Jenis dan Daftar Pilihan Produk Reksadana Syariah Terbaik

  • Whatsapp

Seperti diketahui bersama produk reksadana syariah dalam pengelolaannya selalu menerapkan prinsip syariat. Maka, produk reksadana yang menggunakan prinsip dasar syariah ini, sudah dibersihkan dari berbagai unsur non halal, bebas riba dan lain sebagainya. Sehingga segala efek yang ada di pasar bursa, tidak bertentangan prinsip dasar syariah. Dan produk-produk tersebut sudah terdaftar di dalam Daftar Efek Syariah dari OJK.

Jenis Reksadana Syariah

Setiap reksadana syariah yang merupakan wadah untuk menghimpun dana masyarakat haruslah dikelola oleh manajer investasi yang berbadan hukum. Selain harus terdaftar di Otoritas Jasa keuangan, juga setiap produk reksadananya akan diseleksi ketat dan dimasukkan ke dalam Daftar Efek Syariah OJK.

Dan MUI melalui Dewan Syariah Nasional juga memberikan pengawasan berkaitan dengan dana yang dihimpun dari masyarakat tersebut. Agar setiap dana yang diinvestasikan baik dalam bentuk; saham, obligasi, Sukuk maupun di dalam instrumen pasar uang. Yang tentunya harus sesuai dengan prinsip dasar dari syariat Islam.

Jadi yang perlu diperhatikan para calon investor syariah adalah jangka waktunya minimal 12 bulan dan 5 tahun untuk yang berpendapatan tetap. Selain itu disesuaikan juga dengan kemampuan keuangan serta target atau tujuan berinvestasinya.ran dengan  Dan teliti setiap penawaran produk reksadana berkaitan dengan unsur riba maupun non halal-nya. Beberapa produk atau jenis reksadana yang biasa ditawarkan oleh para manajer investasi antara lain:

  • Pasar uang, yang berpendapatan tetap dengan masa temponya sekitar 1 tahun.
  • Pendapatan tetap dengan nilai aktiva bersih minimal 80% dari total investasinya.
  • Saham, juga berpendapatan tetap dengan nilai investasi minimalnya mencapai 80% dari NAB-nya.
  • Campuran, yang merupakan kombinasi dari saham, pasar uang dan pendapatan tetap.

Produk Syariah Yang Sesuai Kebutuhan

Fundamental negara yang kuat dengan likuiditas yang tinggi dan rendahnya tingkat inflasi, menjadikan peluang untuk berinvestasi di reksadana syariah cukup terbuka dan menjanjikan. Apalagi produk-produk  tersebut sudah diseleksi ketat oleh OJK dan diawasi DSN MUI. Berikut beberapa produk reksadana syariah yang dapat dijadikan pilihan terbaik dan disesuaikan dengan kebutuhan investor, antara lain:

1. Bahama Mes-Syariah Fund

Bahana Mes-Syariah Fund menawarkan produk reksadana syariah dengan penghasilan tetap. Yang menjadi manajer investasi di produk syariah ini adalah PT Bahana TCW Investment-Management. Modal awal yang dibutuhkan untuk berinvestasi Rp100 ribu dengan return pertahunnya mencapai 12,26%. Nilai aktiva bersihnya mencapai Rp1.226,62, dengan pengelolaan dana mencapai Rp 55 Miliar.

2. Sukuk Negara Indonesia

PT Majoris Asset Management yang merupakan manajer investasi yang mengelola produk reksadana syariah Majoris Sukuk Negara Indonesia. Merupakan jenis reksadana yang pendapatan tetap, dengan modal investasi awalnya cukup Rp10 ribu saja. return pertahun yang ditawarkan mencapai 11,64%. Untuk pengelolaan dananya saat ini mencapai Rp402 miliar dengan NAB-nya Rp1.134,75

3. TRIM Syariah Berimbang

TRIM Syariah Berimbang merupakan produk reksadana syariah dan PT Trimegah Asset Management yang menjadi manajer investasinya.  Merupakan jenis reksadana campuran dengan penyertaan modal awal sebesar  Rp100 ribu dan return per-tahunnya mencapai 8,9%. Harga NAB-nya mencapai Rp2.729,75, dengan dana pengelolaannya mencapai Rp 36 miliar

4. Manulife Syariah Sukuk Indonesia

Merupakan produk reksadana syariah dengan jenis pendapatan tetap. Produk investasi syariah ini dimanajeri oleh PT Manulife Aset Manajemen Indonesia. Dengan menawarkan modal awal investasi sebesar Rp10 ribu dan memberikan return per tahun hingga 6,69%.  Dana yang dikelola saat ini mencapai Rp 302 milyar, dengan harga NAB-nya hingga Rp1.093,16.

5. Reksadana Syariah Capital Sharia Money Market

Termasuk jenis reksadana pasar uang untuk investasinya dimanajeri oleh PT Capital Asset Management. Untuk mulai berinvestasi di produk reksadana ini membutuhkan modal awal sebesar Rp500 ribu, dengan return per tahun yang ditawarkan mencapai 6,48%. Untuk harga NAB-nya saat mencapai Rp1.127,23 dengan pengelolaan dananya hingga Rp 52 miliar

6. Mandiri Investa Dana Syariah

Mandiri Investa Dana Syariah merupakan jenis reksadana pendapatan tetap. Dengan PT Mandiri Manajemen Investasi bertindak selaku manajer investasinya.Modal awal untuk berinvestasi produk reksadana ini hanya Rp50 ribu saja. dengan return per-tahunnya 6,42%. Harga NASIBnya saat ini mencapai Rp3.611,12, dengan dana yang sudah dikelolanya hingga Rp 60 miliar

7. Majoris Pasar Uang Syariah Indonesia

Merupakan produk reksa dana jenis pasar uang syariah, yang menjadi manajer investasi  adalah PT Majoris Asset Management. untuk berinvestasi di produk ini dibutuhkan modal awal sebesar Rp10 ribu, dengan tingkat return per-tahunnya mencapai 6,37%.  Dengan dana yang dikelola mencapai Rp 125 Miliar dan NAB-nya berkisar Rp1.115,98.

Nah, demikian daftar pilihan produk reksadana syariah terbaik.  Saat ini sudah banyak pengelola reksadana syariah dengan berbagai macam produk yang jadi unggulannya. Sehingga calon investor dapat memilih mana produk yang sesuai dengan kriterianya dan dapat dijadikan pilihan terbaiknya. Dan yang paling penting untuk diperhatikan oleh para investor pemula adalah hindai jenis investasi yang berjangka pendek, sebab sangat besar resikonya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Related posts