Simak 6 Teknik Dasar Permainan Bulutangkis Bagi Pemula yang Perlu Dikuasai

  • Whatsapp
Permainan Bulutangkis

Bulutangkis termasuk salah satu diantara cabang olahraga yang sangat fenomenal baik di nusantara maupun internasional. Cabang olahraga ini seringkali dilombakan, sehingga banyak orang mempelajari bulutangkis dengan giat. Bagi pemula, beberapa teknik dasar permainan bulutangkis harus dikuasai terlebih dahulu agar dapat bertahan selama bertanding. Berikut 6 teknik dasar yang patut dipelajari:

1. Memegang Raket

Teknik dalam memegang raket bulu tangkis terbagi menjadi dua, yaitu forehand dan backhand grip. Kedua teknik ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi pada saat bermain bulutangkis. Backhand grip dilakukan dengan cara memegang raket menyamping dengan posisi ibu jari terpisah dengan jari lainnya. Sedangkan, forehand grip dilakukan dengan cara memegang raket seperti sedang berjabat tangan.

2. Posisi Badan

Agar dapat bertahan selama pertandingan, pemain harus dapat menjaga posisi badan dengan baik. Dalam hal ini, badan harus tetap seimbang ketika sedang menunggu maupun memukul bola. Saat sedang tidak memukul bola, posisikan badan dengan bertumpu pada kedua kaki. Pastikan tangan yang tidak menggenggam raket berada di samping, supaya nantinya tidak mengganggu pergerakan selama menunggu bola.

Berbeda ketika sedang memukul bola, pemain harus dapat memposisikan diri sesuai dengan arah datangnya bola. Agar dapat seimbang, posisikan kaki kiri supaya berada di bagian depan kaki kanan. Tarik sedikit bahu kanan ke belakang agar lebih mudah dalam memukul bola. Kemudian, ayunkan raket untuk memukul bola yang datang.

3. Teknik Memukul

Selama mengikuti permainan bulutangkis, pemula juga perlu mempelajari teknik memukul yang benar. Supaya bola dari lawan dapat dikembalikan dan pemain memperoleh poin. Teknik memukul dapat dilakukan dengan cara memposisikan kaki kiri di depan dan condongkan sedikit bahu sebelah kanan agar lebih mudah dalam memukul bola. Selama memukul bola, usahakan badan dalam keadaan seimbang.

4. Gerakan Kaki

Meskipun tangan memiliki peran penting pada permainan bulutangkis, akan tetapi gerakan kaki juga memiliki pengaruh yang besar. Adapun teknik dalam mengatur gerakan kaki dapat dilakukan dengan mengambil langkah ke samping kanan dan kiri apabila diperlukan. Bila ingin maju dan mundur usahakan melakukannya maksimal tiga langkah saja. Tetapi, teknik ini dapat disesuaikan dengan arah datangnya bola.

5. Melakukan Servis

Permainan akan dimulai dengan melakukan servis, sehingga teknik ini patut dikuasai oleh pemula. Secara garis besar, ada dua teknik servis yang dapat dilakukan dalam bermain bulutangkis, yaitu forehand dan backhand service. Forehand dapat dilakukan dengan pendek maupun tinggi, sedangkan backhand diperuntukkan guna melakukan servis sedang.

Di samping menguasai teknik servis yang benar, pemain juga harus mempelajari cara mengembalikan servis yang tepat. Ada dua teknik yang bisa dipelajari yaitu dropshot dan netting. Teknik dropshot dilakukan dengan memukul bola pada pukulan yang sedang dan halus. Sedangkan, netting adalah melakukan pukulan bola secara pelan agar jatuh di depan net lawan.

6. Smash

Selama bermain bulutangkis, pemain tentu berharap dapat memperoleh poin agar dapat memenangkan pertandingan. Dalam hal ini, pemain dapat menerapkan teknik smash sesuai momen yang tepat. Smash merupakan teknik memukul bola yang dilakukan dengan lompatan tinggi terlebih dahulu. Karena dilakukan secara cepat, diharapkan lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut.

Itulah penjelasan dari 6 teknik dasar permainan bulutangkis yang perlu dipelajari bagi pemula. Kunci utama agar dapat mengembalikan bola dari lawan dan memenangkan pertandingan adalah dengan berlatih secara rutin. Di samping itu, pemula juga perlu mempelajari berbagai macam strategi untuk memperoleh poin dalam bermain bulutangkis.

Related posts