5 Tahapan Perkembangan Bayi Mulai Dari 0 Hingga 12 Bulan

  • Whatsapp
Perkembangan Bayi

Tahap tumbuh dan perkembangan bayi memang dapat dilihat dan diamati sesuai dari usia yang dimiliki. Pengetahuan terkait hal ini pun cukup penting bagi orang tua terutama yang baru mempunyai anak. Dimana dengan mengetahui proses tumbuh kembang sang bayi, orang tua bisa memberikan sebuah rangsangan guna membantu proses pertumbuhan sekaligus perkembangan sang buah hati. 

Di samping itu, tujuan lain untuk mengetahui tahap perkembangan pada bayi adalah untuk memberikan penanganan dengan sesegera mungkin. Ketika terdapat masalah maupun gangguan terhadap laju pertumbuhan bayi. Hingga bayi bisa berkembang sesuai dengan usianya saat ini. Berikut beberapa tahapan perkembangan sekaligus pertumbuhan yang dialami oleh bayi:

1. Baru Lahir Sampai Berusia 1 Bulan

Dalam usia ini seorang bayi secara umum akan terjadi penurunan berat badan sampai 10 persen. Dimana hal ini terjadi pada hari kedua sesudah anak dilahirkan. Perkara ini tergolong normal, lantaran bayi akan memperoleh berat badannya kembali setelah memasuki usia minggu kedua. 

Secara umum sesudah terjadi hal tersebut bayi akan mengalami kenaikan berat badan per harinya mencapai 30 gram. Sementara panjang bayi dalam waktu 1 bulan akan mengalami peningkatan sebanyak 3 hingga 4 cm dari panjangnya ketika baru dilahirkan. Untuk ukuran lingkar kepala umumnya akan mengalami penambahan hingga 2,5 cm. 

2. Usia 1 Hingga 3 Bulan 

Pada masa ini berat badan bayi akan terjadi penambahan per bulannya antara 680 sampai dengan 910 gram. Sedangkan dari panjangnya akan mengalami penambahan 2,5 cm per bulannya. Hal yang bisa dilakukan oleh bayi dalam rentang usia ini meliputi:

  • Keadaan mata yang telah mulai menunjukkan respon. 
  • Mampu memainkan jarinya dengan gerakan menutup maupun membuka. 
  • Tidak hanya jari, kaki pun juga sudah mulai dimainkan. 
  • Sudah dapat membedakan bunyi suara yang telah dikenal. 
  • Mampu mencoba untuk mencapai barang yang menggantung walaupun belum sepenuhnya bisa menggapai. 

3. Usia 4 Hingga 6 Bulan 

Sewaktu bayi dalam rentang usia ini berat badan yang dimiliki adalah sekitar 2 kali lipat dari beratnya ketika lahir. Sedangkan perkembangan bayi dilihat dari panjangnya akan bertambah sebanyak 1,25 sampai dengan 2,5 cm setiap bulan. Hal yang dapat dilakukan bayi di usia ini seperti:

  • Sudah bisa melakukan guling dari telungkup menjadi telentang serta sebaliknya. 
  • Memberikan senyum kepada orang. 
  • Mulai bisa melakukan kontak mata dengan orang di sekitar. 
  • Bayi mulai dapat mengoceh sejumlah kata. 
  • Mampu untuk melakukan duduk walaupun harus dijaga. 

4. Usia 7 Sampai Berusia 9 Bulan 

Pada tahapan ini perkembangan tubuh bayi dari sisi berat badan mengalami peningkatan per bulannya sekitar 450 gram. Dalam kasus ini secara umum bayi berjenis kelamin laki-laki memiliki berat badan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan bayi perempuan. Selain itu, setiap bulan perubahan juga terjadi pada lingkar kepada sebanyak 0,6 cm serta panjangnya 1,25 cm. 

5. Usia 10 Sampai 12 Bulan 

Ketika bayi berusia 1 tahun akan mengalami peningkatan berat badan hingga 3 kali lipat dari berat ketika dilahirkan dulu. Pada setiap bulannya bayi akan mengalami penambahan baik lingkar kepala maupun panjang badan sekitar 0,6 cm. Di usia ini anak juga sudah mulai untuk berdiri hingga berjalan. Selain itu bayi juga mulai bisa untuk menunjuk benda yang diinginkan. 

Demikian pembahasan mengenai 5 tahapan perkembangan bayi mulai dari 0 Hingga 12 bulan. Wawasan semacam ini perlu diketahui oleh para orang tua terutama yang masih tergolong baru. Dengan mengetahui dan memahami beberapa tahap tumbuh kembang bayi hingga berusia 1 tahun. Setidaknya orang tua bisa memberikan penanganan jika pertumbuhan anak tidak sesuai.

Related posts