Pentingnya Perawatan Wajah untuk Ibu Menyusui

  • Whatsapp

Ada banyak sekali manfaat perawatan wajah untuk ibu menyusui. Namun, sayangnya kebanyakan ibu menyusui menghindari karena takut dengan kandungan bahan-bahan pada produk kecantikannya. Dengan menggunakan produk perawatan wajah yang teruji secara klinis oleh BPOM, ibu menyusui bisa tetap memiliki wajah cantik tanpa perlu khawatir dengan kandungan bahan-bahannya.

Manfaat Perawatan Wajah untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui sangat rentan mengalami masalah pada wajah karena berbagai sebab. Kesibukan menyusui bayi ditambah dengan stres menjadi penyebab utama timbulnya masalah wajah pada sang ibu. Perawatan wajah untuk ibu menyusui sangat penting karena bisa memberikan manfaat yang besar. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari perawatan wajah bagi ibu menyusui

1. Terhindar dari Masalah Kulit Wajah

Kebiasaan merawat wajah dapat mencegah berbagai masalah seperti jerawat, kulit yang kusam, hingga komedo pada siapapun, termasuk pada ibu yang sedang menyusui. Ibu yang menyusui menjadi sosok yang paling rentan mengalami masalah pada kulit wajah. Hal ini karena ibu yang sedang menyusui akan sibuk berurusan dengan bayinya sehingga kerap mengabaikan pentingnya perawatan wajah.

Oleh sebab itu, tidak sedikit kemudian ibu menyusui yang mengalami masalah pada kulit wajah seperti jerawat dan komedo. Melakukan perawatan wajah sederhana seperti rajin mencuci wajah bisa dilakukan oleh ibu menyusui agar terhindar dari masalah kulit wajah. Mencuci wajah akan membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit wajah yang mati.

2. Terlihat Awet Muda

Mengabaikan perawatan wajah juga bisa berakibat munculnya keriput dan kerutan pada wajah. Adanya keriput dan kerutan pada wajah ini bisa membuat wajah tampak lebih tua. Seorang ibu yang menyusui akan disibukkan dengan urusan bayi, sehingga sering melupakan perawatan wajah. Padahal perawatan wajah untuk ibu menyusui ini bisa membuat wajah terlihat lebih muda.

Setiap harinya, kulit wajah mengalami proses regenerasi sel-sel kulit. Proses regenerasi sel-sel kulit ini bisa berlangsung cepat atau lambat tergantung pada kondisi kulit wajah dan usia. Bila proses regenerasinya berjalan lambat, kulit wajah akan rentan menjadi kusam dan muncul keriput. Dengan melakukan perawatan wajah secara rutin bagi ibu hamil, dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit wajah.

3. Kulit Berfungsi Optimal

Proses regenerasi sel-sel kulit yang berjalan dengan baik juga bisa membuat kulit berfungsi secara optimal. Kulit merupakan bagian luar tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai ancaman mulai dari polusi hingga radiasi sinar ultraviolet. Kulit juga menjadi bagian tubuh yang penting untuk proses ekskresi racun, penyerapan oksigen, dan sistem imun.

Merawat kulit wajah berarti sama saja dengan menjaga agar kulit wajah bisa berfungsi secara optimal. Hal ini berlaku bagi siapa saja, tak terkecuali bagi para ibu yang sedang menyusui. Kulit yang terawat akan mengalami proses regenerasi yang lancar, sehingga dapat melakukan fungsi sebagaimana mestinya.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan kulit wajah yang terawat, ibu menyusui dapat memiliki kulit wajah yang bersih dan cantik. Sehingga ibu menyusui akan memiliki rasa percaya diri ketika banyak tamu yang datang untuk menjenguk. Perawatan-perawatan wajah yang sederhana seperti mencuci wajah atau menggunakan masker bisa dilakukan untuk membuat kulit wajah kembali bersih.

Seorang ibu yang memiliki rasa percaya diri akan memberikan aura positif baik pada dirinya maupun pada bayi. Aura positif ini juga akan berdampak pada mood sang ibu yang secara tidak langsung akan berpengaruh pada produksi ASI. Mood ibu yang baik akan membuat produksi ASI menjadi lancar. Sehingga secara tidak langsung, melakukan perawatan wajah bisa membuat produksi ASI menjadi lancar.

Langkah Perawatan Wajah untuk Ibu Menyusui

Seorang ibu menyusui tentu harus memiliki perlakuan yang berbeda dibanding wanita pada umumnya. Ibu menyusui sangat rentan mengalami masalah kulit wajah, tetapi tidak bisa sembarangan dalam melakukan perawatan wajah. Berikut ini beberapa langkah melakukan perawatan wajah untuk ibu menyusui.

1. Mencuci Wajah

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam perawatan wajah untuk para ibu yang sedang menyusui adalah mencuci wajah secara teratur. Langkah ini menjadi langkah yang paling sederhana yang bisa dilakukan karena tidak memerlukan banyak perlakuan. Mencuci wajah dengan rajin bisa membuat wajah menjadi bersih dari kotoran dan debu yang menempel.

Debu dan kotoran ini menjadi penyebab berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit kusam sehingga wajah perlu dibersihkan setiap harinya. Rajin mencuci wajah dengan air setiap hari sudah cukup untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran. Namun, bila ingin lebih maksimal bisa menggunakan produk-produk pembersih wajah yang aman.

2. Menggunakan Toner

Setelah mencuci wajah, ibu menyusui juga diharapkan tidak lupa menggunakan toner. Toner bisa memberikan sensasi dingin pada wajah sehingga ibu bisa merasa nyaman dalam beraktivitas. Selain itu, toner juga bisa membersihkan kotoran hingga ke bagian pori-pori sehingga wajah akan bersih secara maksimal.

3. Menggunakan Serum dan Pelembab

Selain toner, sebaiknya ibu menyusui juga tetap menggunakan serum dan pelembap. Ibu menyusui harus melakukan banyak aktivitas selama merawat bayinya, sehingga dapat membuat wajah menjadi stres. Wajah yang stress bisa memunculkan keriput dan membuat kulit wajah tampak lebih tua. Penggunaan serum dan pelembab bisa menjadi solusi.

Serum akan memberikan tambahan nutrisi untuk kulit sementara pelembab dapat menjaga kelembaban pada kulit. Tambahan nutrisi diperlukan oleh kulit untuk menghilangkan kerutan dan bintik hitam, sementara kelembaban ini dapat membuat kulit menjadi terjaga kesegaran dan tidak kering. Tentunya dengan tetap menggunakan produk serum dan pelembap yang aman.

Produk perawatan wajah khusus ibu menyusui harus terhindar dari berbagai kandungan bahan kimia berbahaya seperti Merkuri. Kandungan merkuri dalam produk perawatan wajah dapat membuat sang ibu berisiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker kulit. Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu menyusui untuk memilih produk perawatan wajah yang aman baginya.

4. Melakukan Pembersihan Make Up dan Gunakan Krim Malam

Sama halnya dengan wanita kebanyakan, jangan lupa untuk selalu melakukan pembersihan make up yang telah digunakan selama sehari. Make up yang tidak dibersihkan dapat mengendap dan menyebabkan timbulnya berbagai masalah pada wajah. Gunakan air bersih dan produk pencuci muka yang dapat membersihkan sisa-sisa make up pada wajah.

Selain itu, sebelum tidur, pastikan juga untuk menggunakan krim malam. Penggunaan krim malam dapat membantu kulit untuk melakukan regenerasi sel-sel kulit yang sudah mati. Krim malam umumnya mengandung berbagai bahan bernutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, pastikan untuk menggunakan krim malam tanpa bahan kimia yang berbahaya agar tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah ibu.

Melakukan perawatan wajah untuk ibu menyusui sangatlah penting. Perawatan wajah dapat memberikan banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh para ibu menyusui. Pastikan produk perawatan wajah yang digunakan telah teruji secara klinis dan mendapat sertifikat dari BPOM.

Related posts