Perkembangan Teknologi Komunikasi dari Masa ke Masa

  • Whatsapp

Perkembangan teknologi komunikasi dari masa ke masa mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Teknologi komunikasi yang sedang berkembang saat ini terbilang sebagai teknologi yang cukup modern. Pasalnya, teknologi saat ini seakan menjawab kebutuhan masyarakat milenial.

Read More

Berbeda dengan masa lampau, di mana penggunaan teknologi masih sederhana. Media komunikasi yang digunakan pun sangat mudah didapatkan dari alam sekitar.

Sebagai contoh, manusia purba hanya menggunakan asap, sinar, api, kayu, dan tanda-tanda dengan simbol tertentu untuk berkomunikasi

Berkembangnya peradaban manusia turut mempengaruhi kemajuan di bidang komunikasi.

Banyak para ahli yang telah menemukan inovasi-inovasi baru yang terbilang modern pada masanya. Bahkan dijadikan acuan untuk perkembangan alat komunikasi pada saat ini.

Mobilitas manusia mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi. Hal tersebut terjadi lantaran, manusia merupakan makhluk yang memiliki akal serta senantiasa terus mengembangkan ilmu pengetahuan dari akal yang dimilikinya.

Oleh sebab itu, kali ini akan membahas perkembangan teknologi komunikasi dari masa ke masa.

Perkembangan Komunikasi di Zaman Purba

Pada zaman purba, segala sesuatu menggunakan alat yang sederhana. Semuanya didapatkan dari alam sekitar. Dengan demikian, perkembangan teknologi komunikasi pada masa ini pun masih terbilang sederhana.

Bahkan nyaris tidak banyak menggunakan modifikasi peralatan yang menjadi media komunikasinya.

Pada masa ini, komunikasi hanya sebatas penyampaian pesan sederhana antar kelompok. Dengan demikian, peralatan yang digunakannya pun masih terbilang sederhana. Peralatan yang digunakan, mengeksplorasi penggunaan bahan-bahan yang terdapat di alam.

Saking sederhananya, peralatan yang digunakan tersebut, tidak mengalami modifikasi yang berarti. Mereka hanya menggunakan asap yang menjadi simbol untuk memberitahu akan bahaya pada koloninya. Api, angin, bebatuan merupakan media komunikasi yang berkembang pada saat itu.

Belum ditemukan tulisan, menjadikan komunikasi hanya berupa gambar yang ditulis di dalam gua-gua, bebatuan, pohon. Di mana simbol-simbol tersebut merupakan media komunikasi antar koloni pada manusia purba.

Oleh sebab itu, para ahli purbakala sering menemukan gambar tentang kejadian di masa pada masa itu.

Perkembangan Komunikasi Abad Ke-20

Perkembangan teknologi komunikasi pada abad ini sudah mengalami perubahan yang cukup spektakuler. Di Abad ini, para ahli sudah mulai menemukan mesin-mesin yang canggih pada masanya. Telepon pun ditemukan pertama kali pada abad ini.

Penemuan mutakhir beberapa teknologi komunikasi di abad ini menjadi dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkelanjutan. Itulah sebabnya pada abad ini merupakan masa keemasan bagi ilmu pengetahuan.

Tidak hanya telefon, beberapa alat komunikasi lain seperti telegram dan telegraf ditemukan pada abad ini. Abad ini merupakan pergeseran peradaban manusia menjadi zaman modern, termasuk perkembangan teknologi komunikasi yang digunakan pada masa itu.

Perkembangan Komunikasi Masa Milenium Ke-2

Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih dan berkembang, merupakan pengembangan ilmu pengetahuan dan penemuan beberapa ilmuwan di abad pertengahan. Seperti yang telah diketahui, di era milenial teknologi komunikasi yang ada meliputi:

1. Internet

Internet merupakan inovasi teknologi komunikasi yang cukup mutakhir dan fantastis. Saat ini, semua orang hampir bergantung pada internet, baik untuk mengakses informasi maupun transaksi dalam perdagangan dan perbankan.

Internet merupakan penemuan yang revolusioner pada abad ini, media yang satu ini diciptakan oleh ARPANET untuk komunitasnya sendiri. Kemudian berkembang dengan banyaknya pengguna hingga saat ini.

Jaringan komunikasi ini merambah hampir menyeluruh bidang kehidupan menggunakan internet yang memudahkan segala urusannya.

2. Handphone

Benda yang satu ini merupakan reinkarnasi dari pesawat telepon. Pesawat telepon yang mudah digunakan dan dibawa ke mana pun adalah handphone. Hampir semua orang memiliki handphone pada saat ini. Handphone merupakan media komunikasi yang sangat penting pada abad ini.

Alat komunikasi ini terus bereinkarnasi menjadi smartphone, dengan demikian fungsi dari handphone itu sendiri jadi lebih meluas. Handphone tidak sebatas untuk saling berkirim pesan suara, namun bisa untuk berkirim gambar, video, dan email.

3. Sosial Media

Berawal dari internet yang memunculkan banyaknya sosial media yang berkembang saat ini. Sosial media menjadi sarana komunikasi yang cukup mutakhir pada era ini, karena hampir mayoritas penduduk dunia menggunakan sosial media untuk komunikasi.

Saat ini, komunikasi yang cukup canggih ada pada sosial media. Itulah sebabnya pengguna sosial media selalu bertambah setiap tahunnya, dengan rentang usia muda sampai dewasa. Hal tersebut didasarkan pada faktor kemudahan dan kepraktisannya dalam penggunaannya.

4. Email

Pada masa abad pertengahan surat yang ditulis tangan, tapi kini terdapat email atau Electronic mail, yang menggunakan media internet sebagai sarananya. Seseorang bisa berkirim surat dan menerima surat hanya dalam hitungan detik.

Surat menyurat merupakan hal yang penting dilakukan di perkantoran. Itulah sebabnya email ini masih menjadi primadona komunikasi di perkantoran. Dengan demikian, antar kantor dapat berkirim pesan dengan cepat, serta mengakses informasi dengan lebih mudah.

Baca Juga: Perkembangan Teknologi Informasi: Sejarah dan Manfaatnya

5. Video Call

Layanan ini merupakan gebrakan terbaru pada internet untuk perkembangan Komunikasi terkini. Komunikasi menjadi lebih mudah dengan adanya layanan video Call. Seseorang bisa melihat langsung lawan bicara melalui video call ini.

Video call merupakan bagian dari fitur handphone pada masa milenial atau smartphones. Video Call akan membuat komunikasi menjadi lebih mudah, dan seru, karena dapat melihat lawan bicara secara langsung, wajah dan sedang berada di mana.

Pergeseran peradaban manusia hingga mengantarkannya menjadi masyarakat yang modern berbanding lurus dengan perkembangan teknologi komunikasi yang terus tumbuh dari masa ke masa. Dengan demikian, teknologi komunikasi terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Related posts