Hasil Pencarian:

Batik Jambi

Beli Batik Jambi Kain Khas dari Masa Kerajaan Melayu

Batik Jambi adalah salah satu kain tradisional Indonesia yang memiliki kekhasan tersendiri. Seperti kita ketahui, Indonesia memiliki berbagai macam kain tradisional dari beragam daerah. Salah satunya adalah dari Jambi, Sumatera. Motif yg dimiliki biasanya berkisar pada bentuk flora atau fauna khas Indonesia. Warna yang dimiliki juga beragam mulai dari nuansa gelap sampai dgn warna cerah.

Sama dengan Jawa, Jambi juga memiliki teknik pembuatan tulis dan cap. Beberapa bahan yg biasa digunakan adalah katun, sutra, paris. Bagi Kamu pencinta batik, pilihan ini bisa menjadi koleksi ataupun variasi pakaian sehari-hari.

Sejarah Batik Jambi Sumatera Indonesia

Berawal dari peredaran perdagangan yang berkembang di pesisir Timur Pulau Sumatera. Salah satu pelopor batik Jambi adalah pedagang dari Jawa yang datang pada sekitar tahun 1875. Sejak itu, keindahan kain tradisional tersebut menjadi pesona tersendiri bagi kalangan kerajaan.

Semenjak tahun 1980-an, pemerintah mulai menggalakkan lagi pelestarian komoditasnya. Caranya adalah dg menumbuhkan lagi industri menengah pada kerajinan tersebut. Dengan berkembangnya zaman serta meningkatnya animo masyarakat, kerajinan tradisional tersebut kembali menjadi populer terutama motif Durian Pecah yang paling sering ditemukan di pasaran.

Sekilas Mengenai Motif Batik Jambi dan Artinya

Jambi memiliki banyak corak, dan masing-masing memiliki arti berbeda. Tidak seperti corak batik Jawa yg memiliki pola berkesinambungan, corak khas didominasi oleh rangkaian yang disebut ceplok. Dengan teknik ceplok, pola yg dihasilkan agak regang berjarak. Namun di sela-sela motif pokok biasanya diisi dengan motif tabur berupa titik, belah ketupat, atau bunga kecil. Beberapa nama corak batik yang terkenal di adalah sebagai berikut:

  1. Durian Pecah, Sesuai namanya memiliki gambar seperti durian dibelah dua serta berulang di seluruh kain tetapi tetap terkait oleh pangkal tangkainya. Durian pecah merupakan corak paling terkenal dan sering digunakan pada pakaian formal.
  2. Kapal Sanggat, menampilkan gambar kapal dengan ornamen bunga dan daun. Makna dari Kapal Sanggat adalah agar kita berhati-hati dalam mengerjakan sesuatu agar tidak terkena musibah seperti lalainya nahkoda yg menyebabkan kapal tenggelam.
  3. Tampuk Manggis, Terdiri dari gambar buah manggis terbelah yang menunjukkan semua bagian dari buah. Makna dari Tampuk Manggis adalah hendaknya kita melihat seseorang dari luar hingga dalam kepribadiannya juga.
  4. Kuao Berhias, Menggambarkan burung kuao yang sedang bercermin sambil mengepakkan sayap. Melambangkan nasehat agar kita harus terus melihat serta memperbaiki diri sendiri.

Setidaknya ada 39 motif tradisional dan 11 motif modern Jambi. Dengan corak sangat beragam, tentunya bisa menambah variasi pada koleksi batik dirumah.

Sebelum Beli Batik Jambi - Yuk Kenali Makna Durian Pecah

Durian Pecah menjadi corak paling diminati karena keunikannya. Jarang sekali batik Jawa memiliki gambar buah dalam coraknya, rata-rata hanya menggunakan bunga atau motif khas Jawa. Durian Pecah sendiri adalah sebuah motif yang menampilkan gambar durian terbelah tetapi masih bertautan.

Ternyata, di balik batik Jambi Durian Pecah terdapat arti bijaksana. Sesuai nilai di masyarakat Jambi, Durian Pecah menggambarkan keseimbangan antara pengetahuan dunia akhirat. Satu belah durian menggambarkan pengetahuan iman dan takwa sedangkan belahan satunya mengenai pengetahuan dan teknologi. Pangkal tangkai tersambung melambangkan keterkaitan di antara kedua pengetahuan tersebut.

Beli Batik Jambi Terbaru 2018 Desain Terkini

Nah, setelah mengetahui sejarah dan ragam motifnya, apakah Kamu tertarik untuk membelinya? Sebagai pelengkap untuk koleksi Anda, tentunya kain khas Jambi tersebut bisa jadi pilihan. Untuk itu, Qlapa menawarkan rangkaian pilihan berbagai model yg bisa Anda miliki.

Kamu bisa menemukan beragam produk fashion pilihan dgn bahan batik. Bukan hanya itu, warna dan model pakaian yang ditawarkan bernuansa segar kekinian. Warna corak seperti merah terang kombinasi kuning, hijau muda, atau biru bisa memberikan kesan muda bagi para pencinta kain tradisional Indonesia. Salah satu pengrajin yg menjual hasil kreasi desain pakaian adalah Zallatra. Selain itu, temukan beragam corak khas daerah lain di situs kerajinan asli Indonesia.

Beli Batik Jambi Sesuai Bentuk Tubuh?

Corak desain yang beragam terkadang perlu juga disesuaikan dengan bentuk tubuh. Misalnya saja, bagi yang memiliki pinggul agak lebar akan terlihat lebih bagus dgn balutan busana bermotif kecil-kecil seperti batik Biji Timun. Sedangkan buat pemilik tubuh ideal atau mungil bisa dg bebas menggunakan motif besar seperti Durian Pecah atau Kuao Berhias.

Sebenarnya, motif besar juga bisa digunakan oleh tubuh berisi, tetapi usahakan pakaian dikombinasi dengan bahan lain dan tidak sepenuhnya menggunakan batik. Dengan begitu, model pakaian bisa disesuaikan dg tampilan tubuh serta model pakaian.

Qlapa.com, Tempat Terbaik Beli Batik Jambi Asli

Qlapa.com merupakan marketplace tepercaya bagi produk kerajinan asli Indonesia. Bukan hanya ingin memajukan produk lokal, kami juga mau memastikan konsumen mendapatkan produk terbaik langsung dari pengrajinnya. Dengan begitu, harga bisa dipastikan lebih murah dan kualitas lebih terpantau.

Berbelanja pakaian melalui Qlapa juga sudah dipermudah dengan deskripsi produk secara detail. Kamu bisa menentukan pilihan karena tersedia foto produk serta panduan ukuran yg bisa Anda perkirakan sendiri. Amannya pengiriman juga menjadi salah satu fitur unggul. Bagaimana, sudah siap menambah koleksi dg batik Jambi? Temukan ragam pilihannya hanya di Qlapa!