Resep Brownies Matcha Lembut Tanpa Mixer

  • Whatsapp

Salah satu makanan kekinian yang memiliki cita rasa nikmat dan unik karena rasa manisnya yang tidak biasa yakni matcha.

Kalau biasanya matcha ini hanya dijadikan minuman, maka kali ini bisa dijadikan inovasi menjadi brownies.

Read More

Tentu saja resep masakan Indonesia brownies matcha ini tidak berbeda jauh dengan resep brownies pada umumnya, dan tetap mudah untuk dibuat.

Resep Brownies Matcha Mudah

Untuk membuat brownies matcha ini bukanlah hal yang sulit karena bisa menggunakan bubuk matcha, ataupun cokelat dengan rasa matcha.

Selain itu brownies ini juga bisa diolah dengan cara dikukus ataupun dioven. Hal ini bisa dipilih sesuai selera. Namun kali ini Qlapa.com akan membahas resep brownies matcha mudah dengan cara dipanggang.

Bahan yang Dibutuhkan

  • Bubuk green tea/ cokelat rasa greentea 60 gram
  • Butter 50 gram.
  • Telur 2 butir
  • Gula pasir 50 gram (atau bisa juga diganti dengan brown sugar)
  • Baking powder satu setengah sendok teh
  • Topping Sesuai Selera

Saat membuat brownies ini apabila menggunakan bubuk green tea, maka bisa menambahkan cokelat putih untuk menetralkan rasa pahit dari greenteanya. Tapi kalau ingin tetap netral, maka tidak apa-apa jika tidak menggunakan cokelat putih.

Cara Membuat

  • Lelehkan mentega dan campurkan dengan cokelat rasa greentea
  • Tepung terigu, baking powder dan bubuk green tea (matcha) pisahkan,
  • Gula dan telur diaduk dengan rata menggunakan whisk terlebih dahulu. Aduk hanya sampai larut saja. Bisa juga dengan menggunakan garpu apabila tidak mempunyai whisk.
  • Tambahkan lelehan mentega dan cokelat rasa greentea. Saat memasukkan bahan ini tunggu dulu sampai dingin, karena kalau terlalu panas justru bisa membuat telor menjadi matang.
  • Masukkan campuran tepung terigu, baking powder dan bubuk green tea (apabila menggunakan bubuk green tea) aduk kembali sampai rata.
  • Siapkan loyang dengan ukuran 10X20 yang sebelumnya sudah diolesi margarin agar tidak lengket
  • Lalu tuangkan adonan kedalam loyang tersebut, ratakan adonan dan jangan sampai ada yang menggumpal
  • Panggang ke dalam oven selama 35 menit, dengan suhu 150 derajat celcius.

Saat sudah matang, maka sebaiknya jangan langsung dipotong melainkan tunggu dahulu sampai agak hangat. Karena kalau masih panas, namun segera dipotong maka dikhawatirkan kue bisa hancur.

Tips Supaya Brownies Tetap lembut

Kalau ingin brownies padat, namun tetap lembut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Biasanya brownies seperti ini dinamakan brownies dengan tekstur fudgy, atau lembab. Untuk bisa mendapatkan tekstur yang diinginkan tersebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya :

1. Menambahkan Lemak

Jangan ragu untuk menambahkan kuning telur sebagai lemak tambahan dalam adonan brownies. Karena selain bisa memberikan tambahan rasa, lemak tambahan ini juga bisa membuat brownies memiliki tekstur yang sesuai keinginan yakni fudgy.

2. Menambahkan Mentega

Saat menggunakan loyang yang lebih besar, maka jangan pernah lupa untuk menambahkan mentega. Karena memang fungsi utama mentega ini adalah melembutkan. Supaya semakin lembut pastikan untuk mencairkan mentega sampai benar-benar cair.

3. Menggunakan Cokelat Lebih Banyak

Selain terasa lebih lembut dan juga lebih lembab, menambahkan cokelat ini juga bisa membuat rasa masakan menjadi lebih kaya. Sehingga brownies akan terasa lebih mahal.

4. Perhatikan Waktu Memanggang

Jangan terlalu lama ketika memanggang kue ini karena kalau terlalu lama maka tekstur brownies akan mengeras sehingga menjadi sulit untuk dipotong. Karena itu saat brownies dirasa sudah cukup matang, maka segera angkat.

Ternyata cara membuat brownies matcha ini bukanlah hal yang sulit. Semua bahan dalam resep brownies matcha di atas juga sangat mudah ditemukan. Pastinya rasa dari brownies matcha ini sangat lezat dan berbeda dengan brownies lainnya.

Related posts