Punya Jiwa Kreatif Tinggi? Ide Bisnis Rumahan Ini Bisa Dicoba

  • Whatsapp

Sebagai seorang pengusaha memang harus selalu berpikir inovatif dan kreatif dalam menciptakan suatu produk.

Hal ini agar dapat membuat suatu ide bisnis rumahan yang harus berbeda dari yang lain.

Read More

Mengingat persaingan dalam dunia kewirausahaan yang cukup ketat.  Seorang pengusaha juga perlu mengambil resiko supaya mampu bersaing untuk mendapatkan kesuksesan.

Munculnya trend baru dalam dunia bisnis nampaknya mulai bermunculan. Jika dilihat dari pangsa pasarnya, saat ini konsumen banyak menyukai suatu produk yang kreatif dan unik.

Produk ini bahkan bisa bernilai tinggi di pasaran yang akan menghasilkan keuntungan melimpah.

Oleh karena itu, pengusaha perlu memikirkan jenis usaha yang cocok serta kreatif yang akan memunculkan nuansa baru dalam berbisnis. Nah, berikut ini beberapa ide menarik yang bisa menjadi peluang usaha. Yuk, simak ulasannya.

1. Usaha Paper Flower

Membuat paper flower atau bunga kertas dapat menjadi ide bisnis rumahan yang kreatif.

Bisnis ini sangat cocok bagi calon pengusaha yang menyukai bidang dekorasi. Ide-ide unik dan kreatif ini dapat dituangkan dengan membuat berbagai kerajinan tangan yang terbuat dari kertas.

Kerajinan bunga kertas ini cukup unik sehingga akan memberikan kesan simple sekaligus sederhana dalam ruangan.

Paper flower ini dapat digunakan untuk kebutuhan acara tertentu seperti lamaran, syukuran, ulang tahun, dan sebagainya. Saat ini, usaha paper flower mulai banyak digemari karena dapat berpeluang menjadi bisnis yang menjanjikan.

2. Membuat Desain Undangan

Undangan menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilupakan jika akan mengadakan suatu acara. Jika memiliki kemampuan mendesain dengan photoshop atau corel, membuat usaha jasa desain undangan bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan.

Konsumen dapat berkonsultasi mengenai desain undangan yang akan digunakan barulah pengusaha yang akan merealisasikan desain untuk dicetak.

Selain mendesain, pengusaha pun dapat menawarkan jasa cetak undangan. Jadi, konsumen tidak perlu repot untuk mencetak undangan di tempat yang berbeda.

Ide bisnis rumahan ini dapat menghasilkan keuntungan karena permintaan konsumen yang banyak dan bahkan tidak pernah sepi.

3. Jasa Makeup

Bagi yang memiliki minat dan bakat dalam merias, membuka jasa makeup di rumah bisa menjadi pilihan tepat. Ide bisnis rumahan ini dikenal memiliki modal kecil karena hanya membutuhkan biaya untuk membeli peralatan makeup saja.

Jasa makeup ini akan banyak dibutuhkan untuk acara pernikahan, prewedding, wisuda atau acara resmi lainnya. Selain itu, pengusaha pun dapat membagi ilmunya dengan membuka kursus merias di rumah.

4. Bisnis Melukis Henna

Memiliki hobi menggambar atau melukis nampaknya terdengar sepele. Namun, ternyata hobi yang satu ini dapat menghasilkan uang.

Salah satu caranya dengan melukis tangan menggunakan henna. Henna biasanya dilakukan untuk mempercantik tangan saat hari pernikahan atau ketika lamaran.

Sebelum menjalankan bisnis ini, pengusaha juga perlu meluangkan waktu untuk mempelajari teknik menggambar henna yang baik dan benar.

Agar konsumen tidak kecewa dengan hasil gambar henna yang telah dibuat Bisnis ini sangat cocok untuk menuangkan minat dan bakat dalam menggambar.

5. Hantaran atau Mahar

Bisnis membuat kreasi hantaran atau mahar menjadi trend akhir-akhir ini. Usaha ini terbilang menjanjikan karena akan selalu dibutuhkan jika sedang musim diadakan pernikahan.

Untuk membuat mahar atau hantaran memang membutuhkan keterampilan khusus dan ketelitian dalam setiap prosesnya.

Kreasikan mahar, kotak cincin, atau kotak cincin dengan berbagai tema yang menarik sesuai keinginan konsumen. Misalnya pengusaha dapat mengkreasikan nya dengan tambahan kayu, bunga-bunga, serta daun untuk tampilan rustic yang unik.

6. Sewa Dekorasi Photobooth

Membuka persewaan dekorasi photobooth juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menarik.

Saat ini penggunaan photobooth dalam acara-acara tertentu seperti pernikahan atau ulang tahun sangat diminati. Usaha ini cukup menjanjikan dan berpeluang menghasilkan keuntungan yang besar.

Namun, modal untuk membuka bisnis ini cukup besar karena harus membeli peralatan untuk keperluan dekorasi. Peralatan yang dibutuhkan antara lain bunga, background, lampu serta perlengkapan tambahan lainnya.

7. Souvenir Unik

Souvenir atau buah tangan memang selalu identik dengan benda yang lucu dan unik. Bisnis ini sepertinya cukup menjanjikan untuk dicoba. Kreatifitas akan sangat dibutuhkan dalam membuat kreasi souvenir agar menarik perhatian konsumen.

Pengusaha dapat membuat souvenir seperti gantungan kunci, dompet atau tas kanvas, hingga gelas unik. Modal yang dibutuhkan pun bervariasi tergantung jenis souvenir apa yang akan diproduksi.

Pengusaha juga dapat meminimalisir modal dengan memanfaatkan barang bekas yang telah di daur ulang untuk dijadikan buah tangan yang cantik dan unik.

8. Menjadi Fotografer

Menjadi seorang fotografer memang tidak mudah, perlu menerapkan teknik fotografi tertentu untuk dapat menghasilkan momen yang bagus dan berkesan.

Bagi yang memiliki hobi di bidang fotografi pun bisa memilih usaha ini. Pengusaha dapat menyulap ruangan kosong di rumah untuk dijadikan studio foto kecil-kecilan.

Selain itu, fotografer dapat pula menawarkan jasa untuk acara prewedding, wisuda, ulang tahun, engagement, serta pernikahan. Modal usaha ini terbilang tidak besar bahkan tidak mengeluarkan biaya sekalipun apabila sudah memiliki kamera sebelumnya.

Demikian informasi mengenai ide bisnis rumahan yang bisa di coba. Calon pengusaha dapat memilih jenis bisnis apa yang cocok untuk dijalani di rumah.

Baca Juga: Tips Membuat Proposal Bisnis Makanan Agar Menarik

Siapkan pula modal sesuai dengan yang dibutuhkan. Setelah itu, lakukan promosi baik secara mulut ke mulut maupun melalui sosial media untuk menarik konsumen.

Ide bisnis tersebut akan menghasilkan keuntungan yang besar apabila dijalani dengan tekun dan bersungguh-sungguh. Terus kembangkan kreatifitas dan ide-ide menarik ke dalam jenis usaha yang dijalani agar dapat terus bersaing dalam dunia bisnis.

Related posts