cukup banyak corak antara lain terdiri dari aneka flora-fauna, kegiatan masyarakat, serta objek khas kawasan tersebut. Untuk warna, Madura memadukan warna gelap dan cerah.
  • Pacitan banyak menggunakan motif sidomulyo, sekar jagat, dan kembang-kembang.
  • Sidoarjo banyak menggunakan warna cerah seperti biru, merah, atau kuning. Selain itu, ada yg menggunakan tumbuhan atau hewan.
  • Mojokerto memiliki desain kuno asli Majapahit. Biasanya bergambar burung atau bunga-bungaan banyak digunakan dg warna sedikit cerah.
  • Ponorogo banyak menggunakan gambar reog dan juga hewan seperti merak yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Ragam Motif Batik Jawa Tengah

Kerajinan Jawa Tengah berkembang setelah muncul Kerajaan Demak pasca Majapahit lengser. Dari sini, kebudayaan membatik mulai dikenal oleh masyarakat luas dari dahulu hingga sekarang. Berikut beberapa pola diantaranya.

  • Semarang banyak menggunakan corak hewan yg sangat unik. Beberapa hewan yang kerap digunakan dalam motif adalah burung kuntul, kupu-kupu, ayam jago, cenderawasih, dan beberapa ikon kota seperti Lawang Sewu.
  • Solo banyak menggunakan desain gambar tradisional seperti sidoluruh, warnanya dominan cokelat serta hitam.
  • Batik Pekalongan banyak diilhami dari berbagai budaya seperti India Arab. Perpaduan budaya itu menghasilkan beberapa motif agak surealis meski tetap indah untuk dilihat. Untuk warna, cokelat, hitam, serta merah sangat mendominasi daerah Pekalongan.
  • Tegal didominasi warna gelap seperti cokelat atau biru. Selain itu, corak yang banyak digunakan adalah flora fauna serta beberapa motif kuno seperti gribigan yg banyak digunakan oleh Raja Amangkurat dimasa lalu.

Dimana Beli Batik Jawa Baru 2018?

Setelah mengenal aneka jenis batik yg memiliki motif unik. Ada baiknya Kamu mulai berpikir akan membeli jenis apa guna mendukung penampilan. Kalau Kamu kebingungan akan membeli dimana, disini merupakan pilihan terbaik. Qlapa merupakan pusat barang handmade Indonesia.

Mengapa harus Qlapa.com? Karena disini jenisnya cukup banyak. Ada batik cap dan tulis yang dikerjakan dgn sempurna. Oh ya, semua produk disini dikerjakan secara manual. Pengrajin menjualnya langsung kepada Anda sehingga kualitasnya sudah pasti terjamin pun harganya tak terlalu mahal.

Beli Batik Jawa Modern untuk Meningkatkan Penampilan

Sebagai seorang pekerja, pria sudah seharusnya menjaga penampilannya. Karena penampilan menarik, terlebih dipadu jika beli batik Jawa akan membuat Kamu lebih dihargai oleh orang lain. Jadi, tunggu apalagi, segara buru aneka pilihan variannya disini.