Mengenal Pengertian Dark Web dan Peruntukannya 

  • Whatsapp
Pengertian Dark Web

Ketika berselancar di internet dan mengunjungi situs-situs web di internet, akan menemukan beberapa jenis web, seperti surface web, deep web dan dark web. Bagi yang terbiasa menggunakan internet, tentunya tidak asing dengan istilah tersebut. Namun banyak orang yang belum memahami dengan benar pengertian dark web itu sendiri. 

Pengertian Dark Web 

Dalam sebuah web atau situs di internet, dark web merupakan tingkatan yang paling tinggi, tidak banyak orang yang mengetahuinya. Maka dari itu, pengertian dark web itu sendiri adalah tingkatan web yang tidak mudah ditelusuri oleh mesin pencari biasa. Dalam darknet biasanya seringkali terjadi penjualan ilegal, barang selundupan, dan perdagangan manusia. 

Walaupun banyak digunakan untuk kejahatan namun sebagian orang yang menggunakan dark web tersebut untuk mengakses dan mencari beberapa gadget yang hilang. Hal tersebut karena terdapat identitas resmi dari gadget tersebut, yang dapat ditemukan dengan mudah dengan menelusuri dark web. Seperti halnya untuk mencari handphone yang hilang, bisa dilacak dengan menggunakan dark web. 

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk yang kontradiktif antara dark web yang digunakan untuk kejahatan dan kepentingan untuk mencari beberapa benda yang hilang, seperti halnya gadget. Dengan demikian, dark web memiliki sisi positif dan negatif untuk digunakan oleh pengguna internet. 

Peruntukan Dark Web 

Dark web sendiri ibarat dunia lain dalam internet yang biasa digunakan untuk segala macam hal yang ilegal, dalam hal ini berkaitan dengan kejahatan. Semakin canggihnya teknologi, semakin canggih pula tingkat kejahatan, salah satunya dengan menggunakan internet melalui dark web. Relevansi dengan pengertian dark web, berikut ini beberapa peruntukan dark web 

1. Perdagangan Ilegal 

Barang-barang ilegal atau berupa barang selundupan bisa diperjualbelikan dengan mudah melalui dark web. Seperti halnya di dunia nyata, seringkali mendengar istilah black market untuk jual beli berbagai barang elektronik yang diselundupkan. Demikian juga dengan dark web ini, penjual dan pembeli bisa bertransaksi dengan mudah untuk barang-barang ilegal. 

2. Forum Ilegal 

Mendirikan sebuah organisasi ilegal tentunya sangat dilarang dan akan dihukum bagi setiap pelaku yang melakukannya. Di dalam dark web ini, seseorang bisa berdiskusi dengan mudah terkait segala hal yang menyangkut dengan organisasi ilegal. Bahkan bisa dengan mudah untuk dijadikan ajang mendirikan beberapa aliran keagamaan yang ilegal 

3. Media Untuk Kejahatan 

Kejahatan seperti teroris dan pedofil bisa dengan mudah untuk ditemukan dalam web ini. Bahkan web tersebut dijadikan ajang untuk berdiskusi, media informasi dan komunikasi sesama pelaku teroris lainnya. Dengan demikian, web ini merupakan underground sebuah dunia maya karena semua jenis kejahatan bisa ditemukan dengan mudah. 

4. Jual Beli Senjata Ilegal 

Membeli dan memiliki senjata api secara ilegal adalah sebuah kejahatan. Namun, melalui dark web ini penjual dan pembeli yang akan menjual belikan senjata api bisa bertransaksi dengan mudah. Maka dari itu, ketika seseorang hendak membeli senjata api tanpa harus melewati prosedur yang sulit, bisa mengunjungi dark web ini. 

Baca juga: Pentingnya Jasa Penulis Artikel Berkualitas Untuk Website Kamu!

5. Meretas Situs Lawan 

Ketika dalam sebuah peperangan, untuk mengetahui strategi perang lawan bisa dengan cara mengunjungi dark web untuk meretas situs lawan. Dengan demikian bisa diketahui strategi perang lawan dan bisa dengan mudah untuk membobol pertahanan lawan. Walaupun hal tersebut merupakan bagian dari bentuk kejahatan perang. 

Setelah mengenal lebih banyak mengenai pengertian dark web dan peruntukannya, alangkah lebih bijak untuk menggunakan dark web itu sendiri. Pasalnya, dengan banyak berselancar pada web tersebut bisa dianggap sebagai salah satu kejahatan dunia maya atau cyber crime jika diketahui telah mengaksesnya. 

Related posts