Hasil Pencarian:

Batik Cap

Batik Cap dari Berbagai Daerah di Indonesia di Qlapa.com

Teknik cap adalah salah satu hasil dari perkembangan teknik pembuatan kerajinan kain Indonesia. Beberapa tahun belakangan, kerajinan ini muncul lagi ke permukaan dan mulai terlihat banyak digunakan oleh masyarakat umum. Ini berkat industri yang terus mencoba untuk berinovasi dalam model pakaian. Teknik ini sendiri sebenarnya sudah ada lama di Indonesia. Teknik membuat batik secara cepat serta memiliki pola konsisten guna memproduksi lebih banyak kain.

Di Qlapa.com, kami memiliki sejumlah model dari berbagai daerah. Dengan berbagai jenis serta warna, tersedia aneka model pakaian dan corak guna memenuhi selera Anda. Temukan juga bahan berkualitas yang bisa Anda olah menjadi pakaian dalam model sesuai keinginan.

Sejarah Batik Cap di Indonesia

Sejarah batik cap di Indonesia bermula pada pertengahan abad ke-19. Pada masa itu, mulai muncul teknik menggunakan semacam stempel terbuat dari tembaga berukuran 20 x 20 cm. Pada awalnya, teknik cap digunakan untuk menyiasati meningkatnya permintaan pasar, pada saat itu proses produksi memang membutuhkan banyak orang. Oleh karena itu, teknik cap ini menjadi suatu solusi.

Sebenarnya, sistem pembuatan cap hampir sama dengan pembuatan batik tulis yaitu menggunakan malam. Stempel dicelup ke dalam malam, lalu dicetak ke atas kain kemudian diberi tekanan cukup besar. Dengan begitu, ketika kain dicelup ke dalam pewarna, bagian kain yang sudah ditekan menggunakan malam tidak akan terkena celupan warna.

Yang menarik dari pembuatannya adalah teknik pewarnaan yg bisa dilakukan secara berulang-ulang. hal Ini menghasilkan warna lebih menyerap ke dalam pori-pori kain sehingga lebih unik dan awet dibandingkan teknik cetak lainnya. Dengan memiliki pakaian dari teknik cap ini, Anda bukan saja bisa memiliki pakaian unik, tetapi juga melestarikan budaya asli Indonesia.

Perbedaan antara Batik Cap, Tulis dan Sablon

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai kain kerajinan khas budaya Indonesia, Anda perlu mengetahui perbedaan antara tulis, cap, dan sablon. Secara motif, biasanya batik tulis memiliki corak tidak konsisten atau berbeda antara satu kain dan kain lainnya. Ini karena jenis tulis dikerjakan secara manual seperti proses melukis. Namun warna dari jenis tulis bisa beragam dan juga awet.

Pada Batik cap, pola terlihat lebih konsisten dengan warna lebih beragam merata. Ini cocok digunakan untuk membuat pakaian berbagai macam model. Beberapa ciri dari teknik cap adalah warna lebih mengilap dan merata pada kedua sisi kain, motif lebih konsisten, tidak terlalu detail, warna dasar bahan biasanya berwarna gelap.

Sementara itu, batik sablon merupakan produk tekstil yang memiliki motif. Pada umumnya, sablon atau print ini hanya memiliki warna di satu sisinya saja, sedangkan motif bisa mengikuti model corak di batik tulis atau cap.

Uniknya Batik Couple Tekinik Cap

Tentunya seru bisa berpakaian kembar bersama pasangan bukan? Nah, Qlapa.com memiliki beberapa koleksi pakaian couple material berkualitas dan lembut. Beberapa diantaranya adalah seperti produk karya seller DX2 Boutique dan Whiens Collection. Toko tersebut adalah beberapa di antara toko-toko di Qlapa.com yang menjual pakaian batik couple.

Produk yang ditawarkan adalah pakaian couple model modern. Selain desain pakaian up to date, material yg digunakan juga merupakan batik cap. Ini berarti, corak pakaian lebih awet serta lebih terjamin keaslian batiknya. Pastinya terlihat unik saat memakai pakaian seragam bersama pasangan.

Tips Memilih Batik Keluarga untuk Acara Formal

Batik cap bukan saja unik untuk dikenakan bersama pasangan, tetapi juga bersama keluarga. Nah, bagaimana memilih batik keluarga secara tepat? Simak tips berikut untuk mendapatkan kekompakan keluarga.

  1. Belilah bahan kain cap netral dan bisa digunakan oleh pria wanita dari berbagai usia. Warna hitam, merah, biru muda, atau kuning bisa jadi pilihan.
  2. Pilih kain dari bahan sejuk, agar seluruh anggota keluarga nyaman menggunakannya.
  3. Carilah penjahit yang bisa menyesuaikan bahan dengan model pakaian yg Anda inginkan.
  4. Terakhir, sesuaikan model pakaian sesuai karakter masing-masing anggota keluarga. Misalnya, untuk wanita berusia dewasa, atasan berlengan panjang akan terlihat lebih anggun. Sementara itu, untuk wanita berusia lebih muda bisa membuat batik rok di atas lutut serta detail leher segar.

Dengan begitu, Anda bisa tetap memiliki batik seragam bersama keluarga tanpa meninggalkan karakter masing-masing anggota keluarga. Kompak bukan berarti harus sama persis, bukan?

Batik Cap Terbaru 2018 dari Qlapa

Di Qlapa.com, semua produk sudah melalui proses kurasi, sehingga konsumen akan memperoleh produk bermutu baik. Anda bisa menemukan berbagai macam produk mulai yang berbentuk bahan sampai dengan yang sudah berbentuk pakaian.

Selain itu, Anda dapat memilih berbagai macam corak seperti corak khas Pekalongan, Jogja, Garut. Belum lagi, corak tersebut memiliki banyak warna yang bisa disesuaikan dengan selera. Dengan membeli bahan langsung dari pengrajin lewat Qlapa.com, Anda bisa membuat sendiri pakaian sesuai model favoritmu. Atau, kalau tidak mau repot, pilihlah beberapa model pakaian jadi berbahan batik cap disini.

Tertarik untuk Membeli Batik Cap Unik?

Keamanan dan kemudahan transaksi yang kami tawarkan akan memudahkan Anda sebagai konsumen batik. Dengan berbelanja di Qlapa.com, artinya pembeli turut mengembangkan produk asli Indonesia dari pengrajin-pengrajin berkumpul dari seluruh penjuru negeri. Tertarik untuk membeli? Yuk, cari corak dan model pilihanmu disini.