Punya Gelar Sarjana Pendidikan? Milikilah 7 Sifat Ini

  • Whatsapp

Setelah empat tahun berjuang untuk menyelesaikan kuliah di bidang pendidikan, maka gelar sarjana pendidikan pun adalah imbalan yang sangat layak untuk didapatkan.

Nah setelah di gembleng dan di didik semasa perkuliahan, maka kini tibanya untuk mengamalkan ilmu yang telah didapatkan selama di kampus.

Read More

Salah satu profesi yang sangat cocok untuk dilakoni oleh siapa saja yang memiliki gelar sarjana pendidikan adalah menjadi seorang guru.

Selain mengajar, guru juga tentunya harus memberikan contoh yang baik bagi murid-muridnya. Berikut ini adalah 7 sifat yang setidaknya harus dimiliki oleh siapa saja yang sudah menjadi sarjana pendidikan.

1. Senang Berbagi

Salah satu sifat dan kepribadian yang harus dimiliki oleh orang yang lulus dari bidang pendidikan adalah senang berbagi.

Terlepas dari fokus nya di bidang pendidikan apa, sifat yang satu ini merupakan sifat wajib yang dimiliki oleh seorang tenaga pendidik. Baik yang akan mengajar di tingkat SD, SMP, maupun SMA.

Mengapa? Sebab seorang guru adalah profesi yang akan mengajari berbagai ilmu kepada murid-muridnya.

Jika tidak memiliki sifat senang berbagi, maka seorang guru tidak akan mampu dengan optimal dalam menyampaikan pembelajaran. Hal ini pun tentunya akan berdampak terhadap pemahaman yang murid atau siswa dapatkan.

2. Senang Menolong dan Membantu

Sifat kedua yang harus dimiliki oleh seseorang yang memiliki gelar sarjana pendidikan adalah senang menolong dan juga membantu. Ini adalah sifat baik yang jika melekat oleh seorang tenaga pendidik tentu saja akan membuat para murid nya sangat senang dan merasa jatuh cinta.

Jika sifat ini sudah dimiliki maka siap-siap saja akan menjadi guru yang keberadaannya dinantikan oleh murid-muridnya.

Ketika ada murid yang kesusahan dalam mengerjakan soal yang diberikan, maka seorang guru harus siap untuk membantu dan menolongnya.

Caranya tentu saja tidak secara langsung memberikan jawabannya, melainkan di tuntun Langkah demi Langkah supaya siswa bisa lebih memahami apa yang telah disampaikan.

3. Harus Sabar

Sabar adalah sifat lainnya yang sangat lekat dengan seorang guru. Hal ini dikarenakan berbagai macam karakter siswa akan ditemui saat terjun langsung ke dalam kelas. Baik yang pendiam, yang ramah, hingga yang aktifnya kelewatan batas.

Nah murid-murid seperti inilah yang membutuhkan sifat sabar dalam menghadapinya.

Jika seorang guru atau tenaga pendidik tidak sabaran, maka akan sulit dibayangkan keadaan kelas akan seperti apa. Terlebih lagi bagi yang para guru yang mengajar usia anak-anak.

Ini tentunya tantangan nya akan semakin besar lagi. Walaupun begitu, sifat sabar ini akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari jika sudah dibiasakan selama mengajar.

4. Tidak Suka Men-Judge

Harus disadari bahwa murid-murid yang berada dalam satu kelas itu sangat beragam. Mulai dari latar belakang keluarganya, tempat tinggalnya, kecerdasannya, hingga bakat yang dimilikinya pun berbeda-beda.

Oleh karena itu seorang guru yang sudah mendapatkan gelar sarjana pendidikan harus paham betul akan keberagaman yang satu ini.

Banyak kasus bahwa siswa tidak mampu berkembang karena mendapat judge negatif dari guru yang mengajar. Misalnya karena siswa tersebut tidak pandai matematika, akhirnya seorang guru mengatakan sesuatu yang tidak-tidak pada anak tersebut.

Padahal seharusnya hal itu tidak boleh dilakukan karena bagaimanapun juga siswa tersebut pasti memiliki kelebihan di bidang lain. 

5. Selalu Memotivasi

Nah daripada memiliki sifat suka men-judge, seorang guru itu akan lebih baik jika memiliki sifat selalu memotivasi. Para siswa akan sangat suka pada guru yang apabila menemui kendala baik dalam memahami pembelajaran ataupun saat mengerjakan soal justru di motivasi.

Jadi guru turun langsung untuk memberikan semangat kepada murid-muridnya.

Alih-alih tersinggung dengan perkataan yang menyakitkan hati, justru seorang guru harus memberikan motivasi agar semangat belajar siswa bisa kembali lagi. Keterampilan dalam memotivasi orang memang tidak mudah, namun meskipun begitu hal yang satu ini masih bisa untuk terus dipelajari.

6. Mampu Jadi Teladan

Masih ingatkan dengan pepetah ‘guru kencing berdiri, murid kencing berlari’. Nah pepatah itu mengisyaratkan bahwa dimanapun dan kapanpun seorang guru itu akan dijadikan teladan oleh murid-muridnya.

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh guru akan menjadi pusat perhatian murid-muridnya, bahkan walaupun itu kegiatan yang buruk sekali pun.

Oleh karena itu, memiliki kepribadian yang baik adalah suatu keharusan bagi siapa pun yang sudah mendapatkan gelar sarjana pendidikan.

Selain hal itu menunjukan seseorang yang memang terdidik, rasanya kurang elok juga jika seorang guru justru menjadi teladan dalam keburukan bagi para murid-muridnya.

Baca Juga: Teknologi Tepat Guna, Manfaat dan Contoh Penerapannya

7. Seseorang yang Memiliki Jiwa Pembelajar

Nah sifat terakhir yang penting dimiliki oleh seorang guru atau tenaga pendidik adalah jiwa pembelajar.

Mengapa hal ini penting?

Sebab memutuskan menjadi seorang guru itu berarti mengabdikan dirinya untuk menjadi pembelajar sejati. Maksudnya di samping kewajiban mengajar, seorang guru juga harus tetap belajar.

Hal ini penting dilakukan karena ilmu pengetahuan terus berkembang setiap waktunya. Hal-hal yang mungkin dipelajari semasa perkuliahan sudah sedikit mengalami perubahan juga saat disampaikan kepada siswa yang bersangkutan.

Oleh karena itu, walaupun sudah berstatus sebagai pendidik, jiwa pembelajar itu harus tetap dimiliki.

Itulah 7 sifat yang setidaknya harus dimiliki oleh seseorang yang sudah memiliki gelar sarjana pendidikan. 

Terlepas profesi yang akan di pilih nya adalah seorang guru, peneliti, ataupun yang lainnya, namun sifat tersebut haruslah tetap dimiliki. Selain karena memang hal itu baik, sifat-sifat tersebut juga sangat erat kaitanya dengan para lulusan pendidikan.

Related posts