Halaman ini berisi seluruh ketentuan dan kebijakan yang mengatur cara Pengguna menggunakan semua layanan yang disediakan oleh Qlapa. Dengan menggunakan layanan PT. Qlapa Kreasi Bangsa ("Qlapa") dalam bentuk apapun, termasuk tapi tidak terbatas pada mengunjungi situs www.qlapa.com , Pengguna sebagai Pengguna berarti setuju untuk mengikuti semua ketentuan dan kebijakan tertera pada halaman ini.


Kepemilikan Akun

Semua Pengguna, tanpa terkecuali, berhak mendaftarkan akun di Qlapa secara gratis tanpa dipungut biaya sama sekali. Pengguna yang mendaftarkan dan memiliki akun di Qlapa seterusnya akan disebut sebagai “Pengguna terdaftar”. Pengguna yang mendaftarkan dan menjual produknya di Qlapa seterusnya disebut sebagai "Penjual". Pengguna yang membeli produk dari Qlapa seterusnya disebut "Pembeli".

Ketika mendaftarkan akun, Pengguna harus mengisi data dan informasi diri dengan sebenar-benarnya, akurat, dan selengkap-lengkapnya. Selain itu, Pengguna juga harus memperbarui informasi akun Pengguna jika suatu waktu terjadi perubahan. Segala bentuk kerugian yang disebabkan oleh informasi yang tidak lengkap dan/atau tidak akurat bukanlah tanggung jawab Qlapa.

Pengguna bertanggung jawab penuh terhadap akun yang didaftarkannya. Segala bentuk aktivitas yang dilakukan atas nama akun yang didaftarkan Pengguna dianggap berasal dari Pengguna itu sendiri.

Pengguna bertanggung jawab penuh menjaga semua informasi akun Pengguna yang bersifat rahasia. Qlapa sama sekali tidak bertanggung jawab atas semua kerugian yang disebabkan oleh kegagalan Pengguna menjaga informasi rahasia pada akunnya.


Penjual

Penjual adalah Pengguna terdaftar yang memasang produk di Qlapa untuk dijual ke Pengguna lain. Semua Pengguna terdaftar yang berusia dewasa (17 tahun ke atas) berhak menjadi Penjual di Qlapa secara gratis tanpa dipungut biaya sama sekali. Dalam kondisi tertentu, Pengguna terdaftar yang berusia lebih muda dari 17 tahun berhak menjadi Penjual atas pertimbangan tim Qlapa.


Ketentuan Produk dan Kurasi

Tiap produk yang dimasukkan ke Qlapa akan dikurasi oleh tim kami. Proses kurasi akan dilakukan dengan meninjau kriteria berikut:

  • Relevansi produk
  • Kualitas fotografi produk
  • Kualitas penulisan informasi produk
  • Tag dan kategori produk
  • Tidak menjual barang baku

Setelah dikurasi, produk penjual akan masuk ke salah satu dari tiga status ini:

  • Lolos -- Produk dari penjual sudah memenuhi kriteria yang ditentukan Qlapa dan bisa segera dijual di situs Qlapa
  • Revisi -- Produk dari penjual tidak memenuhi kriteria penting yang ditentukan Qlapa. Penjual akan diberi notifikasi untuk merevisi produk yang bersangkutan. Sampai revisi yang diinginkan belum dilakukan, produk dari Penjual tersebut belum bisa dijual di situs Qlapa.
  • Blokir -- Produk dari penjual tidak sesuai dengan apa yang diizinkan oleh Qlapa, dan diharapkan untuk dihapus oleh penjual.

Relevansi Produk

Produk yang jual harus produk yang berasal dari kreativitas penjual dan merupakan hasil buatan sendiri, rekan tim, atau karyawan Penjual. Jenis produk yang dijual misalnya kerajinan, furnitur, pakaian, lukisan, produk antik, produk perawatan dan kesehatan, serta produk buatan tangan lainnya. Penjual tidak boleh menjual produk impor, produk reseller, produk bekas/sudah pernah digunakan sebelumnya, atau produk yang melanggar hak cipta intelektual pembuat lain.

Penjual dapat menggunakan bantuan atau tenaga produksi pabrik/perusahaan lain, namun penjual diharuskan untuk mengerti bahan, teknik, dan kualitas produksinya sehingga dapat dipertanggung jawabkan kepada pembeli.

Berikut adalah produk yang dilarang untuk dijual di Qlapa :

  • Produk yang bukan seperti dijelaskan diatas
  • Produk yang melanggar hukum yang berlaku di Indonesia

Deskripsi produk

Penjual hanya boleh menjual produk dan melakukan transaksi dengan mata uang Rupiah. Harga satuan produk yang dijual tidak boleh lebih dari Rp 99.999.999. Jika Penjual melakukan penjualan diluar Qlapa, maka harga jual yang digunakan di Qlapa harus lebih rendah atau sama dengan harga produk di tempat lain.

Penjual bisa mencantumkan kebijakan khusus untuk toko dan/atau produk Penjual di bagian deskripsi produk atau toko. Kebijakan tersebut harus masuk akal, tidak mengada-ada, bisa ditaati oleh Penjual itu sendiri, serta masih sejalan dan menuruti ketentuan dan kebijakan yang berlaku di Qlapa. Penjual yang mencantumkan kebijakan khusus harus mengikuti harus mengikuti dan menaati kebijakan tersebut sambil tetap mengikuti kebijakan dan ketentuan yang ada di Qlapa. Jika kebijakan khusus yang dicantumkan Penjual tidak sesuai dengan ketentuan dan kebijakan serta standar yang ada di Qlapa, Qlapa berhak meminta Penjual mengubah kebijakan tersebut.

Penjual harus memasukkan informasi produk berupa nama, tipe/jenis, harga satuan, warna yang tersedia, berat, jumlah/stok, variasi yang tersedia, serta deskripsi produk yang berisi ukuran atau dimensi, bahan yang digunakan, proses pembuatan, cara perawatan dan anjuran penggunaan, serta fitur dan ciri khas unik yang ada pada produk yang dijual. Penjual juga dianjurkan untuk memasukkan tag sesuai dengan karakteristik dengan produk yang dijual.

Penjual harus memasukkan informasi produk yang dijual dengan sebenar-benarnya, akurat, dan selengkap-lengkapnya. Selain itu, penjual harus segera memperbarui informasi produk yang dijual jika suatu waktu terjadi perubahan. Segala bentuk kerugian yang disebabkan oleh informasi produk yang keliru bukanlah tanggung jawab Qlapa.

Terkait informasi berat produk, biaya pengiriman produk akan dicantumkan secara otomatis berdasarkan jarak pengiriman serta berat produk. Jika produk yang dijual berukuran besar dan memiliki berat yang tidak sesuai dengan ukurannya (terlalu kecil), maka berat yang digunakan adalah berat volumetrik, yang dihitung dengan rumus (panjang(cm)+lebar(cm)+tinggi(cm)/6.000 (dengan memilih satuan berat volume).

Qlapa hanya berfungsi melakukan estimasi sesuai dengan informasi yang diberikan oleh Penjual dan Pembeli. Biaya pengiriman produk yang sebenarnya tetap ditentukan oleh pihak jasa pengiriman.

Gambar

Gambar produk yang dijual harus berukuran minimal seukuran 650x650 pixel, jelas, dan tidak menggunakan watermark, logo, dan tulisan yang mengganggu foto produk. Gambar yang digunakan juga harus gambar milik sendiri, bukan milik penjual lain atau pihak lainnya. Selain itu, pengguna disarankan menggunakan lebih dari satu dan maksimal lima foto untuk menunjukkan produk yang dijual sedetail mungkin.

Variasi, kustomisasi, dan pre-order

Penjual bisa memasukkan variasi pada satu produk yang dijual. Variasi yang diperbolehkan antara lain warna, ukuran, dan aspek yang tidak menghilangkan identitas dari produk tersebut. Jika variasi yang disediakan ternyata akan menciptakan sebuah produk yang berbeda, maka penjual harus menjual variasi tersebut sebagai satu produk yang terpisah.

Penjual bisa menjual produknya dalam sistem pre-order dan menentukan waktu pembuatan pre-order di kolom yang disediakan. Waktu yang ditentukan oleh Penjual merupakan keputusan Penjual itu sendiri, dan Penjual bertanggung jawab untuk menaati waktu tersebut.

Penjual bisa memasukkan pilihan kustomisasi pada produk yang dijual sesuai dengan keputusan Penjual yang bersangkutan. Penjual wajib memberi keterangan dan deskripsi kustomisasi sejelas mungkin di kolom yang tersedia. Penjual bertanggung jawab memenuhi semua kustomisasi yang disediakan.

Kewajiban revisi

Produk dari Penjual akan masuk ke dalam status Notice dan diminta melakukan revisi jika:

  • Foto produk hanya ada satu atau menyediakan satu angle
  • Beberapa foto produk kabur atau buram
  • Terdapat watermark berupa kode atau ukuran produk
  • Kontras produknya kurang atau buruk
  • Menulis deskripsi produk hanya dalam bahasa Inggris
  • Tidak menyertakan perkenalan atau ajakan untuk membeli
  • Typo pada judul
  • Nama yang tidak konsisten pada variasi dan kustomisasi

Produk dari Penjual akan masuk ke dalam status Revision dan baru akan diterima jika sudah melakukan revisi jika:

  • Foto produk tidak memperlihatkan produk secara jelas
  • Terlalu banyak variasi produk dalam satu foto
  • Foto produk yang digunakan melanggar lisensi atau hak cipta
  • Latar belakang foto membuat produk yang dijual tidak jelas
  • Semua atau sebagian foto produk kabur atau buram
  • Terdapat watermark berupa nama toko/penjual, logo toko, dan link
  • Produknya tidak jelas bentuk dan fungsinya
  • Cara menggunakan, ukuran, serta bahan baku produk tidak jelas atau tidak ada
  • Harga produk yang tidak sesuai
  • Format atau instruksi kustomisasi atau variasi yang salah

Pembeli

Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang membeli produk yang dijual di situs Qlapa oleh Penjual. Semua Pengguna terdaftar, tanpa terkecuali, berhak menjadi Pembeli Qlapa.


Proses Transaksi

Pemesanan dan pembayaran

Proses transaksi berlangsung sejak Pembeli melakukan pemesanan produk di layanan Qlapa. Pembeli dan Penjual harus melakukan seluruh langkah transaksi dengan metode yang disediakan oleh Qlapa. Segala bentuk kerugian akibat melakukan satu, sebagian, atau seluruh langkah transaksi di luar metode yang disediakan Qlapa bukanlah tanggung jawab Qlapa.

Ketika melakukan pemesanan, Pembeli berarti sudah membaca, mengamati, mengevaluasi, dan setuju dengan semua informasi produk yang akan dipesan.

Pembeli harus melakukan pembayaran dalam waktu maksimal 18 jam setelah melakukan pemesanan sesuai dengan jumlah yang diminta. Jika Pembeli tidak melakukan pembayaran dalam waktu yang ditentukan, maka Pembeli secara otomatis dianggap membatalkan transaksi. Selain itu, jika Pembeli membayar dengan jumlah yang lebih dari yang diminta, dana yang berlebih akan dikembalikan ke rekening Pembeli. Jika Pembeli membayar dengan jumlah yang kurang dari yang diminta, pembayaran akan ditolak dan dikembalikan ke rekening Pembeli. Pembeli tidak bisa membatalkan pesanan jika pembayarannya sudah diterima.

Ketika Pembeli sudah menyelesaikan pesanan, Penjual secara otomatis dianggap menerima pesanan.

Pengiriman dan pengemasan produk

Penjual harus mengirimkan produk sesuai dengan pesanan pembeli, baik secara kualitas maupun kuantitas. Untuk produk yang stoknya tersedia, Penjual harus memasukkan nomor resi pengiriman produk dalam waktu 4 (empat) hari setelah Penjual menerima pesanan dari Pembeli. Sedangkan untuk produk pre-order , Penjual harus memasukkan nomor resi pengiriman produk 4 (empat) hari setelah masa pembuatan yang ditentukan oleh Penjual (maksimal 30 hari). Jika Penjual tidak memasukkan nomor resi pengiriman produk dalam waktu tersebut, maka Penjual secara otomatis dianggap membatalkan transaksi.

Sebelum melakukan pengiriman, Penjual harus mengemas produk sedemikian rupa sehingga produk aman dari kerusakan selama pengiriman. Jika produk mengalamai kerusakan pada saat diterima pembeli, maka penjual wajib mengembalikan atau mengganti produk sesuai dengan pesanan dari pembeli.

Penjual juga diwajibkan mencantumkan alamat tujuan pengiriman produk yang lengkap dan sesuai dengan yang diminta Pembeli, informasi singkat mengenai produk yang dipesan, serta alamat, nama, dan kontak Penjual yang benar dan akurat pada permukaan paket atau kemasan. Penjual bertanggung jawab atas kegagalan pengiriman yang disebabkan oleh kesalahan pengetikan alamat tujuan.

Pembeli bertanggung jawab atas kegagalan pengiriman yang disebabkan oleh alamat yang tidak lengkap, tidak ada penerima barang di alamat rumah yang dituju, atau penerima menolak barang yang sudah dikirim. Dalam hal ini pembeli bertanggung jawab untuk membayar biaya pengiriman untuk pengiriman kedua

Kerusakan dan kehilangan barang dalam proses pengiriman produk merupakan tanggung jawab Penjual dan penyedia jasa layanan pengiriman, bukan Qlapa. Pengaduan barang belum diterima setalah 7 hari dari produk dikirim atau 5 hari sejak status pengiriman diinyatakan berhasil diterima oleh ekspedisi akan dianggap tidak valid.

Pembatalan dan Penolakan Transaksi

Dalam kondisi dimana terdapat kekeliruan dalam informasi stok produk dan penjual tidak dapat melakukan produksi, maka penjual berhak untuk menolak / membatalkan transaksi dengan menghubungi tim Qlapa terlebih dahulu. Pembayaran yang dilakukan oleh pembeli akan dikembalikan seluruhnya kepada pembeli paling lambat 24jam hari kerja.

Jika penjual tidak mengirimkan produk dalam batas waktu yang diberikan, maka transaksi juga akan dianggap batal. Penjual yang telah lalai melayani pembelian dari pembeli lebih dari 2 kali akan diberikan teguran dan sangsi tegas dari Qlapa sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Penukaran Produk

Penjual di Qlapa menjual produk buatan tangan atau dibuat dari bahan-bahan alami. Hal ini memungkinkan adanya perbedaan kecil antara produk yang diterima dengan foto yang diberikan pada situs kami. Dengan adanya keterbatasan ini, Penjual dimungkinkan untuk memiliki kebijakan khusus mengenai kriteria perbedaan kecil ini, yang menentukan apakah (1) perbedaan tersebut adalah natural dan bukan merupakan kesalahan pembuatan atau cacat, atau (2) perbedaan tersebut dapat diperbaiki atau produk cacat/ rusak.

Diluar dari kebijakan yang ditentukan oleh Penjual, Pembeli berhak mengajukan penukaran produk kepada Penjual melalui perantara Qlapa dalam waktu kurang dari 8 hari setelah produk dikirimkan oleh penjual (ditandai dengan penjual memasukkan nomor resi pengiriman ke Qlapa) jika produk yang diterima Pembeli ternyata:

  • Terjadi kesalahan / tidak sesuai pesanan
  • Rusak
  • Cacat
  • Ada bagian yang hilang

Pembeli harus mengirimkan email ke support@qlapa.com yang berisi informasi berikut:

  • Nomor Invoice
  • Nama Lengkap
  • Nomor Telepon
  • Detail Keluhan Terhadap Produk yang Diterima
  • Foto Produk Sebagai Bukti Keluhan

Qlapa akan mempertimbangkan pengajuan penukaran dari Pembeli dan juga kebijakan penukaran dari Penjual dan berhak memutuskan apakah pengajuan penukaran valid. Jika iya, maka Penjual memiliki 2 pilihan untuk menyelesaikan protes dari Pembeli yaitu:

  • Menukar produk yang sesuai dengan keinginan Pembeli
  • Membatalkan transaksi dan uang dikembalikan kepada Pembeli

Untuk kedua pilihan diatas, pembeli harus mengirimkan produk kembali kepada penjual. Biaya pengiriman akan ditanggung oleh penjual.

Transaksi Berhasil

Transaksi akan dianggap berhasil jika tidak ada protes / laporan dari Pembeli setelah 8 hari produk dikirimkan oleh Penjual. Setelah transaksi berhasil, Qlapa tidak menerima laporan atau protes dari Pembeli untuk alasan apapun.

Pengiriman hasil penjualan

Uang hasil transaksi yang telah berhasil akan ditampilkan pada halaman pengguna sebagai "Hasil Penjualan".

Qlapa akan mengirimkan hasil penjualannya yang dimiliki oleh Penjual jika sudah melebihi Rp 10.000. Proses pengiriman akan dilakukan setiap hari kerja. Hasil Permintaan penarikan dana setelah hari kerja akan diproses pada minggu berikutnya.

Agar dapat mengirimkan Hasil Penjualan, Penjual harus mendaftarkan minimal satu (1) rekening bank ke dalam informasi tokonya.

Pengiriman dana akan diproses melalui Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, BNI dan BRI.


Pembagian Hasil dari Penjualan

Untuk tiap penjualan produk yang berhasil Qlapa akan menarik pembagian hasil atas penjualan sebesar 10 (sepuluh) persen dari nominal harga produk yang ditentukan oleh penjual. Proses penarikan ini dilakukan secara otomatis sebelum dana penjualan dikirimkan ke Hasil Penjualan.


Konflik

Segala bentuk masalah dan konflik yang terjadi antara Penjual dan Pembeli akan diselesaikan oleh kedua pihak secara musyawarah. Jika dalam musyawarah kedua belah pihak tidak berhasil mencapai mufakat, maka Qlapa akan membantu kedua belah pihak dengan menjadi penengah yang netral dalam proses diskusi lebih lanjut.


Larangan dan Sanksi

Pengguna dilarang membuat dan memasang konten yang mengadung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan/menyudutkan orang lain, bahasa vulgar/seksual, bersifat mengancam, dan tidak pada tempatnya dalam bentuk dan tujuan apapun. Qlapa akan mengubah atau menghapus konten seperti ini dengan atau tanpa peringatan kepada Pengguna sebelumnya.

Pengguna dilarang melanggar hak cipta, paten, merek dagang, dan/atau hak intelektual lainnya milik pihak lain yang ada di Qlapa. Qlapa berhak menutup akun Pengguna terdaftar yang melakukan pelanggaran ini. Pihak yang hak intelektualnya dilanggar dan merasa dirugikan berhak menuntut secara hukum sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Untuk informasi lebih lanjut, baca kebijakan privasi kami.

Qlapa berhak meminta Penjual untuk mengubah sebagian atau seluruh informasi produk yang dianggap tidak sesuai dengan standar Qlapa. Jika Penjual tidak melakukan perubahan, maka Qlapa berhak mengembalikan produk tersebut tidak akan ditampilkan di situs Qlapa sampai akhirnya diubah.

Penjual yang membatalkan transaksi karena gagal memasukkan nomor resi pengiriman setelah menerima pesanan Pembeli akan diberikan teguran dari Qlapa. Qlapa berhak menutup akun Penjual secara permanen jika sudah mendapat tiga kali teguran.

Qlapa berhak menutup secara permanen akun Penjual yang sudah tiga kali gagal memenuhi pesanan yang sudah diterima dari Pembeli, baik secara kualitas maupun kuantitas, sengaja maupun tidak sengaja.

Qlapa memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan kredit hasil penjualan Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Qlapa.

Semua keputusan yang diambil Qlapa atas dasar ketentuan dan kebijakan yang berlaku adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


Perlindungan Lingkungan dan Sosial

Qlapa adalah perusahaan yang peduli atas keberlangsungan lingkungan dan sosial yang baik. Dengan melakukan transaksi jual beli melalui situs Qlapa, Penjual menjamin bahwa:

  • Penjual menggunakan sumber daya alam secara efisien dengan usaha untuk menjaga alam dan lingkungan hidup.
  • Penjual dalam menjalankan aktifitas usaha melakukan tidakan pencegahan terhadap dampak pemanasan global.
  • Memberikan pembayaran yang layak sesuai dengan hukum kepada karyawan dan pihak yang terkait dalam produksi dan penjualan produk
  • Tidak mempekerjakan anak di bawah umur
  • Tidak melakukan aktifitas yang melanggar hukum dan/atau norma sosial

Penjual bersedia untuk dilakukannya audit oleh pihak Qlapa jika Penjual telah mencapai angka penjualan sebesar Rp. 1.000.000.000 (satu milyar Rupiah).


Kebijakan Privasi

Dalam menjalankan layanannya, Qlapa akan mengumpulkan informasi identifikasi Pengguna, misalnya tapi tidak terbatas pada nama, umur, jenis kelamin, nomor telepon, alamat email, dan lainnya. Ketika pengguna mengakses layanan Qlapa dengan cara apapun untuk menghubungi atau mengidentifikasi Pengguna sebagai individu. Banyaknya informasi yang dikumpulkan akan bergantung pada layanan apa yang digunakan oleh Pengguna. Ke depannya Qlapa juga akan melakukan berbagai hal untuk meningkatkan pelayanan Qlapa dan meminta kerja sama Pengguna untuk informasi identifikasi individu untuk ikut berpartisipasi.

Qlapa juga akan akan mengumpulkan informasi anonim seperti IP, halaman di situs Qlapa yang dikunjungi, jenis browser yang digunakan, cookies, dan iklan yang diklik oleh pengguna. Data ini dikumpulkan untuk menganalisa dan mengevaluasi kinerja situs dan layanan Qlapa dan dijadikan acuan dalam meningkatkan layanan Qlapa. Informasi pribadi Pengguna juga akan terhubung dengan informasi anonim ini.

Dengan mendaftarkan diri di Qlapa, Pengguna mengesahkan Qlapa untuk memperlihatkan informasi yang bersifat tidak rahasia milik Pengguna ke Pengguna yang lain sesuai dengan layanan yang digunakan. Di sisi lain, Pengguna juga berhak untuk menambahkan, mengubah, atau menghapus beberapa informasi tambahan yang tidak wajib sesuai dengan keinginan.

Qlapa tidak akan menyebarkan informasi pribadi Pengguna ke pihak ketiga tanpa persetujuan Pengguna itu sendiri kecuali dalam situasi yang disebutkan dalam kebijakan ini. Segala bentuk penyebaran informasi Pengguna ke pihak ketiga dilakukan untuk membantu Pengguna dalam menggunakan layanan Qlapa dan/atau meningkatkan kualitas layanan Qlapa. Qlapa juga meminta pihak ketiga yang diberikan informasi untuk menggunakan informasi Pengguna hanya untuk kepentingan tersebut.

Jika pengguna melihat merek terkemuka dari perusahaan lain di bagian situs Qlapa dan memberikan informasi di bagian situs tersebut, maka informasi tersebut juga akan diberikan ke perusahaan lain tersebut. Informasi yang diberikan ke perusahaan lain akan digunakan mengikuti kebijakan perusahaan tersebut. Karena itu, Pengguna disarankan membaca kebijakan dari perusahaan lain sebelum memberikan informasi.

Qlapa juga akan mengungkap informasi pribadi Pengguna jika diperlukan oleh hukum atau diyakini bisa membantu proses hukum yang berlaku di Qlapa untuk melindungi kekayaan dan kepentingan Qlapa, agen dan karyawan, serta keselamatan pribadi atau masyarakat.

Jika Qlapa menjadi bagian dari organisasi lain melalui akuisisi dalam bentuk apapun, perusahaan yang mengakuisisi berhak memperoleh dan mengakses informasi pribadi yang dikumpulkan dan dimiliki Qlapa. Kebijakan privasi yang digunakan oleh perusahaan yang mengakuisisi bisa saja berubah, sehingga Pengguna disarankan untuk meninjau kembali kebijakan yang diberlakukan perusahaan tersebut jika hal ini terjadi.

Jika Qlapa berhenti beroperasi, informasi Pengguna mungkin akan diberikan dan digunakan oleh perusahaan lain yang memiliki layanan yang serupa atau berkaitan dengan Qlapa. Meskipun kami tidak bisa meprediksi hal seperti ini, kami berharap bisa tetap memberikan layanan.


Kebijakan Hak Cipta

Setiap produk kerajinan yang diunggah dan dijual di situs Qlapa merupakan milik pencipta, pembuat, dan rekan pembuat yang terlibat dalam pembuatan produk tersebut. Qlapa menghormati seluruh hak Pengguna, dan berharap semua Pengguna saling menghormati demi terciptanya layanan Qlapa yang bermanfaat, positif, dan nyaman bagi seluruh Pengguna tanpa terkecuali.

Dengan mengunggah konten di situs Qlapa, Pengguna setuju untuk memberikan lisensi terbatas sementara kepada Qlapa atas konten tersebut. Lisensi ini memberi hak kepada Qlapa untuk memperlihatkan dan menginkorporasikan kontendari Pengguna di berbagai media milik Qlapa dengan tujuan promosi individual Pengguna maupun Qlapa. Lisensi ini hanya berlaku pada periode selama produk tersebut masih dibuat tersedia dalam layanan Qlapa, dan akan diputus jika produk tersebut sudah dihapus dari layanan Qlapa dan/atau jika perjanjian antara Pengguna dengan Qlapa sesuai dengan halaman Ketentuan dan Kebijakan ini terputus.

Qlapa merujuk pada Undang-Undang No.19 tahun 2002 tentang hak cipta sebagai aturan yang berlaku bagi semua pengguna Qlapa. Pengguna menjamin bahwa semua konten yang dimasukkan ke dalam situs Qlapa adalah milik sendiri dan bukan hasil dari pelanggaran hak cipta milik orang lain. Semua konten dan tindakan yang melanggar hak cipta milik orang lain akan ditindak-lanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku di halaman ini dan juga Undang-Undang yang berlaku.

Pengguna yang merasa hak cipta dan hak intelektualnya yang berada di layanan Qlapa dilanggar bisa melaporkan pelanggaran tersebut ke pihak Qlapa dengan mengirimkan laporannya ke support@qlapa.com dan menyertakan informasi berikut:

  1. Tanda tangan pihak yang secara sah mewakili pemilik hak cipta dan hak intelektual yang dilanggar.
  2. Identifikasi hak cipta dan hak intelektual yang dilanggar serta bukti atas kepemilikan hak tersebut.
  3. Detail hak cipta dan hak intelektual yang dilanggar (Nama produk, kode produksi, dan lainnya)
  4. Informasi kontak pihak yang melaporkan seperti alamat, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dihubungi.
  5. Pernyataan bahwa pihak pelapor yakin bahwa penggunaan konten intelektual yang dilaporkan tidak diizinkan oleh pemilik hak cipta dan hak intelektual, perwakilannya, atau hukum.
  6. Pernyataan bahwa semua informasi yang dilaporkan akurat, dan pihak yang melaporkan  berwenang untuk bertindak atas nama pemilik hak yang diduga dilanggar.

Legalitas dan Kekuatan Hukum

Qlapa selalu berupaya untuk menjaga layanan yang aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs Qlapa memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

Pengguna setuju untuk menggunakan layanan Qlapa atas risiko Pengguna sendiri. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Qlapa (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Qlapa bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

  • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan layanan Qlapa.
  • Harga, kualitas, dan ketepatan pengiriman Barang.
  • Keterlambatan atau gangguan dalam layanan Qlapa.
  • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
  • Pelanggaran hak atas kekayaan intelektual.
  • Perselisihan antar pengguna.
  • Pencemaran nama baik pihak lain.
  • Kerugian yang disebabkan oleh produk yang dijual melalui Qlapa
  • Setiap penyalahgunaan produk yang sudah dibeli Pengguna.
  • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Qlapa, yang dengan cara apa pun mengatas-namakan Qlapa ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
  • Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
  • Peretasan, virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang mengakses atau menghubungkan ke layanan Qlapa.
  • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam layanan Qlapa.
  • Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap layanan Qlapa.
  • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs Qlapa yang diduga palsu.

Pengguna akan melepaskan Qlapa dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Qlapa (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Qlapa yang tidak semestinya dan / atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

Perubahan Kebijakan

Ketentuan dan kebijakan yang ada di halaman ini suatu waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu demi peningkatan layanan Qlapa kepada Pengguna. Pengguna disarankan untuk secara berkala memeriksa kembali halaman Ketentuan dan Kebijakan ini untuk melihat apakah terjadi perubahan atau tidak. Jika pengguna memutuskan untuk menggunakan layanan Qlapa, maka secara tidak langsung pengguna setuju dengan kebijakan yang ditentukan oleh Qlapa.


Hubungi Qlapa

Untuk masukan, saran, atau pertanyaan seputar proses jual beli silahkan hubungi kami di support@qlapa.com atau telepon ke +6221 56951278 . Untuk pengajuan kerja sama atau liputan media hubungi kami di team@qlapa.com .