Hasil Pencarian:

Batik Cirebon

Beli Batik Cirebon ASLI, Langsung Dari Pengrajin Lokal

Batik Cirebon bisa jadi pilihan agar tetap terlihat modis. Anggapan bahwa batik adalah pakaian ketinggalan zaman sudah harus disingkirkan jauh-jauh terutama pada produk dari daerah Cirebon. Cirebon dikenal memiliki motif sederhana serta warna cerah.

Sedikitnya, ada 5 motif yang sering ditemukan di pasaran. Berbeda dari Jawa yang memiliki dominasi warna coklat, kreasi Cirebon memiliki warna lebih cerah seperti biru muda ataupun merah. Apalagi seiring kemajuan zaman, kini sudah tersedia warna lebih segar beragam.

Kenali Sejarahnya Baru Beli Batik Cirebon

Hampir sama dengan batik Jawa, kerajinan kain tradisional Cirebon berawal dari pakaian lingkungan kerajaan. Pada masa itu, ada dua kesultanan berkuasa yaitu Kesultanan Kasepuhan dan Kesultanan Kanoman. Awalnya, membuat batik adalah kegiatan para putri kesultanan dimasa senggang. Beberapa motif dari zaman kerajaan pada masa itu adalah Paksi Naga Liman, Kanoman, Siti Inggil, serta Taman Kasepuhan.

Ada 9 tahap dalam pembuatan yang melibatkan setidaknya 3 kali proses pewarnaan. Oleh karena itu, hasil warna dalam proses pembuatan kain khas Cirebon merupakan warna detail meresap hingga ke pori-pori kain.

Mengenal Ragam Sebelum Beli Batik Cirebon

Motif khas Cirebon sangat beragam karena sejarahnya terpengaruh beberapa budaya lain yang masuk lewat jalur perdagangan. Dengan pengaruh dari negeri Cina dan Arab, kurang lebih terdapat 5 teknik utama dalam kain batik Cirebon.

  1. Wadasan ini adaalah khas dari kesultanan. corak dalam kategori Wadasan adalah ornamen khas kerajaan seperti Mega Mendung, Naga Saba, Singa Payung, dan Taman Arum.
  2. Geometris. Merupakan pola berulang dengan bantuan garis geometri yang sudah dibuat sebelumnya. Beberapa corak hasil teknik geometri adalah Liris, Kawung, serta Tambal Sewu.
  3. Pangkaan merupakan sebutan untuk batik bermotif lukisan alam seperti pohon, bunga, atau kupu-kupu. Beberapa corak dalam kategori Pangkaan adalah Piring Sedapur, Soko Cina, Kembang Terompet, Kelapa Setundun.
  4. Semarangan, Kategori Semarangan merupakan motif berulang namun dibuat agak renggang. Corak dalam kategori Semarangan adalah Kembang Kantil, Piring Selampad.
  5. Byur dari Cirebon memiliki ornamen bunga dan daun kecil-kecil ditata secara penuh disekitar satu ornamen besar. Contoh corak kategori Byur adalah Dara Tarung, Banyak Angrum, Mawar Sepasang, Karang Jahe.

Selama ini, yang paling dikenal di pasaran yaitu Mega Mendung. Nyatanya, masih banyak kategori dan motif lain yang memiliki corak sama indahnya seperti Mega Mendung.

Mengetahui Asal Usul Batik Cirebon Mega Mendung

Dari sekian banyak desain khas Cirebon, corak Mega Mendung adalah salah satu paling mudah untuk dikenali. Motif ini unik karena tidak ditemukan didaerah lain. Tidak seperti motif bunga atau daun yang mudah ditemui pada batik dari berbagai daerah.

Motif mega mendung menggambarkan awan bergaris tegas. Warna yang digunakan biasanya adalah warna awan yaitu biru muda hingga tua serta terkadang diselingi warna merah. Warna dari Mega Mendung menggambarkan maskulinitas yang lugas, bersahabat, terbuka. Karena sangat menggambarkan sifat masyarakat setempat, Mega Mendung sering diperlakukan dengan hati-hati. Misalnya, menghindari pemakaian corak Mega Mendung pada alas kaki.

Pembuatan Mega Mendung juga dipengaruhi oleh budaya asal Banjarmasin dan Cina. Walaupun begitu, tetap memiliki beberapa perbedaan motif seperti bentuk awan atau pewarnaan. Pusat pengrajin batik sejak dahulu berada di Desa Trusmi, terletak sekitar 4 kilometer dari Kota. Oleh karena itu, sekarang batik Cirebon dikenal juga dalam nama Trusmi.

Apa Saja Pilihan Produk Buat Referensi Beli Batik Cirebon Terbaru 2018?

Di Qlapa.com, kami memastikan semua produk memiliki kualitas terbaik serta langsung dikirim dari pengrajin. Ini membantu kami memberikan harga terbaik kepada konsumen. Beberapa kain terbaru bisa Anda temukan adalah kain batik. Kain dalam beragam motif khas Cirebon itu dijual dalam ukuran 2 x 1 meter. Dengan ukuran tersebut, Kamu dapat membuat pakaian berupa rok, kemeja, atau blouse.

Selain kain, temukan juga pakaian terbaru karya pengrajin seperti Madha yang menjual produk fashion berkualitas berupa kemeja, atasan peplum, serta terusan cantik berbalut batik khas Cirebon. Atau, tambahkan detail batik ke dalam gaya sehari-hari dengan membeli tas bermotif khas Cirebon buatan Itando Bags.

Beli Batik Cirebon Murah dengan Kualitas Bagus

Banyak pengrajin batik premium di mal atau pusat perbelanjaan menjual barang asli berharga mahal. Jadi, bagaimana membeli batik berkualitas harga terjangkau? Salah satunya adalah dengan membeli lewat Qlapa.com. Seluruh pengrajin yang menjual barangnya adalah pengrajin berkualitas serta telah terbukti lewat proses kurasi team kami.

Karena Qlapa.com bekerja sama langsung bersama pengrajin, harga final yang ditawarkan kepada pembeli pun dapat lebih terjangkau. Selain itu, kami mencantumkan detail produk secara rinci disertai foto sehingga akan terlihat seperti apa wujud aslinya.

Lestarikan Budaya Bangsa Melalui Produk Lokal

Nah, kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan budaya bangsa? Batik Cirebon adalah produk yang banyak diminati oleh orang dari luar Indonesia. Oleh karena itu, kita sebagai orang Indonesia sendiri perlu bangga menggunakan produksi dari pengrajin lokal. Dengan keamanan dalam pembayaran serta pengiriman, Kamu bisa mendapatkan berbagai macam batik lokal berkualitas plus terjangkau.