Penjelasan dan Fungsi Undang Undang Pendidikan

  • Whatsapp

Undang undang merupakan suatu aturan atau ketentuan yang dibuat sebagai panduan dalam pelaksanaan suatu tujuan.

Salah satunya adalah undang undang pendidikan yang memuat semua hal yang berhubungan dengan pendidikan secara detail dan menyeluruh. Dibuatnya aturan ini menjadi dasar pemahaman sesuai topik, misalnya saja pendidikan.

Read More

Pada dasarnya UU pendidikan mengatur, membuat dan menerangkan seluruh hal yang berkaitan dengan sistem pendidikan dan jaminan pendidikan. Berikut ini merupakan penjelasan dan contoh dari penjelasan UU pendidikan yang mengatur semua sistem dan tata cara pendidikan.

Penjelasan Tentang Undang Undang Pendidikan

Ada beberapa UU pendidikan yang mengatur tentang sistem dan tujuan pendidikan. Untuk menjadi panduan para satuan pendidikan dalam mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas dan berkarakter. Inilah beberapa aturan menurut UU tentang pendidikan yang ada di Indonesia.

1. UU No 2 Tahun 1985 Tentang Pendidikan

Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa pendidikan memiliki tujuan guna mencerdasakan bangsa serta pengembangan manusia secara utuh.

Dengan bertakwa kepada Tuhan YME, berpengetahuan luas, sehat secara jasmani dan rohani serta mempunyai budi pekerti yang luhur. Rasa tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, mandiri dan berkepribadian yang baik.

Maka tugas dari pendidikan yang ada yaitu membentuk putra putri bangsa untuk menjadi generasi penerus terbaik.

Sebagai pembentukan karakter generasi bangsa tidak lepas dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Tempat dimana anak-anak belajar bertumbuh dan mendapatkan pendidikan secara utuh.

2. UU No 20 Tahun 2003

Berdasarkan UU No 20 Tahun 2003 pada pasal 3, menjelaskan tentang sistem pendidikan nasional. Bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban dalam sistem pendidikan terkait berdasarkan UU.

Kemudian dijelaskan pula peran orang tua dalam melakukan peran serta ke dalam pendidikan anak.

Dan lembaga formal sebagai tempat untuk menuntut ilmu dan melaksanakan satuan pendidikan secara baik.

Semua komponen memiliki hak serta kewajiban yang sama dalam mensukseskan pendidikan yang terbaik. Guna mengantarkan generasi bangsa memiliki karakter yang berbudi pekerti luhur dan cerdas. Generasi bangsa yang baik akan memberikan yang terbaik pula bagi bangsanya.

Inilah kenapa semua komponen pendidikan memiliki peran yang sama dalam kemajuan Indonesia.

3. Tap MPRS No 2 Tahun 1960

Dalam Tap MPR ini dikatakan bahwa pendidikan membentuk manusia dengan memiliki jiwa pancasila sejati. Dan didasarkan dengan ketentuan yang diatur dalam pembukaan UUD 1945 serta isi dari UUD 1945 tersebut. Salah satu yang menjadi pedoman untuk menjadikan generasi bangsa berkarakter pancasila.

Generasi penerus bangsa yang memiliki karakter pancasila diharapkan bisa membawa nama baik bangsanya. Dimanapun berada, generasi penerus tersebut siap menjunjung tinggi untuk menjadi seorang pancasilais sejati.

Dengan memahami beberapa UU yang berkaitan dengan pendidikan maka pengamanan akan pendidikan di Indonesia semakin nyata. Selanjutnya pendidikan itu sendiri memiliki beberapa fungsi guna mewujudkan keberhasilan membentuk generasi penerus bangsa yang bermartabat.

Fungsi Pendidikan

Jika dalam undang undang pendidikan yang sudah dijelaskan secara detail bagaimana tujuan pendidikan itu harus dilakukan. Maka fungsi dari pendidikan itu sendiri harus dilaksanakan agar bisa menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter.

1. Bagi Individu

Bagi seorang individu, pendidikan sendiri sangat penting untuk membuatnya cerdas secara akademik serta berkarakter. Dalam mengembangkan bakat yang dimiliki setiap individu akan terbantu dengan adanya satuan pendidikan seperti sekolah, kursus dan sebagainya.

Selanjutnya sekolah sebagai tempat untuk menambah keterampilan bagi individu yang nantinya keterampilan tersebut akan berguna saat dewasa dan terjun di masyarakat sebagai makhluk sosial. Tempat formal akan memberikan informasi tentang inovasi masa depan kepada para peserta didiknya.

2. Di Lingkungan Keluarga

Peran lingkungan keluarga yang menjadi awal pendidikan seorang anak harus memberikan rasa aman dan nyaman. Dimana anak belajar pertama kali di rumah.

Maka peran serta lingkungan keluarga yaitu dengan sama-sama membantu meningkatkan bakat dan mengajarkan karakter baik kepada anak.

Sehingga dalam kehidupan masyarakat nanti bisa tercipta kondisi yang baik dan berkarakter kuat.

Semua keluarga memiliki peran yang sama dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa, Sserta membantu lancarnya pendidikan nasional untuk anak-anak. Keluarga lah yang akan menguatkan setiap individu yang sedang menjalani sistem pendidikan.

baca Juga: Mengenal Jenis & Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia

3. Dalam Perannya Di Masyarakat

Jika setiap individu sukses dalam pendidikannya dan setiap keluarga menjadi pendamping yang baik. Maka akan terwujud masyarakat yang kondusif.

Langkah selanjutnya agar bisa melestarikan kebudayaan yang sudah ada di masyarakat. Individu tersebut bisa hidup secara mandiri dan mencari nafkah sendiri setelah terjun ke lingkungan masyarakat.

Ikut serta dalam perannya sebagai warga negara, seperti ikut serta dalam demokrasi negara. Kemudian melakukan inovasi-inovasi terbaru sebagai wujud cinta tanah air.

Hal tersebut dikembangkan agar bisa memberikan kegunaan bagi masyarakat luas. Seorang individu yang tidak hanya mementingkan diri sendiri namun berguna untuk masyarakat secara luas.

Inilah beberapa fungsi dari UU pendidikan yang bisa diwujudkan, jika semua orang bisa saling memahami perannya. Sehingga akan mewujudkan negara Indonesia yang terbaik.

Dengan generasi penerus bangsa yang berakhlak, berpancasila serta cerdas dan kreatif. Asalkan semua elemen masyarakat berperan serta aktif untuk mewujudkan UU pendidikan yang terbaik.

Peran pendidikan memang tidak bisa terlepas dari pendidikan formal dan informasi. Peran pendidikan secara formal yaitu sekolah memiliki peran yang penting agar bisa membantu semua peserta didik.

Dan pendidikan nonformal seperti lingkungan keluarga atau masyarakat juga dibutuhkan untuk memberikan contoh nyata kebersamaan untuk membentuk manusia yang berkualitas. Hal tersebut yang bisa mewujudkan undang undang pendidikan bisa berjalan dengan sempurna.

Related posts