Tips Perkenalan Diri Interview Kerja Yang Menarik

  • Whatsapp

Wawancara kerja merupakan salah satu tes yang harus dilewati oleh pencari kerja sebelum akhirnya resmi bekerja. Tahapan ini juga menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk mengenal karakter karyawannya. Selain itu juga dapat menjadi gambaran bagi calon karyawan untuk mengenal background perusahaan. Tak jarang proses yang satu ini menimbulkan rasa gugup yang luar biasa. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini akan diberikan beberapa tips perkenalan diri interview kerja.

Perkenalan Diri Interview Kerja

1. Ramah Saat Di Tempat Wawancara

Ketika tiba di lokasi interview, beri salam kepada resepsionis maupun petugas yang berada di pintu masuk lokasi wawancara. Sampaikan juga maksud serta tujuan kedatangan. Kemudian nanti petugas akan mengarahkan ke ruangan interview atau ruangan HRD.

Ketika berhadapan langsung dengan pihak recruiter, berikan senyuman dan perkenalkan diri secara singkat. Jangan lupa untuk berjabat tangan dengan ramah serta melakukan kontak mata agar tidak terkesan terlalu kaku. Gestur tubuh juga harus diperhatikan. Usahakan jangan tegang, namun juga jangan terlalu santai, ya.

2. Lakukan Perkenalan Sebelum Wawancara Kerja

Setelah memperkenalkan diri kepada resepsionis dan tiba di ruangan interview, perkenalkan diri kembali. Kemudian tawarkan diri untuk berjabat tangan meskipun dari pihak pewawancara tidak menawarkannya terlebih dahulu. Hal ini dapat meninggalkan kesan yang ramah di mata pewawancara.

Selanjutnya dapat dilanjutkan dengan mengutarakan perasaan senang karena telah mendapatkan kesempatan untuk wawancara. Lakukan dengan tenang dan postur tubuh yang tegap. Kemudian serahkan berkas lamaran berupa curriculum vitae atau surat lamaran pekerjaan

Rasa gugup mungkin saja menyerang. Untuk mengatasinya, cucilah tangan dan tenangkan diri dengan baik. Jangan sampai perasaan gugup justru meninggalkan kesan yang buruk di mata pewawancara.

3. Memperhatikan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh dapat mencerminkan kepribadian. Sehingga tak heran apabila beberapa perusahaan memperhatikan bagaimana cara berjalan, duduk, berdiri pada calon karyawannya. Oleh sebab itu, lakukan dengan rasa percaya diri.

Kepercayaan diri yang terpancar dapat menambah rasa ketertarikan pewawancara. Tersenyumlah dan berjalan dengan santai namun tetap tegak. Hindari berjalan terlalu cepat, berkeringat dingin, dan terlihat bingung.

4. Jangan Ragu Untuk Melakukan Kontak Mata

Kontak mata merupakan salah satu hal yang penting pada saat perkenalan diri interview kerja. Hal ini dapat mencerminkan rasa ketertarikan, perhatian penuh serta rasa percaya diri.

Hindari kebiasaan menunduk dan menatap lantai. Sebab ini akan mencerminkan sikap pesimis dan tidak percaya diri. Sebaliknya, jangan terlalu sering menatap langit-langit karena hanya akan menimbulkan kesan kebingungan.

Lakukan kontak mata secara langsung dengan pewawancara guna membentuk image positif dan ketertarikan terhadap pembicaraan yang dilakukan. Selain saat melakukan interview kerja, kontak mata juga dapat dilakukan pada saat berjalan memasuki ruangan.

5. Fokus Pada Kualifikasi Diri

Selain memperkenalkan diri secara singkat, cara memperkenalkan diri juga harus mampu menarik minat pewawancara. Jelaskan kualifikasi diri secara singkat. Ceritakan hal-hal unik tentang diri sendiri yang dapat menarik minat pewawancara.

Hal ini dapat menjadi nilai tambah di mata pewawancara. Namun, ceritakan secukupnya saja. Jangan sampai berlebihan sehingga malah meninggalkan kesan sombong.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat dijadikan tips perkenalan diri interview kerja. Jika gagal di tahap interview, tak perlu berkecil hati. Sebab masih banyak lowongan pekerjaan lain yang tersedia. Carilah informasi seputar lowongan kerja berdasarkan daerah tempat tinggal. Misalnya jika berada di Jogja, maka dapat mencari lowongan kerja Jogja. Tetap semangat dan semoga berhasil, ya!

Related posts