Perkembangan Teknologi Informasi: Sejarah dan Manfaatnya

  • Whatsapp

Perkembangan teknologi informasi di dunia telah berkembang dengan sangat cepat dari tahun ke tahun.

Dahulu, teknologi dianggap sebagai hal yang mewah dan canggih, sehingga tidak semua orang bisa mengaksesnya. Namun, saat ini perkembangan teknologi dapat dinikmati dan digunakan oleh siapa saja.

Read More

Teknologi informasi adalah teknologi yang berbasis pada komputer dan internet, namun bentuknya bisa berbagai macam.

Fungsi utama dari teknologi ini adalah untuk mengolah data hingga menjadi sebuah informasi yang berguna bagi orang lain.

Jika dulu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memproses data, maka sekarang hanya butuh waktu hitungan detik untuk menjadi sebuah informasi.

Kehadiran teknologi informasi yang semakin berkembang membuat kehidupan juga menjadi lebih mudah. Saat ini, orang bisa mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat tanpa halangan yang berarti.

Namun, sebelum semua teknologi ini ada, bagaimanakah kondisi teknologi informasi di Indonesia?

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

Teknologi informasi pertama yang digunakan di Indonesia adalah radio. Teknologi ini sudah digunakan sejak sebelum Indonesia merdeka namun baru diresmikan pada tahun 1925.

Sejak saat itu, stasiun radio mulai berkembang dan bermunculan di berbagai kota di Indonesia selain di Batavia (Jakarta).

Pada saat itu, sumber informasi warga Indonesia hanyalah dari radio, sehingga teknologi ini sangat penting pada zaman tersebut. Dari radio, masyarakat dapat mendengarkan berita mengenai pertempuran Surabaya ataupun pertempuran lain yang sedang terjadi.

Posisi radio mulai tergantikan dengan hadirnya sebuah stasiun televisi, TVRI pada tahun 1962. Dengan teknologi tersebut, orang dapat mendengar dan melihat berita pada satu waktu yang sama. Namun, pada saat itu harga televisi sangat mahal sehingga hanya orang tertentu yang dapat melihatnya.

Setelah satu dekade sejak munculnya televisi di Indonesia, terbitlah satelit pertama negara yang dikenal dengan satelit palapa. Sejak adanya satelit tersebut, perkembangan teknologi informasi di Indonesia semakin pesat dan mulai bermunculan stasiun televisi yang lain.

Pada tahun yang sama dengan maraknya stasiun televisi di Indonesia, internet juga hadir sebagai teknologi informasi.

Namun, internet mulai berkembang dan banyak digunakan pada tahun 1994. Hingga saat ini internet semakin banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama untuk kebutuhan sehari-hari.

Manfaat Perkembangan Teknologi Informasi untuk Manusia

Selain sekedar pemberi informasi, perkembangan teknologi informasi yang pesat telah memudahkan manusia dalam banyak hal. Hanya dalam waktu yang singkat, orang dapat bertukar informasi dengan orang lain meskipun berjarak jauh.

Atau orang dapat melakukan sebuah transaksi tanpa harus berpindah tempat. Untuk lebih detailnya berikut adalah beberapa manfaat dari perkembangan teknologi:

1. Mudah Berkomunikasi

Salah satu manfaat yang paling terasa dengan adanya teknologi informasi adalah komunikasi yang menjadi lebih mudah. Jika dulu orang harus berkirim surat untuk berkabar, maka sekarang ada banyak aplikasi yang tersedia untuk memberi kabar kepada orang tercinta.

Sekarang orang dapat mengirimkan teks, gambar bahkan video kepada orang lain dengan mudah.

Perkembangan teknologi informasi juga didukung dengan banyaknya provider yang tersedia di Indonesia.

Saat ini banyak provider yang menyediakan layanan internet dan telekomunikasi dengan mudah dan murah. Hal ini menyebabkan orang semakin mudah untuk menggunakan teknologi informasi.

2. Melancarkan Proses Bisnis

Teknologi informasi juga sangat berdampak positif pada dunia bisnis. Dengan teknologi informasi, orang bisa membangun sebuah bisnis tanpa harus memiliki sebuah toko atau karyawan. Jadi, bisnis dijalankan secara online baik melalui sosial media, e-commerce atau website.

Dengan bermodal internet dan gadget, orang sudah bisa memulai bisnis online. Namun, untuk melancarkan bisnis tersebut, gunakan juga internet sebagai ajang promosi.

Hanya dengan memposting sebuah gambar, produk dapat dilihat oleh banyak orang sekaligus. Jadi, pastikan untuk selalu update dengan sosial media.

3. Memudahkan Proses Belajar-Mengajar

Jika dulu proses belajar hanya satu arah dan hanya menggunakan buku sebagai media, maka sekarang jaman sudah berkembang.

Dengan kehadiran internet, proses belajar dapat dilakukan kapan saja, dimana saja dan dari sumber mana saja. Tanpa sebuah buku, murid dapat belajar dan menambah wawasan dengan e-learning.

Saat ini juga banyak universitas yang menyediakan kelas online. Jadi, tanpa harus menghadiri sekolah itu secara langsung, murid dapat mengikuti kelasnya secara online. Untuk tugas dan ujiannya pun dilakukan secara online juga.

4. Media Informasi

Teknologi informasi juga berperan sangat besar dalam menyediakan informasi untuk masyarakat Indonesia. Dulu orang hanya bisa mendapatkan berita atau informasi dari radio, koran atau televisi. Namun saat ini, berita dan informasi dapat tersebar dengan cepat melalui internet.

Saat ini banyak media online yang selalu menyediakan update berita melalui online. Jadi, tanpa membeli koran atau menonton televisi, orang bisa mengetahui kondisi terkini. Dengan mengunduh aplikasi media tersebut, orang dapat membaca berita kapan dan darimana saja.

Baca Juga: Punya Gelar Sarjana Pendidikan? Milikilah 7 Sifat Ini

5. Mendukung Proses Perbankan

Perkembangan teknologi juga memudahkan proses perbankan seperti transfer atau cek saldo.

Untuk sekedar melakukan transaksi-transaksi tersebut, orang harus ke bank atau atm terlebih dahulu. Namun saat ini dengan e-banking, semua dapat dilakukan dari rumah dengan aman dan cepat.

Dengan fasilitas ini, orang dapat membayar tagihan, membeli baju atau melakukan transfer hanya dari rumah. Prosesnya pun sama seperti di ATM, hanya saja dilakukan melalui telepon genggam.

Meskipun banyak sisi positif dari adanya perkembangan teknologi informasi, namun banyak bahaya juga yang timbul. Seperti mudahnya proses pengambilan data pribadi orang, akun yang dibobol oleh hacker dan masih banyak lagi.

Jadi, meskipun banyak kemudahan yang didapatkan, namun semua tetap perlu berhati-hati dalam menggunakan teknologi informasi.

Related posts