Rincian Modal Usaha Fotocopy Dan Alat Tulis Lengkap Beserta Cara Memulainya

  • Whatsapp
Rincian Modal Usaha Fotocopy Dan Alat Tulis

Bisnis usaha rumahan yang terbilang tidak pernah mati adalah usaha fotocopy. Sepanjang lembaga dan instansi masih berjalan peluang usaha ini masih sangat menjanjikan. Tidak banyak yang tahu mengenai besaran modal karena sebagian merasa takut untuk memulainya. Oleh karenanya pada artikel ini akan coba diberikan gambaran berapa besaran rincian modal usaha fotocopy dan alat tulis.

Biaya yang dikeluarkan memang cukup besar, namun besarnya modal awal akan segera kembali asal dikelola dengan baik. Selain fotocopy, menyediakan perlengkapan sekolah dan alat tulis juga bisa menambah pundi rupiah. Bahkan jika memungkinkan menyediakan percetakan undangan atau printing adalah ide yang baik.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuka Usaha Fotocopy

Dalam segala bisnis diperlukan persiapan matang sebelum memutuskan serius terjun di dalamnya. Begitu pula dengan usaha fotocopy. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha dapat berjalan dengan lancar kedepannya. Berikut hal yang perlu disiapkan untuk membuka usaha fotocopy :

1. Modal Usaha

Setiap usaha pasti membutuhkan modal yang membedakan adalah seberapa besar modal yang diperlukan. Banyak orang terkendala dengan hal ini, namun banyak cara juga untuk mendapatkan modal. Antara lain dengan meminjam ke keluarga, teman atau meminjam ke bank. Namun cobalah untuk untuk bersungguh – sungguh agar tidak mengecewakan..

2. Menentukan Tempat Usaha

Hal berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah menentukan tempat yang akan dijadikan usaha.  Pilih lokasi strategis seperti di pinggir jalan raya, di dekat pasar, dekat sekolah, dekat kampus atau tempat yang berdekatan dengan kantor pemerintahan. Meski secara umum menyewa atau membeli tempat di lokasi strategis memiliki harga lebih mahal, namun potensi keuntungan juga akan lebih besar.

3. Memilih Peralatan Berkualitas Yang dibutuhkan

Modal yang ada nantinya untuk membeli alat dan perlengkapan yang dibutuhkan. Seperti membeli mesin fotocopy, printer dan lain sebagainya. Mesin fotocopy merupakan jantung utama dalam usaha ini. Untuk itu memilih peralatan yang berkualitas adalah solusi tepat. Meski tidak dipungkiri barang berkualitas berharga lebih mahal. Namun kualitas juga tidak akan bohong tentu lebih awet dan bergaransi.

4. Strategi Pemasaran

Pemasaran merupakan ujung tombak dari sebuah usaha. Di era digital ini tidak sulit untuk mempromosikan sebuah usaha. Ada banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan, entah secara gratis atau berbayar. Atau jika memiliki dana lebih dapat meminta bantuan dari perusahaan digital marketing untuk memasarkan usaha.

Sebagai awal memulai usaha, tidak ada salahnya untuk memberikan diskon untuk menarik pelanggan baru. Memperkenalkan usaha lewat banner atau mencetak pamflet juga bisa dicoba. Kemas dengan desain yang bagus agar pelanggan tertarik. Memberikan bonus seperti gratis buku atau pulpen untuk transaksi yang cukup besar juga bukan hal yang salah.

Estimasi Modal Usaha Dan Alat Apa Saja Yang Perlu Dibeli

Penasaran berapa modal untuk membuka usaha fotocopy? Apa saja yang harus dibeli dan berapa harga satuan produknya. Berikut ini adalah rincian modal fotokopi dan alat tulis lengkap dengan segala peralatan yang perlu dibeli :

1. Biaya Sewa Tempat

Biaya tempat usaha usaha berkisar 15 juta sampai 25 juta per tahun. Hal ini juga tergantung dari lokasi yang ditawarkan.semakin strategis tempat tersebut akan semakin mahal harganya. Sesuaikan dengan keuangan masing – masing apakah tahunan atau bulanan.

2. Mesin Fotokopi

Harga mesin fotocopy sekitar antara 25 juta hingga 40 juta. Jika tidak memungkinkan membeli baru tidak ada salahnya membeli barang bekas namun dengan kondisi yang masih bagus. Harga ini juga tergantung tipe dan merek dari mesin tersebut. Merek yang sering dipakai dan banyak beredar dipasaran adalah merek Canon, Fuji Xerox atau Kyocera. Tiga merek ini juga terkenal bagus dan berkualitas.

3. Mesin Printer dan komputer

Peralatan selanjutnya adalah mesin printer dan computer. Harga mesin printer umumnya sekitar 800 ribu tergantung tipe dan merek. Untuk komputer atau laptop tidak ada salahnya untuk membeli second. Harga untuk laptop bekas ukuran 14 inch biasanya dibandrol sekitar 3 – 4 juta.

4. Etalase Dan Peralatan ATK

Etalase serta ATK merupakan rincian modal usaha fotocopy dan alat tulis selanjutnya. Biaya yang diperlukan untuk etalase sekitar 2 juta, meja kursi set 1 juta, alat pemotong kertas 1, 5 juta, kertas dan tinta 2 juta, alat laminating 1,5 juta serta persediaan ATK Lengkap sekitar 4 juta. Jadi jika dijumlah sekitar 12 juta.

5. Biaya Promosi

Sisihkan sedikit dana untuk keperluan promosi. Biaya untuk promosi berkisar antar 500 ribu. Tergantung sebesar apa promosi yang diinginkan. Sebenarnya semakin banyak biaya yang dikeluarkan untuk promosi akan memberikan dampak yang semakin baik untuk usaha yang sedang dibangun. Namun jika masih pemula sebaiknya 500 ribu cukup.

Dari penjabaran di atas dapat disimpulkan bahwa rincian modal usaha fotocopy dan alat tulis yakni berkisar 65 hingga 85 juta rupiah. Jika modal belum cukup lebih baik untuk membuka usaha fotocopy dalam skala kecil. Namun pendapatan yang didapat juga beresiko kecil. 

Related posts